blog-image

7 Keuntungan Investasi Properti di 2019

Investasi properti merupakan satu dari sekian banyak jenis instrumen investasi yang hingga kini masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Alasannya adalah, investasi properti dinilai lebih stabil dan aman serta memiliki keuntungan yang sangat besar dalam jangka panjang.

Meski begitu, masih ada sebagian orang yang belum terlalu yakin dengan bisnis investasi properti ini. Padahal bila ditelaah lebih jauh, bisnis properti khususnya apartemen menjadi peluang yang sangat menguntungkan baik secara finansial dan keuntungan lainnya seperti bekal hidup di hari tua.

Bila Anda masih merasa ragu untuk berinvestasi properti di tahun 2019, berikut beberapa gambaran keuntungan investasi properti yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memulai bisnis tersebut.

Cenderung rendah risiko

Alasan pertama mengapa investasi properti sangat menjanjikan, terutama di tahun 2019 adalah risikonya yang rendah. Banyak yang bilang bila investasi properti memiliki risiko tinggi, padahal tidak demikian bila Anda mengelolanya dengan baik. Justru sebenarnya investasi properti tingkat risikonya rendah karena pergerakannya tidak terlalu sensitif seperti yang dijumpai pada investasi saham.

Jika terjadi penurunan pun harganya tidak drastis layaknya mata uang dan instrumen investasi lainnya. Inilah mengapa investasi properti sangatlah cocok bagi para investor yang ingin berinvestasi dengan tingkat risiko rendah. Terlebih lagi bagi bagi investor pemula. Di sini Anda bisa berinvestasi properti seperti rumah maupun apartemen di kota-kota besar yang saat kini kian diminati oleh banyak orang.

Memiliki nilai tambah

Berbeda dari investasi lainnya, keuntungan kedua dari investasi properti ialah memiliki nilai tambah yang menguntungkan. Contohnya saja bila properti tersebut berada di lokasi yang strategis, jelas harganya pun akan meningkat. Bila Anda memiliki properti di lokasi strategis tersebut, tidak hanya harga saja pembeli maupun penyewa akan mempertimbangkannya untuk memilih properti milik Anda.

Kini, banyak apartemen yang dibangun dengan mengedepankan konsep Transit Oreinted Development (TOD. Konsep ini memadukan hunian yang strategis dan nyaman dengan adanya akses transportasi massal yang dekat dan memadai. Misalnya saja, dekat dengan stasiun, halte, dan adanya jalur khusus untuk pejalan kaki maupun pengguna sepeda kayuh.

Selain konsep apartemen yang dekat dengan transportasi dan pelayanan publik, nilai tambah lain dari sebuah apartemen maupun hunian lainnya adalah desain yang ditawarkan. Banyak pembeli maupun penyewa, khususnya generasi milenial, selalu mempertimbangkan desain apartemen yang dilengkapi fitur modern dan stylish. Adanya fitur modern selain membuat nilai tambah semakin meningkat, juga memberikan kenyamanan dan kehangatan bagi para penguni apartemen tersebut.

Keuntungan yang meningkat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila investasi properti memiliki keuntungan yang meningkat dari tahun ke tahunnya. Melansir dari laman Jawa Pos, investasi properti mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terutama untuk kawasan kota sekitaran Jakarta seperti Tangerang, Bogor, dan Depok serta Bekasi. Di kota-kota tersebut tingkat pertumbuhan untuk investasi properti sekitar 15 persen per tahunnya, dengan potensi keuntungannya bisa meningkat hingga 40 persen dalam tiga tahun. Hal ini dikarenakan harga properti yang cenderung naik di setiap tahunnya.

Di samping alasan di atas, alasan mengapa investasi properti di pinggiran Jakarta meningkat adalah semakin sulitnya properti dengan harga terjangkau di tengah kota. Pertimbangan lainnya adalah kemudahan transportasi, pelayanan publik, dan lahan yang tersedia atau apartemen yang dipasarkan di kawasan penyangga ibukota Jakarta banyak pilihan yang lebih beragam. Meskipun beberapa orang beranggapan tahun 2019 adalah tahun politik, hal tersebut rupanya tidaklah terlalu berimbas pada investasi properti.

Dapat dijadikan agunan

Mungkin Anda juga tidak asing lagi bukan dengan istilah agunan? Agunan merupakan pinjaman dari bank kepada nasabah dalam jumlah besar. Namun, untuk mendapatkannya Anda harus menjaminkan sesuatu dengan nilai yang setidaknya sama atau lebih besar dari pinjaman tersebut. Jaminan tersebut sebaiknya juga marketable, artinya kepemilikan barang jaminan itu bisa dipindahtangankan dari pemilik satu dan pemilik lainnya.

Ada beberapa benda maupun barang yang bisa dijadikan jaminan, seperi kendaraan dan properti. Namun, bila Anda menjaminkan kendaraan bisa saja setiap tahunnya harga semakin turun karena mengalami penyusutan barang. Beda halnya dengan properti yang dinilai cukup stabil. Ini dikarenakan siklus keuntungannya kurang lebih sama atau impas.

Lebih lanjut, properti juga merupakan salah satu agunan yang bernilai tinggi. Dengan demikian bila Anda menginginkan pinjaman dalam jumlah besar, maka tidak salah bila properti menjadi barang jaminan yang terbaik. Di sinilah Anda pun bisa menghitung berapa keutnungan yang didapat, tanggungan yang dibayarkan dalam waktu tertentu serta kapan Anda bisa balik modal untuk investasi yang lain.

Terlihat secara fisik

Investasi terbagi dua jenis, yakni investasi dalam bentuk fisik dan investasi non-fisik. Investasi fisik adalah investasi yang dapat dilihat dan berwujud. Contohnya saja adalah emas dan investasi properti. Sementara yang non-fisik adalah tidak dapat dilihat namun, memiliki nilai perputaran seperti saham dan valuta asing. Akan tetapi, untuk masyarakat Indonesia investasi non-fisik kurang begitu diminati karena selain tidak bisa dilihat, juga rentan terhadap kerugian. Bayangkan berapa banyak kerugian yang akan ditanggung oleh investor jika sewaktu-waktu nilai saham jatuh merosot.

Berbeda halnya dengan investasi dalam bentuk fisik seperti properti. Keunggulan lainnya dari investasi fisik ini adalah mudah untuk diawasi. Misalnya saja, dalam investasi properti apartemen terdapat kerusakan maka Anda bisa mengatasinya dengan memperbaikinya sesegera mungkin. Dengan begitu, nilai apartemen tidaklah turun drastis, atau tetap stabil dan Anda pun bisa mengantisipasi kerusakan yang lebih besar dan bisa membuat harga apartemen turun.

Investasi jangka panjang

Keuntungan berikutnya dari investasi di tahun 2019 ini adalah bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang. Terlebih lagi memasuki masa tua, jelas Anda membutuhkan biaya yang lebih besar lagi terutama untuk masalah kesehatan. Belum lagi ditambah biaya pendidikan untuk anak-anak Anda. Tentu Anda tidak bisa hanya mengandalkan biaya pensiun saja. Maka dari itu, investasi dinilai sebagai salah satu cara untuk menanggulangi beban biaya yang ada.

Bisnis investasi properti setidaknya juga bisa memberikan kepastian bagi Anda sebagai investasi jangka panjang. Contohnya saja bila Anda membutuhkan dana untuk biaya kesehatan maupun biaya lainnya, Anda bisa gunakan hasil dari bisnis investasi properti untuk menutupinya. Anda pun tentu akan merasa lebih tenang dalam menikmati masa tua.

Lebih baik lagi bila Anda menganggarkannya sekian persen dari keuntungan investasi properti tersebut untuk kesehatan atau biaya lainnya. Semisalnya saja contohnya 50 persen keuntungan dialokasikan untuk dana kesehatan sementara sisanya 50 persen lainnya digunakan untuk tabungan dan sebagainya.

Sebagai passive income

Investasi properti sangat menjanjikan dan menguntungkan sebab bisa digunakan sebagai sumber pendapatan pasif. Selain pendapatan aktif dari gaji per bulan maupun bonus yang didapat pada pekerjaan utama, Anda juga memperoleh pendapatan dari apartemen ini. Untuk hal tersebut Anda bisa menyewakan atau mengontrakkan unit apartemen selama kurun waktu tertentu kepada para penghuninya. Terlebih lagi bila apartemen Anda berada di pusat pendidikan seperti kampus-kampus ternama, bisa dipastikan banyak mahasiswa yang tertarik untuk menyewa unit apartemen tersebut.

Begitu juga bila lokasi apartemen berada di pusat bisnis. Tidak jarang para profesional muda lebih menyukai apartemen dibandingkan rumah petak. Hal ini karena apartemen dinilai lebih praktis, aman dan nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, hal yang perlu Anda ingat sebelum menyewakan apartemen adalah lihatlah harga sewa di pasaran. Jangan sampai terlalu mahal sehingga calon penyewa membuat mereka berpikir dua kali.

Besar bukan keuntungan investasi properti di tahun 2019 ini? Keuntungan tersebut akan berlipat ganda bila Anda memilih unit apartemen yang tepat untuk dijadikan instrumen investasi. Salah satu apartemen yang bisa Anda pilih adalah Pacific Garden yang ada di Tangerang.

Dengan slogan “Stylish Living for Young Generation”, apartemen ini memberikan sensasi gaya hidup urban dengan beraneka ragam fasilitas yang memanjakan penghuninya. Ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan kampus ternama dan dekat dengan jalan utama serta transportasi umum, membuat Pacific Garden menjadi unit apartemen yang sangat layak untuk Anda pilih.

WhatsApp WhatsApp us