8 Gerakan Yoga yang Mudah Dilakukan di Apartemen, Efektif buat Kesehatan!

You are currently viewing 8 Gerakan Yoga yang Mudah Dilakukan di Apartemen, Efektif buat Kesehatan!

Yoga adalah salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di secara mandiri. Olahraga ini tidak membutuhkan peralatan khusus, hanya butuh niat, baju olahraga, dan matras yoga. Yoga bukan hanya bisa menjaga daya tahan tubuh kamu agar sehat tetapi juga membuat tubuh jadi lebih fleksibel, memperbaiki sistem pernapasan, dan mengurangi stres. 

Tertarik melakukan olahraga yoga di apartemen pribadi secara mandiri? Kamu bisa mengikuti beberapa gerakan yoga untuk pemula berikut ini! 

Mountain Pose

Mountain pose adalah gerakan berdiri tegak dengan merapatkan kedua kaki dan telapak tangan, pastikan pandangan matamu lurus ke depan. Tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan. Pertahankan posisi berdiri tegak ini selama 2 hingga 5 menit. Gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran tubuh, memperkuat bagian kaki, dan meningkatkan keselarasan antar anggota tubuh.

Warrior 1 Pose

Warrior 1 bisa dilakukan dengan cara salah satu kaki bertumpu pada kaki lainnya yang meregang ke belakang, Posisikan tangan menyatu rapat di atas kepala sambil kepala mendongak ke arah tangan. Pose ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Warrior 2 Pose

Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan pose warrior 2 dengan cara, tetap berdiri seperti pose warrior 1 dengan penyesuaian tangan direntangkan lurus horizontal ke depan dan belakang mengikuti arah kaki. Pose ini bisa digabungkan dengan pose yoga lain baik itu yoga untuk pemula, atau advance yaitu dengan gerakan triangle, half moon balance, dan extended angle.

Tree Pose 

Sesuai namanya, gerakan ini mengharuskan kamu berdiri layaknya sebuah pohon. Ambil posisi berdiri dengan kedua kaki rapat. Regangkan satu kaki dan tekuk di pangkal paha. Selanjutnya buat kedua telapak tanganmu menyatu di depan dada ke aras atas. Tahan pose ini selama 30 detik, lalu tukar dengan kaki lainnya. Tree pose bermanfaat untuk mengencangkan paha, otot perut, batang tubuh, dan bahu. 

Baca Juga :   10 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Bisa Kamu Jalankan

Triangle Pose

Gerakan yoga ini bermanfaat untuk peregangan area pinggang, meningkatkan kapasitas udara di paru-paru dan memperkuat seluruh otot tubuh. Yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan pose ini adalah dengan memutar bagian tubuh ke kanan searah 45 derajat dan kaki kiri 90 derajat. Regangkan tangan kanan sampai menyentuh kaki kanan kemudian tangan kiri mengarah ke atas. 

Downward Facing Dog

Cara melakukan downward facing dog adalah berdiri kemudian secara perlahan raihlah ujung matras menggunakan kedua tangan. Hembuskan nafas dan luruskan kedua kaki dan lutut. Regangkan tulang ekor dan punggung. Tekan telapak tangan ke matras untuk meregangkan lengan. Pose ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, memperkuat otot perut bagian dalam, dan membantu menstabilkan tulang belakang.

Bridge Pose

Ambil posisi tidur di atas matras kemudian letakkan kedua telapak tangan di bawah bahu. Angkat dada, punggung, panggul, dan pantat ke atas sambil meluruskan kedua tangan. Tumpu badan menggunakan kedua kaki, tangan, dan perut. Tatapan mata ke atas, pertahankan posisi ini sambil mengatur napas. Pose ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas tulang belakangan, memperkuat otot perut, tangan, dan kaki. 

Plank 

Plank adalah gerakan yang bisa mengencangkan semua otot inti tubuh, mulai dari perut, dada, dan punggung bawah. Cara melakukannya adalah ambil posisi tengkurap di matras, kemudian letakkan tangan di matras, angkat tubuh dengan kedua kaki bertumpu pada matras. Lakukan posisi ini setidaknya 30 detik sambil mengolah nafas. Gerakan plank juga dapat memperkuat otot lengan, pergelangan tangan, dan bahu. Melakukan plank secara rutin bisa membantu menjaga stamina dan mengencangkan sistem saraf. 

Gerakan Yoga Makin Nyaman Saat Tinggal di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera

8 Gerakan Yoga yang Mudah Dilakukan di Apartemen, Efektif buat Kesehatan!

Tujuh gerakan yoga tersebut bisa jadi gerakan olahraga rutin kamu kalau malas pergi ke gym. Jarak yang jauh biasanya jadi alasan mengapa banyak orang malas olahraga. Kini hobi olahraga atau yoga kamu bisa tersalurkan dengan mudah jika tinggal di Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. 

Baca Juga :   Konsep Hunian Minimalis Modern yang Wajib Diketahui

Apartemen di Tangerang ini memiliki tempat hijau luas yang bisa dinikmati oleh para penghuni apartemen setiap saat. Selain itu masih ada banyak fasilitas olahraga lain yang bisa kamu gunakan jika bosan dengan yoga, mulai dari jogging track, kolam renang, yoga deck, fitness center, dan juga jalur refleksologi. Kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut sepuasnya, tanpa harus khawatir dengan penghuni lain.
Dengan fasilitas olahraga lengkap untuk menunjang gaya hidup sehat kamu, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah hunian yang tepat untuk kamu. Tak perlu resah soal harga karena apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini menawarkan cicilan ringan mulai Rp5 jutaan per bulan. Dengan cicilan yang ringan ini jangan ragu untuk menjadikan apartemen murah Tangerang ini sebagai hunian impianmu!

Leave a Reply