7 Kiat Ampuh Menjaga Tubuh Tetap Aktif Saat Musim Hujan

7 Kiat Ampuh Menjaga Tubuh Tetap Aktif Saat Musim Hujan

Saat ini Indonesia tengah mengalami musim hujan yang diperkirakan akan mencapai puncak pada bulan Februari mendatang. Hampir setiap hari seluruh kota di Indonesia diguyur hujan. Beberapa wilayah pun bahkan sempat mengalami bencana banjir. 

Kondisi ini bisa mengundang banyak penyakit, mulai dari demam berdarah, malaria, flu, demam tifoid, hingga kolera. Supaya kamu tidak menjadi korban cuaca, harus menjaga tubuh supaya tetap prima. Caranya? Dengan melakukan tips berikut ini!

1. Menjaga Pola Makan 

Pertahanan pertama supaya menjaga tubuh tetap fit dan bugar saat musim hujan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat musim hujan antara lain: 

  • Karbohidrat kompleks: Dapat diperoleh dari nasi merah, kentang, gandum, dan lain-lain. 
  • Bawang putih dan jahe: Makanan yang dapat meningkatkan sistem imun.
  • Sayuran dan buah-buahan: Kaya akan serat, vitamin, dan mineral.
  • Makanan yang mengandung probiotik: Tempe, keju, dan yoghurt karena dapat melindungi tubuh dari infeksi. 

2. Tidur Cukup

Setelah menjaga pola makan sehat dan bergizi, kamu juga harus memiliki tidur yang cukup. Tidur berfungsi untuk memulihkan anggota tubuh setelah seharian lelah beraktivitas. Lagi pula hawa musim hujan yang lembab dan dingin dapat membuat tidur kamu jadi lebih nyenyak. Jadi jika memang tidak memiliki jadwal aktivitas tertentu, sebaiknya pergi ke kasur untuk tidur. Usahakan juga untuk memenuhi kebutuhan tidur setidaknya 8 jam sehari. 

3. Olahraga

Olahraga punya peran penting dalam menjaga tubuh. Saat musim hujan, olahraga justru dapat memberikan vitalitas dan meningkatkan endorfin sehingga suasana hati bisa jadi lebih positif. Apalagi olahraga kini bisa dilakukan di mana saja. Jika sedang malas ke gym, kamu bisa melakukan yoga sambil mengikuti tutorial yang ada di YouTube. Olahraga yang baik disarankan untuk dilakukan selama 150 menit dalam seminggu. 

Baca Juga :   5 Tips agar Mahasiswa Lebih Nyaman dan Produktif Belajar di Apartemen

4. Minum Suplemen Kesehatan

Meski kamu sudah mengatur pola makan agar lebih sehat, tidak ada salahnya mengkonsumsi suplemen tambahan setiap hari agar kebutuhan akan vitamin dan mineral tercukupi, sehingga sistem imun meningkat. Kamu bisa memilih untuk konsumsi vitamin C setiap hari demi mendukung sistem imun yang baik. 

5. Rajin Cuci Tangan 

Bakteri dan virus semakin tak terkendali saat musim hujan. Kamu bisa terpapar bakteri dan virus dengan berbagai cara, mulai dari menyentuh gagang pintu, bangku, atau benda-benda asing di luar ruangan. Untuk melindungi tubuh dari bakteri dan kuman adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri, yaitu rajin cuci tangan sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah memegang benda asing.  

6. Pakai Baju Hangat

Musim hujan cenderung memiliki hawa dingin dan lembab, ini bisa membuat tubuh jadi kedinginan apalagi saat kamu harus diguyur hujan saat di jalan. Pastikan untuk memakai jaket, sweater, baju lengan panjang, celana panjang, dan kaos kaki agar tubuh tidak menggigil kedinginan. 

7. Jaga Kebersihan 

Musim hujan kamu harus lebih memperhatikan kebersihan rumah. Jangan biarkan ada genangan air di tempat penampungan air atau tempat lembab seperti gudang. Genangan air bisa menimbulkan nyamuk berkembang biak dan meningkatkan risiko penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kubur barang-barang bekas yang bisa jadi sarang nyamuk seperti ban bekas, vas bunga, kaleng kosong, dan bagi kamu yang punya hewan peliharaan sebaiknya rajin mengganti tempat minum mereka. Jangan lupa untuk mengelola sampah dengan baik 

Optimal Menjaga Tubuh Saat Musim Hujan dengan Tinggal di Pacific Garden 

7 Kiat Ampuh Menjaga Tubuh Tetap Aktif Saat Musim Hujan

Lingkungan dengan fasilitas yang mendukung bisa membuat pola hidup sehat yang sudah direncanakan jauh lebih mudah terlaksana. Tinggal di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera membuat kamu selangkah lagi lebih dekat mewujudkan pola hidup sehat demi terhindar dari penyakit saat musim hujan. 

Baca Juga :   5 Keuntungan Memiliki Hunian di Area Kampus

Apartemen di Alam Sutera ini memiliki fasilitas kebugaran yang bisa membuat kamu rutin olahraga. Mulai fitness center, yoga deck, jogging track hingga kolam renang. Kamu bisa memanfaatkan semua fasilitas di pusat kebugaran ini setiap saat. Jadwal olahraga rutin kamu bisa terpenuhi tanpa harus berpindah lokasi. 
Mengusung tema Campus Town, Apartemen Alam Sutera yang berlokasi di seberang Mall Alam Sutera ini menawarkan berbagai fasilitas modern lain seperti coworking space, food center, Sky Garden, keamanan 24 jam, internet cepat, dan masih banyak lagi. Miliki unit Apartemen murah Tangerang ini dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan!

Leave a Reply