blog-image

6 Tips Membeli Apartemen di Alam Sutera, Tangerang Selatan

Membeli apartemen merupakan sebuah pilihan bagi sebagian masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Hal tersebut tentunya juga berimbas terhadap kota-kota satelit di sekitarnya seperti Tangerang Selatan.

Kota ini memiliki potensi baik dari segi bisnis maupun ekonomi. Maka tidak heran beberapa waktu belakangan banyak orang yang ingin membeli apartemen di Alam Sutera. Bagi Anda yang tertarik juga untuk memilki apartemen di Tangerang Selatan, berikut tips membeli yang bisa disimak dan dipertimbangkan.

Cek sertifikat dan legalitas perusahaan

Sebagai langkah awal Anda dalam membeli apartemen di Tangerang Selatan adalah perhatikan sertifikat dan legalitas perusahaan maupun pengembang (developer). Anda bisa membeli unit apartemen dengan developer yang sudah berpengalaman dan terpercaya, memiliki reputasi baik serta jelas legalitasnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena selalu ada saja masalah yang dialami oleh developer tertentu mengenai masalah legalitas dan sertifikat lahan. Bila legalitas dan masalah sertifikat tersebut tidak jelas atau kurang meyakinkan, maka Anda bisa pikirkan kembali.

Apabila developer tersebut terpercaya, tentu akan membuat Anda menjadi lebih tenang dalam membeli apartemen di Alam Sutera. Contohnya saja memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan, Hak Guna Bangunan (HGB) yang jelas. Salah satu pengembang yang bisa Anda jadikan pilihan karena memiliki reputasi dan legalitas perusahaan yang jelas adalah Indopasifik Group.

Didirikan pada tahun 2013 lalu, Indopasifik Group mulai mengembangkan hunian apartemen yang menggabungkan taman, arsitektur dan kemegahan dalam satu hunian. Produk apartemen unggulan dari Indopasifik Group yang bisa Anda pilih yakni Pacific Garden yang ada di Alam Sutera, Tangerang.

Selain legalitas perusahaan yang jelas, dalam membeli apartemen Anda bisa pula memperhatikan penghargaan yang diraih developer apartemen. Indopasifik Group contohnya dengan apartemen Pacific Garden yang pernah mendapatkan penghargaan “The Most Popular Apartment in Tangerang” dari Indonesia Achievement Programme Management Award 2018 lalu.

Perhatikan usia bangunan

Memperhatikan usia bangunan ketika Anda ingin membeli apartemen di Alam Sutera juga sangat penting. Untuk mengetahui berapa usia bangunan, Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada developernya. Apakah apartemen tersebut membutuhkan perbaikan atau penggantian di beberapa bagian.

Bila bangunan apartemen sudah tua, besar pula kemungkinan biaya perawatannya. Oleh karena itu periksalah dan perhatikan kondisi bangunan benar-benar dalam kondisi yang baik dan layak.

Usia bangunan apartemen yang masih baru bisa Anda pilih karena biasanya memiliki kualitas masih baik. Terutama lagi apartemen baru dilengkapi dengan desain yang elegan dan kekinian.

Di Tangerang semisalnya, apartemen yang memiliki desain elegan yakni Pacific Garden. Di sini dilengkapi dengan Luxury Atrium yang memberikan aura positif bagi penghuni maupun tamu  yang sedang berkunjung ke tempat ini.

Cari lokasi yang strategis

Tips berikutnya ketika Anda membeli apartemen di Tangerang Selatan, pastikan pula lokasinya berada di tempat yang strategis. Lokasi yang strategis ini sangatlah berpengaruh pada harga jual apartemen tersebut dan juga nilai jual kembali yang sangat tinggi bila Anda ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi. Biasanya juga apartemen yang dekat dengan lokasi strategis seperti pelayanan publik dan sarana transportasi menjadi lokasi paling favorit.

Salah satu apartemen di Alam Sutera yang memiliki lokasi strategis ini adalah Pacific Garden. Lokasi apartemen ini sangat cocok untuk milenial karena berseberangan dengan Mall Alam Sutera dan beberapa gedung perkantoran. Beberapa di antaranya adalah Synergy Building, The Prominence, dan Alfamart Headquarters. Juga dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Living World, IKEA, Pasar 8, Giant, dan Rumah Sakit OMNI.

Tidak hanya itu saja, di dekat apartemen ini juga terdapat beberapa tempat yang ramai dikunjungi bak pada hari libur maupun hari biasa seperti food center, kafe, coworking space, dan banyak lagi fasilitas penunjang yang akan memanjakan calon pembeli.

Selain itu, lokasi Pacific Garden juga dikelilingi oleh tiga kampus terkemuka yakni Binus University, Swiss German University dan Universitas Bunda Mulia (UBM). Lokasinya pun juga mudah dengan akses menuju Tol Jakarta-Merak, Tol JORR 2 dan Tol Airport.

Pertimbangkan faktor keamanan

Anda juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan ketika membeli apartemen di Tangerang Selatan. Faktor keamanan ini sangat penting untuk kenyamanan selama Anda tinggal di apartemen tersebut. Biasanya apartemen memiliki standar keamanan tersendiri untuk menjaga privasi bagi para penghuninya.

Di era saat ini sistem keamanan apartemen pun bisa dibilang semakin canggih dengan adanya peranti teknologi yang mendukung. Bila dahulu keamanan hanya mengandalkan tim pengamanan yang berkeliling di sekitar apartemen, maka kini keberadaan tim ini semakin profesional dengan peralatan komunikasi canggih.

Adanya alat komunikasi canggih tersebut sangat berguna untuk merespon dan mengkoordniasikan antar satuan pengamanan ketika terjadi permasalahan keamanan. Semisalnya saja kejadian pencurian, dan tindakan kriminilitas di apartemen. Standar wajib yang harus ada di apartemen untuk meningkatkan sistem keamanannya antara lain adalah adanya CCTV yang menjaga area apartemen. Dengan begitu, dari segi keamanan dapat diperiksa selama 24 jam penuh selama tujuh hari.

Selain itu bentuk pengamanan lainnya juga bisa dilihat dari adanya fasilitas kartu pribadi bagi para penghuni. Hal ini contohnya adalah seperti yang ada di apartemen Pacific Garden. Para penghuninya memiliki akses kartu masing-masing.

Sehingga keamanan dan kenyamanan pribadi menjadi lebih baik. Dengan demikian, tidak semua orang bisa masuk ke apartemen dan mengakses ruangan dan fasilitas tertnetu yang hanya bisa diakses oleh penghuni apartemen saja.

Cek ketersediaan fasilitas parkir

Bagi calon pembeli apartemen di Alam Sutera, penting pula untuk mengecek fasilitas parkir yang ditawarkan. Terlebih lagi bila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas sehari-hari. Memang, selama ini persoalan mengenai tempat parkir seringkali luput dari perhatian calon pembeli. Adanya fasilitas parkir yang memadai dapat membantu aktivitas para penghuninya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui fasilitas parkir termasuk rasio parkirnya. Berdasarkan aturan dari Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, apartemen yang baik adalah memiliki tempat parkir dengan rasio 1:3. Ini artinya untuk satu parkir mobil untuk satu unit apartemen.

Idealnya, rasio parkir apartemen ialah memiliki luas 25 meter persegi untuk satu unit mobil. Fasilitas parkir tidak hanya sebatas pada luas lahan parkir per mobil saja, tetapi juga pintu masuk parkir yang mendapatkan perhatian.

Bila pintu parkir semakin banyak, maka akan lebih baik karena dapat mengurai kemacetan ketika para penghuni apartemen ingin memarkirkan kendaraannya. Semua fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan saat membeli apartemen di Tangerang Selatan khususnya di Pacific Garden. Lokasi dan fasilitas parkir yang luasnya menjadi salah satu keunggulan dari apartemen ini.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Selain kelima faktor di atas, faktor selanjutnya yang penting pula untuk dipertimbangkan ketika Anda membeli apartemen di Tangerang Selatan adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Berdasarkan Jenis dan kebutuhannya apartemen terbagi menjadi tiga yakni unfurnished (tidak terdapat fasilitas furnitur sama sekali), semi furnished (memiliki furnitur namun sebagian), sedangkan yang siap tinggal dengan beragam furnitur adalah full furnished.

Selain pertimbangan membeli apartemen di Alam Sutera juga bisa dilihat dari ukurannya. Ukuran apartemen juga terbagi beberapa jenis yakni ukuran studio atau tanpa sekat, satu kamar, dua kamar, tiga kamar hingga yang lebih dari tiga kamar atau luxury.

Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan, terutama dari segi finansial. Pilihlah apartemen dengan angsuran ringan dan memiliki nilai investasi yang cukup baik seperti apartemen Pacific Garden dengan harga mulai Rp500 juta. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini.

Itulah beberapa tips membeli apartemen di Tangerang Selatan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.  Semoga bermanfaat.

 

 

Call Now ButtonCall Now
WhatsApp WhatsApp us