Inspirasi Beragam Tempat Bercocok Tanam di Apartemen

You are currently viewing Inspirasi Beragam Tempat Bercocok Tanam di Apartemen

Urban gardening saat ini sedang digandrungi, terlebih saat pemberlakuan PSBB di kota-kota besar. Siapa saja kini ingin mencoba untuk berkebun, termasuk kamu yang tinggal di apartemen. Bercocok tanam di dalam ruangan bukan hal yang baru. Bahkan untuk skala besar, hal ini sudah sering dilakukan di berbagai pusat penelitian. 

Akan tetapi ada hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk bercocok tanam di dalam ruangan khususnya di apartemen. Mengingat apartemen tidak memiliki pekarangan atau kebun, hanya memiliki balkon. Selain itu ada hal-hal lain yang harus jadi pertimbangan, yaitu perihal pemilihan tanaman, letak pencahayaan, jenis media tanam, dan tentu saja cara menanam. 

Untuk kamu yang tinggal di apartemen dan ingin ikut tren urban farming bisa mencontek inspirasi tempat bercocok tanaman indoor berikut ini. 

Rak Susun 

Rak susun bukan hanya bisa digunakan sebagai tempat menyimpan buku. Kamu bisa menggunakan rak susun untuk media bercocok tanam, seperti gambar di atas. Pembuatan rak susun juga relatif mudah. Tempat bercocok tanam ini seperti tempat penyimpanan sayur alami dengan pencahayaan yang tidak jauh berbeda dengan kulkas. Rak ini membutuhkan pencahayaan LED untuk menghasilkan tampilan yang cantik dan bisa menyatu dengan interior apartemen kamu. 

Rak Dinding

Ingin memanfaatkan ruangan sempit? Bercocok tanam dengan media rak dinding bisa jadi opsi yang menarik. Tidak ada salahnya berkreasi menggunakan rak buku bekas kamu untuk rak bercocok tanam. Caranya sederhana kok, kamu hanya cukup meletakan pot tanaman atau polybag di masing-masing tingkatan rak kamu. Kemudian tambahkan lampu LED khusus untuk tanaman indoor. Lampu ini punya peran mengatur intensitas cahaya yang dibutuhkan sebagai pengganti matahari.  

Baca Juga :   6 Tempat Belanja Hits Dekat Apartemen Pacific Garden

Rak Organik Tingkat Bentuk Bulat

Rak karya Verdeat menerapkan teknik budidaya tanaman organik tanpa limbah yang bisa diaplikasikan dalam ruangan. Teknik ini terdiri dari rak-rak bertingkat dengan lubang tanam untuk tempat meletakkan benih. Media tanam yang digunakan adalah serat kelapa sehingga memungkinkan ruangan tetap terjaga kebersihannya. Selain konsep organik, Verdet juga memberikan lampu LED khusus pada rak ini sebagai upaya optimasi pertumbuhan tanaman. 

Hidroponik Indoor

Sudah sering melihat teknik hidroponik outdoor di halaman rumah? Ternyata kamu juga bisa menggunakan teknik bercocok tanam ini pada ruangan indoor. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan hidroponik outdoor namun sistem pencahayaan menggunakan LED khusus tanaman. Anda pun bisa membuat instalasi hidroponik sendiri memakai pipa air yang disusun sedemikian rupa untuk sirkulasi air. 

Frame Kayu untuk Tanaman

Tempat bercocok tanam indoor juga bisa kamu kamu manfaatkan sebagai dekorasi desain interior. Misalnya saja dengan memanfaatkan frame kayu yang kemudian dipajang di dinding berikut ini. Yang kamu butuhkan hanya sebuah balok kayu kemudian buat lubang-lubang kecil pada bagian depan kayu tersebut untuk menanam benih tanaman. Isi bingkai tersebut dengan sabut kelapa, kemudian tanam tanaman yang diinginkan. Supaya tampilannya lebih cantik, kamu bisa menata tanaman sesuai jenis tekstur. Pilihan tanaman yang dianjurkan adalah herbs. 

Pacific Garden, Apartemen Modern Penunjang Hobi Urban Farming

Inspirasi Beragam Tempat Bercocok Tanam di Apartemen

Hobi bercocok tanammu dengan media-media di atas bisa sepenuhnya terjamin jika kamu memiliki hunian di Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen murah Tangerang ini memiliki konsep ruangan modern minimalis dengan dominasi warna alam, cokelat dan putih. Kedua warna ini sangat mudah kamu padu padan dengan konsep bercocok tanam indoor di atas. 

Baca Juga :   6 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Apartemen Alam Sutera ini juga menawarkan fasilitas modern yang dapat menunjang gaya hidup stylish kamu. Mulai dari fasilitas belajar seperti reading room atau co-working space, hingga fasilitas olahraga yang bisa dinikmati segala kalangan seperti kolam renang atau jogging track. 
Berencana tinggal di apartemen di Tangerang yang berlokasi di seberan Mall Alam Sutera ini sendiri? Kamu tak perlu khawatir karena sistem keamanan Pacific Garden sangat terjamin dengan adanya CCTV dan tim keamanan yang siap stand by 24 jam. Sebagai apartemen yang sangat memahami kebutuhan millennials, Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera bisa kamu miliki dengan cicilan cuma Rp5 jutaan perbulan.

Leave a Reply