7 Tips Murah Membuat Aquascape Sendiri untuk Hiasan di Apartemen

You are currently viewing 7 Tips Murah Membuat Aquascape Sendiri untuk Hiasan di Apartemen

Pemberlakuan PSBB rupanya membuat banyak orang punya hobi baru. Salah satu hobi yang saat ini sedang populer adalah membuat aquascape. Aquascape bisa menjadi dekorasi cantik untuk apartemen Terlebih lagi aquascape dibuat khusus menyerupai bentuk habitat ikan yang asli. Dijamin suasana apartemenmu jadi lebih asri dan segar. 

Membuat konsep aquascape untuk dekorasi apartemen tidaklah sulit. Siapapun termasuk kamu bisa membuat aquascape ini dengan modal yang tidak terlalu mahal. Tertarik untuk mencoba? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Mencari bahan-bahan yang dikumpulkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari bahan apa saja yang diperlukan, yaitu akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, saringan, dan lampu. Untuk akuarium ukuran sedang bisa kamu dapatkan dengan harga dibawah Rp500.000. Bisa lebih murah jika kamu menggunakan akuarium bekas atau akuarium kecil. 

2. Mengatur bagian dasar akuarium

Setelah bahan-bahan terkumpul, kamu harus mengatur bagian dasar akuarium. Tuangkan pasir pada bagian dasar akuarium hingga ⅔ bagian atau antara 2-3 cm. Sedangkan pada bagian tepi tambahkan pasir lebih banyak agar lebih tinggi. Jenis pasir yang disarankan adalah silika. Harga kisaran pasir ini adalah Rp10.000 per kilogram.

3. Beri pupuk

Setelah pasir ditata dengan rata, selanjutnya beri pupuk. Taburkan pupuk di bagian tengah akuarium yang memiliki dasar pasir lebih tipis. Pupuk ini punya peranan yang penting agar tanaman yang nantinya ditanam di sini bisa tumbuh dengan subur. Kamu bisa dapatkan 1 kantong pupuk dengan harga Rp100.000 untuk berulang kali pakai. 

Baca Juga :   6 Jenis Investasi yang Wajib Kamu Coba Selagi Masih Muda

4. Hias akuarium dengan bebatuan

Di sinilah momen krusial pembuatan aquascape. Kamu bisa mulai untuk menghias akuarium agar terlihat lebih indah dengan meletakkan batuan sesuai selera. Gunakan berbagai jenis batuan supaya akuariummu tampak lebih indah. 

5. Mulai menanam tanaman

Setelah menata batu, inilah bagian inti yang harus dilakukan saat membuat aquascape. Saat hendak menanam tanaman di dalam akuarium, sebaiknya isi seperempat akuarium dengan air lebih dulu. Lanjutkan dengan menanam tanaman yang sudah kamu siapkan. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di aquascape adalah Spatterdock, Vallisneria, Cabomba, Tiger Nymphaea Lotus Tenelus atau rumput air, Echinodorus, dan Wendtii

6. Pasang peralatan penunjang

Setelah penataan tanaman usai, kamu harus memasang perlengkapan lain demi memastikan keberlangsungan hidup ikan yang ada di akuarium. Beberapa alat penunjang yang kamu butuhkan adalah pompa, saringan, hingga lampu agar sirkulasi udara dan cahaya yang dibutuhkan ikan dan tanaman bisa terpenuhi. Sebelum memasang peralatan tersebut kamu harus memastikan jika air dalam akuarium sudah penuh. 

7. Masukkan ikan hias 

Langkah terakhir supaya aquascape kamu terlihat lebih hidup adalah dengan memasukkan ikan hias. Pilih ikan hias berukuran kecil supaya tanaman di dalam aquascape tetap bisa menjadi pemandangan yang menonjol. Jenis ikan hias yang cocok untuk melengkapi aquascape ini diantaranya ikan komet, manfish, dan ikan tetra.

Apartemen Pacific Garden, Pilihan Terbaik untuk Kamu yang hobi Membuat Aquascape

7 Tips Murah Membuat Aquascape Sendiri untuk Hiasan di Apartemen

Itu tadi ketujuh cara membuat aquascape sendiri untuk hiasan apartemen. Cukup mudah bukan? Nah, untuk kamu yang saat ini sedang mencari hunian pertama berupa apartemen, memilih Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah opsi terbaik.

Baca Juga :   5 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol

Apartemen Alam Sutera ini terletak di kawasan strategis Tangerang, tepat di depan Mall @Alam Sutera dan dekat dengan 3 kampus bergengsi, BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia, sangat sesuai sebagai hunian ataupun sarana investasi karena memiliki potensi hingga 12.000 calon penyewa. 

Apartemen dekat BINUS ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang gaya hidup untuk kaum milenial, mulai co-working space, food center, kafe, fitness center, jogging track, kolam renang, area BBQ, hingga atrium yang mewah dan menawan. Soal keamanan juga terjamin dengan adanya pantauan CCTV 24 jam dan tim security, Tinggal sendiri di apartemen?No worry! 

Miliki unit apartemen impianmu di Pacific Garden dengan cicilan hanya Rp5 jutaan per bulan!

Leave a Reply