Millennial Harus Tahu! 6 Tips agar KPR Lancar, dari Pengajuan hingga Pelunasan

Millennial Harus Tahu! 6 Tips agar KPR Lancar, dari Pengajuan hingga Pelunasan
Angsuran KPR Dijamin Lancar dengan Tips Berikut - Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera
6 Tips agar KPR Lancar, dari Pengajuan hingga Pelunasan

Membeli properti dengan sistem kredit atau lebih dikenal dengan sebutan KPR masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Adanya KPR yang ditawarkan oleh lembaga keuangan ini memang menjadi angin segar bagi kamu yang ingin memiliki properti namun kondisi finansial masih sangat terbatas. Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan persetujuan KPR dari bank. Kamu harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh bank. Pihak bank juga butuh jaminan jika kamu tidak akan menunggak selama proses pembayaran KPR. 

So, untuk kamu yang ingin beli properti dengan cara KPR lancar. Berikut tips KPR lancar sejak pengajuan hingga pelunasan yang bisa dicoba.

1. Buat simulasi yang sesuai dengan kondisi keuangan

Sebelum mengajukan KPR pada bank, ada baiknya kamu buat dulu simulasi cicilan yang diinginkan dengan cermat. Misalnya saja jika kamu ingin cicilan lebih ringan maka DP (Down Payment) yang dibayarkan juga harus lebih besar. Untuk kamu yang berpenghasilan tidak tetap seperti freelance misalnya, bisa memperhitungkan rata-rata pendapatan bulanan tertinggi dan terendah yang didapat. Lakukan simulasi KPR dengan berbagai jenis bank untuk mendapatkan hitungan yang tepat. 

2. Melengkapi dokumen sesuai dengan profesi

Lengkapi persyaratan atau dokumen umum yang dibutuhkan untuk KPR. Mulai dari dokumen data diri seperti KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan/slip gaji, rekening koran/tabungan, dan NPWP. Untuk pegawai freelancer, hingga pebisnis memiliki persyaratan umum yang sedikit berbeda. Kamu bisa menanyakan pada pihak bank mengenai syarat-syarat tersebut. 

3. Mampu meyakinkan pihak bank

Selama dalam jangka waktu 3 bulan, kamu bisa membuat laporan keuangan yang positif, misalnya saja dengan memperbaiki transaksi pada rekening koran selama 3 bulan sebelum mengajukan KPR. Pastikan keuangan kamu dalam rekening koran ini lancar ya, baik itu pembayaran utang atau kartu kredit, supaya memudahkan saat BI checking

4. Memperhatikan waktu pengajuan KPR

Dari sekian banyak hari dalam satu tahun, ternyata ada waktu yang tepat dalam pengajuan KPR. Waktu terbaik mengajukan KPR adalah pada minggu ketiga atau keempat karena biasanya bank sedang mengejar target. Sebaiknya hindari untuk mengajukan KPR di bulan Desember, karena bank biasanya sedang sibuk tutup buku dan pencatatan administrasi lainnya.

5. Supaya tidak menunggak saat pembayaran KPR

Selama proses penyelesaian KPR yang cukup panjang tersebut, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai kondisi dan situasi finansial yang berbeda-beda. Oleh karena itu kamu harus benar-benar memperhitungkan kondisi finansial yang matang. Apapun kondisinya saat menerima gaji, sisihkan lebih dulu uang kamu untuk membayar cicilan KPR. Ada baiknya pula kamu pilih bank yang memiliki hubungan kerjasama dengan pihak developer properti incaran. Ini bertujuan untuk memudahkan proses administrasi dan juga kelancaran saat pencairan kredit.

6. Pilihlah properti yang tepat

Selain persyaratan pribadi, pihak bank juga memiliki persyaratan properti sendiri. Umumnya bank akan menolak properti yang kondisi lebar jalan kurang dari dua mobil. Sebaiknya hindari pula memilih properti dengan status hukum yang belum pasti. Pilihlah properti dengan developer berkredibilitas, dengan jaminan kelengkapan sertifikat. 

Pacific Garden, Apartemen Modern dengan KPR Lancar serta Cicilan Murah Bersertifikat Lengkap

Properti yang tepat dan sudah pasti lolos KPR yang bisa jadi pertimbangan kamu adalah Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Properti ini adalah apartemen murah Tangerang yang menawarkan konsep Stylish Living for Young Generation dengan berbagai fasilitas modern seperti kolam renang, sky garden, coworking space, reading lounge, high speed internet, dan masih banyak lagi. 

Kamu para pekerja kantor yang sibuk atau mahasiswa sangat cocok memiliki apartemen Alam Sutera ini, karena letaknya yang strategis. Dengan fasilitas publik seperti Mall @Alam Sutera, Mall Living World, Flavor Bliss, IKEA, OMNI Hospital, dan berbagai gedung perkantoran lainnya. 

Apartemen di Tangerang ini juga dikelilingi oleh 3 kampus bergengsi, yakni BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia yang menjadikannya memiliki potensi sewa hingga 12.000 mahasiswa. Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan, harga yang ditawarkan juga sangat rasional, cuma Rp500 jutaan dengan cicilan mulai Rp5 jutaan. Jangan pikir panjang lagi deh, miliki unit apartemen di Pacific Garden sekarang juga!

Leave a Reply