Ini Dia 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Menghindari Krisis Finansial

Ini Dia 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Menghindari Krisis Finansial
Ini Dia 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Menghindari Krisis Finansial

Menghindari krisis finansial bisa dilakukan jika Anda bisa mengatur dan mempersiapkan keuangan. Salah satu caranya adalah dengan menstabilkan keuangan. Cara untuk bisa mencapai keuangan yang stabil adalah membuat anggaran. Kestabilan ini tercapai jika Anda mampu memenuhi kewajiban atau kebutuhan sehari – hari, menabung, dan menyiapkan dana darurat. Selain uang Anda juga harus memiliki implementasi yang konsisten dari rencana tersebut. Berikut adalah 4 cara mengatur keuangan untuk menghindari krisis finansial.

Prioritaskan Tabungan

tabungan Untuk masa Depan
tabungan Untuk masa Depan

Kebutuhan dan keperluan di masa depan tidak ada yang tahu. Seperti contohnya ketika Anda belum saatnya untuk membeli rumah, maka Anda belum memikirkan biaya untuk membeli sebuah rumah. Tetapi ketika semua waktunya tiba, maka baru tersadar bahwa membeli rumah membutuhkan biaya. Jika Anda belum mempunyai tabungan, maka akan terasa berat. Namun ketika Anda sudah memiliki tabungan, biaya untuk membeli rumah akan terasa lebih ringan. Cara paling efektif untuk menabung adalah Anda langsung menyisihkan penghasilan bulanan yang didahulukan untuk tabungan, sisanya baru untuk kebutuhan sehari – hari. 

Mengurangi Hutang

kurangi butane
kurangi hutang

Hal ini adalah langkah penting untuk memiliki keuangan yang stabil. Hutang yang dimaksud yaitu berupa kartu kredit ataupun pinjama – pinjaman lainnya. Kartu kredit akan membuat Anda sulit menabung dikarenakan suku bunga yang semakin tinggi dan sulit untuk dilunasi. Jangan melakukan hutang yang lebih dari 20% jumlah penghasilan Anda. Jika tidak bisa mengelola hutang dengan baik maka Anda akan memasuki krisis keuangan. 

Hidup Sesuai Kebutuhan

hidup sesuai kebutuhan
hidup sesuai kebutuhan

Salah satu kesulitan menabung adalah mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak perlu. Contohnya seperti membeli sebuah handphone dengan merek yang premium dengan harga yang  terlalu mahal sedangkan banyak merek lain dengan fungsi yang sama dan harganya lebih murah. Hal ini juga akan menyulitkan Anda untuk menabung, bahkan bisa menjebak Anda dalam hutang yang mengakibatkan kondisi keuangan semakin berat di masa depan. Jangan mengeluarkan uang untuk memuaskan keinginan, hiduplah sesuai dengan kebutuhan agar keuangan Anda stabil.

Baca Juga :   6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19!

Siapkan Dana Darurat

dana darurat
dana darurat untuk menghindari krisis finansial

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bahkan sesuatu yang darurat. Kebutuhan darurat sangat menyangkut keberlangsungan hidup. Masalah ini tidak bisa dianggap remeh. Contohnya seperti keadaan pandemik saat ini, yang membuat banyak orang atau bahkan Anda kehilangan pekerjaan dan tidak ada penghasilan. Inilah kondisi dimana dana darurat sangat diperlukan. Dana darurat akan meringankan Anda untuk menangani masalah yang terjadi sampai keadaan normal kembali. Jika dana darurat ini tidak Anda sediakan, maka kondisi krisis yang dihadapi akan semakin sulit. 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Investasi Terbaik untuk Menghindari Krisis Finansial

Memilih apartemen studio yang berkualitas di tengah kota bisa dilihat dari bagaimana prospek investasi yang ada disana. Seperti Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera misalnya, apartemen murah Tangerang ini menawarkan prospek sewa dari 12.000 mahasiswa dari Universitas Binus, UBM, dan SGU. Tidak hanya itu, Pacific garden juga menyediakan fasilitas rental division untuk Anda yang bingung mencari calon penyewa, tinggal titipkan kuncinya pada kami dan kami akan membantu Anda untuk mendapatkan penyewa untuk Anda.

Memiliki unit Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera kamu bisa menggunakannya untuk hunian pribadi atau disewakan ketika tidak ditinggali. Dengan cicilan Rp5 jutaan kamu sudah bisa memiliki apartemen studio di Alam Sutera ini. Info lebih lanjut kamu bisa kunjungi pacificgarden.co.id

Leave a Reply