5 Tips Ampuh Menabung untuk Generasi Milenial

5 Tips Ampuh Menabung untuk Generasi Milenial
5 Tips Ampuh Menabung untuk Generasi Milenial

Sebagian generasi milenial yang bisa juga dikatakan sebagai anak muda memang masih memiliki penghasilan yang minim dan sulit untuk menabung. Keadaan yang baru lulus dari kuliah dan mungkin saja baru diterima di suatu perusahaan yang memiliki gaji tidak besar namun banyak kebutuhan. Disisi lain juga, Anda juga belum memiliki tabungan tetap sebab belum berkeluarga. Karena itu, menabung harus menjadi salah satu prioritas Anda yang bisa dipakai sebagai modal membeli aset, dana darurat, bahkan juga modal untuk investasi. Jangan khawatir, ada tips menabung yang bisa diterapkan untuk Anda para generasi milenial. Ini dia 5 tips ampuh menabung untuk para generasi milenial.

Tambah Pemasukan dan Kurangi Pengeluaran

justice 423446 1920 - Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera
banyak pemasukan dibanding pengeluaran

Anda bisa memulainya dengan membuat kebiasaan untuk mengurangi pengeluaran dan menambah pemasukan. Untuk Anda para generasi milenial bisa mendapatkan pemasukan dari pekerjaan seperti freelancer dalam berbagai bidang. Bisa juga dari membuat iklan di blog untuk mendapatkan pendapatan sampingan. Ketika sudah ada pendapatan maka Anda juga harus mengurangi pengeluaran seperti kebiasaan menonton bioskop, hingga belanja yang tidak terlalu penting. Anda masih bisa melakukan kegiatan tersebut, namun frekuensi nya yang dikurangi dari setiap weekend menjadi sebulan sekali.

Prioritaskan Kebutuhan

list kebutuhan
list kebutuhan

Buat daftar kebutuhan dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting, dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Seperti urutan dari membeli sebuah hunian atau kendaraan hingga bepergian ataupun membeli barang yang tidak terlalu penting. Karena tujuan utama nya untuk menabung, maka jadikanlah menabung sebgai prioritas utama. 

Baca Juga :   5 Cara Investasi Properti dengan Gaji Dibawah Rp10 Juta

Tetapkan Jumlah

kelly sikkema xoU52jUVUXA unsplash - Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera
tentukan anggaran

Biasakan jumlah pertama dari pendapatan Anda dijadikan sebagai tabungan, sisa nya baru untuk kebutuhan. Misalnya 30% untuk menabung, 50% untuk kebutuhan, dan 20% untuk keinginan. Jika kebutuhan Anda terbilang banyak, maka Anda bisa mengurangi persentase uang untuk keinginan. Jangan mengganggu gugat uang tabungan jika tidak mendesak, apalagi hanya untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Hal ini biasanya menjadi faktor utama Anda susah sekali untuk menabung. 

Kurangi Makan di Luar

kurangi makan di luar
kurangi makan di luar

Tips ampuh menabung berikutnya yaitu cobalah mengurangi makan di luar. Generasi milenial sangatlah menyukai bermain dengan teman atau yang sering disebut sebagai ‘nongkrong’. Kegiatan ini bisa Anda kurangi agar bisa menabung. Poin ini juga berlaku untuk Anda yang suka makan diluar. Hal ini bisa diatasi dengan membawa bekal dan juga tempat minum dari rumah. Dengan begitu, pengeluaran yang biasa Anda keluarkan hanya untuk makan diluar bisa dijadikan sebagai tabungan. 

Jangan Termakan Gengsi

sepedahan
sepedahan

Mulailah dari tidak gengsi dengan gaya hidup. Generasi milenial ini memang suka sekali dengan hal yang sedang trend. Ingatlah jika sesuatu yang trend tidak akan ada habisnya, hal ini akan terus menerus menguras kantong Anda. Daripada uang yang Anda punya digunakan untuk mengikuti trend, lebih baik dipakai untuk kebutuhan yang diperlukan. Seperti contohnya yang saat ini sedang trend yaitu bersepeda, Anda cukup membeli sepeda yang nyaman, bukan sepeda mahal karena mengikuti trend. Karena fungsinya pun akan sama, hanya saja Anda harus membiasakan untuk tidak gengsi dengan gaya hidup. 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Tabungan Terbaik untuk Para Kaum Milenial

Salah satu apartemen yang sangat strategis dan memiliki nilai value yang terus naik adalah adalah Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Tidak hanya itu, apartemen Alam Sutera ini merupakan salah satu apartemen murah di Tangerang yang menawarkan beragam fasilitas modern penunjang gaya hidup stylish kamu.

Baca Juga :   3 Langkah Cerdas Memulai Bisnis Properti untuk Pemula

Terletak di lokasi yang sangat strategis, hanya beberapa menit dari Tol Jakarta-Merak, Tol JORR 2, dan Tol Bandara, serta dikelilingi oleh fasilitas publik yang lengkap seperti Mall @Alam Sutera, Synergy Building, IKEA, hingga Omni Hospital akan memudahkan mobilitas kamu sehari-hari tanpa perlu khawatir harus berhadapan dengan kemacetan kota. Tidak hanya itu, Pacific Garden juga dikelilingi oleh 3 kampus bergengsi yakni Binus, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia dengan total lebih dari 12.000 mahasiswa untuk memerluas komunitas kamu.

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera ini bisa menjadi potensi investasi yang besar untuk masa depan kamu. Untuk mulai berinvestasi dengan apartemen di Alam Sutera Tangerang ini, kamu bisa menempati apartemen ini sebagai hunian pribadi. Setelah satu tahun berselang kamu bisa menyewakannya kepada para ekspatriat ataupun mahasiswa yang butuh tempat tinggal untuk mempermudah mobilisasi mereka selama berkuliah. Dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan, kamu sudah bisa memiliki investasi properti yang bergengsi. Kehadiran Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera membuat impian kamu memiliki investasi properti di usia muda bukan hanya sekadar mimpi.

Leave a Reply