10 Manfaat Bersepeda Setiap Hari yang Wajib Kamu Ketahui

10 Manfaat Bersepeda Setiap Hari yang Wajib Kamu Ketahui

Bersepeda jadi hobi baru yang populer di masa pandemi. Bersepeda dianggap sebagai salah satu solusi transportasi hunian-kantor yang lebih aman, efisien, dan praktis.

Dengan bersepeda setiap hari kamu tidak perlu berdesak-desakan di kereta atau busway saat akan berangkat ngantor atau ngampus. Selain jadi alternatif transportasi yang lebih aman di tengah pandemi, manfaat bersepeda setiap hari juga banyak manfaatnya. Apa saja sih? 

1. Memperkuat otot tulang

Saat bersepeda tentu kamu mengayuh dengan kaki. Hal ini bisa menguatkan otot kaki, pinggul, dan lutut. Tidak cuma itu, bersepeda juga memperkuat otot lengan. 

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Saat kamu bersepeda jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Hal ini bisa meningkatkan kesehatan jantungmu. Jika kamu bersepeda setiap hari untuk bekerja atau ke kampus maka kamu cenderung tidak akan mengalami tekanan darah tinggi. 

3. Membangun kekuatan tubuh

Seperti olahraga pada umumnya, bersepeda juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Jika dilakukan setiap hari maka kadar stamina dalam tubuh juga meningkat, akibatnya kamu tidak akan mudah lelah. 

4. Penghilang stres

Bersepeda setiap hari dapat memicu produksi hormon endorfin pada tubuh. Hormon ini adalah hormon yang menyebabkan munculnya perasaan nyaman dan bahagia. Hormon ini juga bisa membangun mood jadi lebih baik. Kalau hati bahagia dan mood jadi baik maka level stres juga berkurang. 

5. Menurunkan berat badan

Dikutip dari Healthline, semakin cepat kamu mengayuh sepeda, makin banyak juga kalori yang dibakar oleh tubuh karena tubuh memakai energi dalam jumlah banyak saat kamu bergerak lebih cepat.  Menurut studi dari Harvard, mengayuh sepeda dengan kecepatan rata-rata 12 hingga 13,9 mil per jam selama 30 menit bisa membakar sebanyak 298 kalori. 

Baca Juga :   5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Pandemi Covid19

6. Mengontrol diabetes 

Penyakit diabetes bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kadar gula darah tinggi. Bersepeda setiap hari selama 30 menit akan membantu menurunkan risiko diabetes hingga 40%. 

7. Menurunkan risiko kanker

Studi dalam Journal of American Medical Association mengatakan jika setiap orang yang memiliki tubuh bugar akan berisiko lebih rendah terserang penyakit kanker paru dan kanker kolesterol. Memiliki tubuh bugar bisa kamu capai dengan bersepeda minimal 30 menit sehari. 

8. Meningkatkan mobilitas

Para penderita osteoartritis sangat dianjurkan untuk bersepeda. Karena bersepeda adalah latihan terbaik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Bersepeda juga bisa meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh. 

9. Meningkatkan pergerakan usus

Bersepeda termasuk golongan olahraga aerobik yang dapat mempercepat pernapasan dan detak jantung. Hal ini bisa membantu menstimulasi kontraksi otot di organ usus, sehingga mencegah kamu jadi cepat kembung dan meminimalisir potensi terjadinya kanker usus.  

10. Meningkatkan kekuatan otak

Meningkatkan fungsi kognitif dapat dilakukan dengan rutin bersepeda setiap hari. Selama bersepeda, aliran darah ke otak jadi lebih lancar, karena kadar oksigen di otak jauh lebih tinggi. Tak hanya itu, bersepeda 30-45 menit sehari dapat membagun sel-sel otak baru di bagian hippocampus, area otak yang berperan terhadap daya ingat.  

Hunian Strategis untuk Lifestyle Masa Kini yang Lebih Sehat dengan Manfaat Bersepeda

10 Manfaat Bersepeda Setiap Hari yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu bisa dapatkan 10 manfaat bersepeda ini jika tinggal di hunian yang strategis, dekat dengan kantor, kampus, atau mall seperti apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini menawarkan lingkungan yang sehat, bersih, dan fasilitasnya lengkap. Dapat menunjang kebutuhan kamu untuk bersepeda setiap hari. Mau ke kampus BINUS, Synergy Building, atau Mall Alam Sutera? Nggak perlu naik transportasi umum atau mobil, naik sepeda saja!

Baca Juga :   Penting! Inilah 5 Tips Merawat Apartemen Mungil Anda

Bukan hanya lokasi yang strategis, apartemen Tangerang ini juga menawarkan fasilitas yang dapat menunjang stylish living pemuda urban, meliputi gym, food center, sky garden, coworking space, kolam renang, dan masih banyak lagi. Dengan keunggulan yang ditawarkan, kamu bisa miliki apartemen murah Tangerang ini hanya dengan cicilan mulai Rp5 jutaan per bulan. Booking unit apartemen impianmu sekarang juga!

Leave a Reply