5 Cara Hemat Bangun Rumah dengan Budget Pas-pasan

5 Cara Hemat Bangun Rumah dengan Budget Pas-pasan

Vertical Garden

Memiliki hunian pribadi dengan desain eksterior dan interior sesuai keinginan tentu menjadi impian semua orang. Sayangnya nggak semua impian ini bisa terwujud mengingat harga tanah kian taun kian melambung. Belum lagi harga bahan material dan juga ongkos tukang yang tidak murah. 

Lantas, bagaimana jika kamu memiliki budget pas-pasan tapi ingin membangun rumah? Ikuti tipsnya di bawah ini!

1. Buat Rencana Anggaran Bangunan

Langkah awal untuk kamu yang ingin membangun rumah adalah membuat anggaran bangunan atau RAB. Anggaran sangat diperlukan dalam menentukan berapa budget yang akan kamu keluarkan selama membangun rumah. RAB juga menjadi pengingat agar pengeluaranmu tetap sesuai dengan masing-masing budget yang sudah dibuat, jangan sampai over budget. 

2. Pilih Desain Rumah Fungsional 

Dengan budget pas-pasan kamu masih bisa membuat rumah yang estetik kok. Pilih desain rumah minimalis fungsional berbentuk kotak atau persegi panjang layaknya rumah minimalis di Jepang. Sementara itu di bagian dalam terapkan konsep open space, dengan denah ruangan multifungsi. Hindari rumah dengan konsep ruang banyak sekat karena akan menambah budget anggaran kamu. 

3. Menggunakan Material Lokal Berkualitas

Bahan bangunan yang berkualitas bukan berarti harus selalu mahal atau produk dari luar negeri. Demi menghemat budget pembangunan, kamu bisa menggunakan bahan bangunan lokal yang berkualitas. Material bangunan lokal produk dalam negeri yang bisa ditemukan di toko bangunan juga tidak kalah berkualitas. Selain harganya jauh lebih ekonomis, jenis material ini lebih mudah ditemukan. 

4. Selektif dalam Memilih Tukang

Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk tukang bangunan paling menyita anggaran. Maka kamu harus benar-benar selektif dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang sudah berpengalaman dengan reputasi kerja yang baik. Kamu juga dianjurkan untuk memakai jasa tukang borongan karena jauh lebih hemat.  

5. Membangun Rumah Bukan Saat Musim Hujan

Tips terakhir, ini ada hal penting yang harus kamu terapkan. Jangan membangun rumah saat musim hujan. Karena bisa membuat anggaran semakin membengkak. Pengerjaan pembangunan akan sering terhambat gara-gara hujan, belum lagi kualitas bangunan tidak bisa sebagus saat dibangun di musim kemarau. 

Daripada Bangun Rumah, Investasikan Budget-mu untuk Beli Apartemen Pacific Garden!

5 Cara Hemat Bangun Rumah dengan Budget Pas-pasan

Itu tadi tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membangun rumah dengan budget pas-pasan. Sudah terbayang kan bagaimana rumitnya membangun rumah sendiri? Apalagi kalau kamu masih harus mencari tanah untuk lokasi membangun. Sekarang ini mencari tanah di kawasan strategis perkotaan sangat sulit. 

Mengapa tidak beralih ke opsi apartemen? Mengingat apartemen kini menjadi salah satu properti yang banyak diincar oleh masyarakat urban. Tinggal di apartemen lebih praktis, fasilitas lengkap, dan lokasi strategis sehingga memudahkan mobilitas.

Seperti apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera misalnya. Apartemen murah Tangerang ini lokasinya tepat berada di depan Mall Alam Sutera ini sangat strategis, dekat dengan kampus BINUS, gedung perkantoran, rumah sakit, dan pusat belanja. Fasilitasnya lengkap, kamu bisa menemukan jogging track, coworking space, reading lounge, gym, kolam renang, jaringan internet cepat, keamanan CCTV & security 24 jam, hingga sky garden. Semua privilege ini bisa kamu miliki hanya dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan. Booking unit apartemenmu di Pacific Garden sekarang juga!

Leave a Reply