6 Hal yang Wajib Dilakukan bagi Pemilik Hunian Minimalis

6 Hal yang Wajib Dilakukan bagi Pemilik Hunian Minimalis

Bisa dikatakan jika hampir sebagian besar hunian minimalis di kawasan perkotaan kini mengusung konsep seperti di Jepang. Hal ini didasari karena adanya harga tanah yang terus melambung sementara jumlah penduduk selalu bertambah. Akhirnya pilihan jatuh pada rumah petak minimalis tapi di kawasan pinggiran kota atau memilih tinggal di apartemen. 

Tapi bukan berarti hunain minimalis dengan luas terbatas ini terasa tidak nyaman dan membuat kamu terbatas dalam mengatur interiornya. Dengan penataan dan konsep yang sesuai, hunian minimalis kamu akan sangat nyaman untuk dihuni. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan jika memiliki hunian minimalis!

1. Menyiapkan ruang penyimpanan 

Ruang penyimpanan adalah hal wajib yang harus kamu miliki. Ruang penyimpanan di sini bukan berarti harus berbentuk sebuah kamar. Kamu bisa memilih storage khusus untuk menyimpan barang-barang kamu supaya tidak berantakan. Bisa memanfaatkan ottoman chair dengan fungsi storage sebagai ruang penyimpananmu. Kamu juga bisa terapkan metode open storage, dimana memanfaatkan area penyimpanan sebagai elemen dekorasi sekaligus.

2. Memilih cat ruangan dengan warna nyaman

Jika kamu tinggal di hunian minimalis, maka pilihlah warna dinding yang netral. Seperti warna putih misalnya, memilih cat dinding warna putih untuk hunian membuat kamu jadi lebih bebas dalam menentukan warna pernak-pernik di dalam hunian seperti sofa, cushion, karpet, atau hiasan dinding. Sebagai panduan, kamu bisa pilih warna dengan tone alam, seperti abu-abu, cokelat, hijau, dan hitam. Namun jika ingin hunian jadi lebih cheerful, kamu bisa padukan dengan warna kuning, lavender, atau warna-warna pastel yang lembut. 

Baca Juga :   6 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Saat Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19

3. Perhatikan soal pencahayaan

Ada banyak cara menghadirkan suasana yang lapang di hunian minimalis. Salah satunya dengan menghadirkan sistem pencahayaan alami pada ruangan. Bisa berupa jendela kaca besar atau tambahkan elemen skylight di area langit-langit. Cahaya alami yang masuk ke rumah lewat jendela ke dalam hunian bisa membuat nuansa hunian jadi lebih terang dan lapang. Peletakan jendela kaca ini bisa di area ruang tamu supaya area ruang lain juga ikut lebih terang. 

4. Kreatif dengan desain layout ruangan

Punya humain sempit membuat kamu harus pandai-pandai mendesain layout. Salah pengaturan layout bisa membuat ruangan jadi sempit dan sesak. Kalau di hunian umum kamu akan menemukan banyak pembatas antar ruangan. Untuk hunian minimalis, kamu bisa menghilangkan sekat supaya ruangan lebih lapang. Ganti fungsi dingin dengan mencampurkan beberapa gaya furniture sekaligus. Manfaatkan partisi seperti rak buku atau karpet untuk pembeda antara ruang satu dan ruang lainnya. 

5. Memastikan elemen ruangan cocok dengan interior minimalis

Karena pemilihan furniture pada hunian minimalis cenderung tricky, maka kamu harus lebih jeli ketika memilih furniture. Banyak yang menyarankan kalau sebaiknya kamu menggunakan furniture custom agar penataannya lebih mudah dan bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Disarankan juga kamu memilih furniture dengan kaki yang ramping supaya ruangan tidak terasa penuh. Selain bentuk, kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan dari furniture tersebut. 

6. Atur budget bulanan yang sesuai 

Ketika kamu tinggal di hunian minimalis, ada baiknya juga mengikuti gaya hidup minimalis. Supaya hidupmu bisa berjalan selaras, hati lebih damai, dan mudah bahagia. Langkah pertama untuk memulai hidup minimalis adalah mengatur budget bulanan sedetail mungkin. Tujuannya, agar kamu tahu seberapa besar uang yang harus kamu keluarkan selama 1 bulan dan berapa nominal yang bisa kamu tabung nantinya. Menerapkan pola hidup minimalis juga bisa hindarkan kamu dari gaya hidup boros, kamu jadi punya banyak stok gaji yang bisa dialokasikan untuk menabung atau investasi. 

Baca Juga :   Cara supaya Pengeluaran Lebih Hemat Selama Tinggal di Apartemen

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Hunian Minimalis yang Tepat untuk Hidup Minimalis

6 Hal yang Wajib Dilakukan bagi Pemilik Hunian Minimalis

Bagaimana, tertarik untuk memiliki hunian minimalis dan menerapkan pola hidup minimalis? Jika iya, inilah rekomendasi hunian minimalis yang tepat untuk kamu, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera.

Apartemen Alam Sutera ini adalah apartemen modern, menghadirkan tata ruang minimalis modern dengan dominasi warna alam. Cocok untuk mahasiswa, first jobber, ataupun pekerja berpengalaman yang berjiwa muda. Kelebihan apartemen di Tangerang ini dibanding apartemen lain adalah penataan layout-nya bisa disesuaikan dengan keinginan. Menarik bukan? Impian untuk hidup minimalis di hunian impian sudah pasti terwujud!


Dari segi fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, coworking space, jogging track, gym, dapur minimalis modern, taman, dan masih banyak lagi. Lokasinya pun strategis, dekat dengan gedung perkantoran, kampus, pusat belanja, dan rumah sakit. Cukup dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan, kamu sudah bisa miliki apartemen dekat BINUS ini sebagai hunian atau investasi properti! Kunjungi pacificgarden.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply