Ciri-ciri Hunian yang Sehat untuk Tempat Tinggal, Sudah Tahu?

Ciri-ciri Hunian yang Sehat untuk Tempat Tinggal, Sudah Tahu?

Tahukah kamu jika kesehatan tubuh bukan hanya dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat saja? Memiliki hunian yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Nah, sudahkah kamu memiliki hunian yang sehat? Coba perhatikan ciri-ciri hunian yang sehat berikut! 

1. Kamar tidur tidak gelap di siang hari

Saat pagi dan siang hari, sinar matahari harus masuk ke kamar tidur. Masuknya sinar matahari ke kamar tidur dapat membantu melancarkan kerja otak dan membuat kamu jadi lebih produktif. Kurang sinar matahari bisa menyebabkan gangguan konsentrasi dan metabolisme tubuh. 

2. Konstruksi bangunan kuat dan terbuat dari bahan yang aman

Salah satu ciri hunian sehat yang paling penting adalah hunian terbuat dari bahan yang aman, bukan bahan yang bisa melepaskan zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Hunian tersebut tergolong sehat jika tidak mengandung lebih dari 300 mg/kg timah hitam, debu tidak lebih dari 150 µgm3 dan asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4 jam. Bukan hanya bahan, hunian yang sehat memiliki konstruksi bangunan yang kuat, kokoh, dan tidak mudah rusak ditempa panas dan hujan. 

3. Kamar mandi kedap air

Hunian kamu disebut sehat jika memiliki kamar mandi yang kedap air. Dinding dan lantai kamar mandi harus berlapis bahan yang kedap air dan mudah dibersihkan. Begitu juga saluran pembuangan air dari kamar mandi harus sudah direncanakan agar tidak mencemari sumber air dan permukaan tanah. 

4. Cukup air dan kondisi air dalam keadaan bersih

Air adalah kebutuhan sehari-hari yang sangat penting bagi kita. Jadi sangat penting jika di hunian kamu terdapat cukup air. Sebuah hunian yang sehat harus bisa mencukupi kebutuhan air para penghuninya. Standar kebutuhan air seseorang sendiri sekitar 6 liter per orang per hari. Tak cuma cukup, kondisi air tersebut juga harus bersih dan tidak memiliki kandungan yang berbahaya dan memenuhi standar air minum yang berlaku. 

Baca Juga :   5 Tips Ampuh Menabung untuk Generasi Milenial

5. Terhadap fasilitas penunjang gaya hidup sehat

Selain kondisi di dalam hunian, fasilitas penunjang juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kamu. Hunian yang sehat menyediakan fasilitas penunjang gaya hidup sehat seperti fasilitas olahraga, yang paling sederhana jogging track atau reflexology path dengan ruang terbuka hijau. Untuk fasilitas yang lebih bergengsi biasanya berupa gym hingga club house swimming pool

6. Punya ruang terbuka hijau dan mudah diakses

Hunian sehat dan ramah lingkungan ditandai dengan tersedianya ruang terbuka hijau yang memadai. Ruang terbuka hijau ramah lingkungan ini berfungsi bukan hanya sebagai area resapan air, tapi juga mengatur sirkulasi udara, mengendalikan polusi, dan menjaga kelembapan udara yang ada di sekitar hunian. 

7. Pemeliharaan yang baik dan terjangkau 

Biaya pemeliharaan ini biasanya meliputi penanganan sampah, sistem daur ulang, kebersihan saluran air di kawasan hunian, hingga jaminan keamanan. Apabila pemeliharaan lingkungan terjamin, maka kebersihan lingkungan di sekitar hunian juga pasti baik untuk kesehatan. Nah, pemeliharaan yang baik ini juga sebaiknya diikuti dengan biaya yang relatif terjangkau supaya tidak memberatkan para penghuni. 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Hunian yang Sehat bagi Kaum Millennials

Ciri-ciri Hunian yang Sehat untuk Tempat Tinggal, Sudah Tahu?

Semua ciri-ciri hunian sehat di atas bisa kamu temukan di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen di Alam Sutera ini menyuguhkan fasilitas penunjang gaya hidup sehat yang bisa membuat penghuninya selalu fit, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain fasilitas pendukung gaya hidup sehat, konstruksi bangunan juga terjamin kuat, air bersih, dengan biaya perawatan yang terjangkau. 

Mengusung konsep Campus Town, apartemen di Tangerang ini menawarkan desain modern yang mudah dipadukan dengan berbagai style interior favorit millennials. Desain apartemen modern Pacific Garden menyatu dengan ruang terbuka hijau di sekitarnya yang membuat hunian ini asri dan nyaman. Tinggal di Campus Town @Alam Sutera, membuat kesehatan fisik dan mental kamu terjaga dengan baik. Lokasi yang berada tepat di depan Mall Alam Sutera ini juga dapat memenuhi kebutuhan kamu dalam keadaan apapun. Cicilan apartemennya juga terjangkau loh, mulai Rp5 jutaan per bulan. Yuk, pilih unitmu sekarang!

Baca Juga :   Penting! Pahami 4 Tips Ini Sebelum Memasang Wallpaper Kamar

Leave a Reply