5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian
5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Bulan Ramadan sudah tiba, ini adalah bulan yang istimewa bagi umat muslim. Di bulan ini, umat muslim menjalankan rukun Islam ke-3 dengan berpuasa satu bulan lamanya. Agar kuat puasa seharian, tentu kamu harus benar-benar mempertimbangkan jenis makanan sehat yang dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat sahur dapat memenuhi kebutuhan energi selama satu hari penuh hingga saat berbuka tiba. 

Menurut Departemen Diet dari Singapore General Hospital (SGH), ketika berpuasa sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh supaya tidak terlalu merasa haus ketika seharian puasa. Lebih detailnya, berikut daftar makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi ketika sahur.

1. Oatmeal

Dibandingkan nasi putih, oatmeal sangat cocok sebagai sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi saat sahur. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang juga kaya akan protein. Selayaknya nasi putih, oatmeal juga bisa diolah menjadi berbagai menu sahur yang lezat. Kamu bisa membuat smoothies oatmeal dengan mencampurkan pisang, susu, strawberry, kemudian blender semuanya hingga halus.

Smoothies dari bahan oatmeal ini bernutrisi tinggi sekaligus bisa jadi menu sahur yang praktis untuk kamu. Kamu juga bisa membuat oatmeal versi gurih yaitu dengan membuat bubur oatmeal yang dicampur dengan ayam, sayur, telur, serta kaldu. 

2. Buah dan sayuran

Buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat waktu kenyang kamu jauh lebih lama. Jangan lupakan kandungan vitamin, mineral, dan phytochemical dalam buah serta sayur yang juga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :   5 Tips Membuat Apartemen Studio Terlihat Luas

Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk menu makan sahur antara lain semangka, melon, jeruk, dan pisang. Untuk sayuran yang baik kamu konsumsi saat sahur seperti timun, sawi, bayam, dan seledri dengan kandungan air yang tinggi. 

3. Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan tinggi protein yang mudah didapat dan harganya pun relatif murah. Telur bisa jadi salah satu menu makan sahur yang akan membuat kamu kenyang lebih lama karena mengandung protein, vitamin, dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi telur saat sahur akan membuat perut merasa kenyang lebih lama karena organ pencernaan memerlukan waktu yang jauh lebih lama untuk mencerna protein.

Menu dengan bahan telur yang bisa kamu buat saat sahur dalam waktu singkat seperti omelette berisi berbagai jenis sayuran dan disantap bersama roti gandum serta tambahan saus sambal. Kamu juga bisa membuat telur orak-arik sebagai lauk nasi. Ingin lebih praktis lagi? Rebus telur hingga matang kemudian campurkan dengan berbagai jenis sayur untuk dijadikan salad. 

4. Ikan 

Serupa dengan telur, ikan adalah salah satu makanan yang merupakan sumber protein tinggi. Selain itu, ikan juga dikenal sebagai makanan yang mampu menambah vitalitas tubuh, sehingga tidak heran jika ikan sangat baik sebagai salah satu teman makan sahur kamu. Ada banyak cara mengolah ikan, akan tetapi disarankan agar kamu tidak mengolah ikan dengan cara digoreng ketika makan sahur. Mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng dapat membuat kamu merasa lebih cepat haus. Sebaiknya olah ikan menjadi pepes, sup, maupun tim.

5. Ubi Jalar

Selain oatmeal, ubi jalar juga salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat baik untuk sahur. Ubi jalar bukan hanya akan memuaskan nafsu makan kamu tetapi juga memastikan bahwa kamu tidak kekurangan nutrisi dalam tubuh selama berpuasa seharian nanti. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan cara dikukus ataupun dipanaskan dalam oven. Salah satu ubi yang baik dikonsumsi untuk sahur adalah ubi madu atau ubi cilembu. 

Baca Juga :   7 Kriteria Memilih Apartemen di Tangerang

Miliki Dapur Modern Minimalis yang Bikin Kamu Hobi Masak Makanan Sehat Hanya di Apartemen Pacific Garden

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian
5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Memasak menu sahur sehat ini bisa kamu lakukan dengan senang hati ketika kamu memiliki dapur yang stylish dengan perabot modern yang lengkap. Tak perlu dapur yang luas, dapur minimalis justru jauh lebih nyaman untuk memasak karena bisa membuat kamu bergerak lebih efisien. Dapur jenis ini bisa kamu temukan di hunian Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini menyediakan desain interior dapur modern yang sesuai dengan style favorit masyarakat urban.


Bukan hanya dapur, bagian apartemen lainnya juga didesain semodern mungkin untuk memberikan pengalaman tinggal yang nyaman. Tak lupa apartemen Tangerang ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang gaya hidup stylish millennials, mulai dari kolam renang, sky garden, hingga coworking space. Letaknya juga strategies, sehingga sangat sesuai bagi kamu yang aktif dan dinamis. Miliki unit apartemen murah Tangerang ini sekarang dengan cicilan mulai Rp5 jutaan saja.

Leave a Reply