5 Tips Ampuh Agar Hunian Bebas Dari Virus Covid-19

5 Tips Ampuh Agar Hunian Bebas Dari Virus Covid-19

Saat ini hunian adalah tempat paling aman untuk berlindung dari penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu kamu harus selalu menjaga agar hunian tetap bersih dan bebas dari virus ini. Lantas seperti apa cara ampuh yang bisa diterapkan agar hunian bebas dari virus Covid-19? Berikut langkah yang bisa kamu terapkan!

1. Selalu bersihkan wastafel

Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan yang harus sering dilakukan selama pandemi Covid-19 ini. Karena cuci tangan dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyebaran Covid-19. Terutama saat kamu baru saja kembali dari luar hunian dan menyentuh permukaan benda yang berpotensi menyebarkan virus, atau memegang hewan ketika ingin makan dan saat akan melakukan kontak dengan area wajah. 

Karena mencuci tangan jadi salah satu kegiatan penting saat masa pandemi Covid-19, maka ada baiknya kamu juga sering-sering membersihkan area wastafel di rumah agar bebas dari virus. Dengan membersihkan wastafel, maka kamu dapat membatasi area permukaan tempat virus dapat mendarat dan bertahan hidup. Bersihkan wastafel dengan desinfektan untuk mencegah virus menyebar serta menginfeksi siapapun. Selain permukaan wastafel, jangan lupa untuk membersihkan putaran kran yang sering tersentuh tangan. 

2. Rutin membuka jendela

Cara kedua untuk memastikan hunian bebas dari virus Covid-19 adalah dengan rutin membuka jendela setiap harinya. Meningkatkan jumlah udara segar yang masuk ke dalam rumah dapat meminimalisir jumlah kontaminan yang ada di dalam ruangan, termasuk salah satunya virus di udara. 

Baca Juga :   5 Bisnis Properti Menguntungkan untuk Kaum Millennial

Dikutip dari grid.id, Kevin Van Den Wymelenberg yang merupakan penulis sekaligus profesor di School of Architecture and Environment di University of Oregon mengatakan jika adanya udara segar dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih baik, tak hanya itu udara segar yang ada dalam rumah juga dapat membuat suasana hunian jadi tidak pengap dan lebih fresh. Cara ini bisa diterapkan di berbagai jenis hunian, baik itu rumah petak ataupun hunian vertikal. 

3. Membuka tirai agar sinar matahari bisa masuk ke rumah

Ada anjuran yang mengatakan jika salah satu cara mencegah virus Covid-19 menginfeksi tubuh adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Rupanya cara ini bisa kamu terapkan juga untuk hunian. Dengan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam hunian, maka hal tersebut secara tidak langsung mampu memberikan perlawanan pada virus yang ada di dalam hunian itu sendiri. Hal ini karena sinar UV dapat merusak sebagian besar mikro organisme dan virus, termasuk virus Covid-19.

Seorang peneliti sekaligus profesor di University of Oregon’s College of Design mengungkapkan jika dirinya memiliki bukti yang tertuang dalam literatur atau jurnal bahwa sinar UV dapat menonaktifkan virus influenza dan virus lainnya. Selain itu, sinar UV juga bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh dan hunian saja, sinar ini juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan psikologis dan bebas dari virus.

4. Memakai pelembab ruangan

Dilansir SCMP, tim peneliti dari Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, Ibu Kota Provinsi Guangdong China Selatan menemukan fakta bahwa suhu dapat secara signifikan mengubah transmisi Covid-19 dan mungkin ada suhu terbaik untuk penularan virus. Virus Covid-19 ini sangat sensitif terhadap suhu tinggi. Mengacu pada penelitian ini, kamu bisa meningkatkan persentase molekul air di udara. Molekul air di udara ini nantinya dapat merusak selaput bagian luar virus sehingga memungkinkan jangka waktu hidup virus jauh lebih singkat.

Baca Juga :   Deretan Mall di Tangerang yang Harus Anda Kunjungi

Kelembaban juga dapat mempengaruhi seberapa baik tubuh kamu dalam mempertahankan diri terhadap patogen dan partikel lain, termasuk virus. Virus Covid-19 ini masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir, seperti mata, hidung, dan mulut kita. Biasanya udara dalam ruangan cenderung mengeringkan selaput tersebut, membuat tubuh kita lebih rentan terhadap patogen. Dengan menjaga kelembaban suhu ruangan jadi lebih tinggi maka memungkinkan garis pertahanan pertama tubuh bekerja secara optimal. 

5. Cara tepat membersihkan hunian

Cara membersihkan hunain juga menentukan apakah kamu bisa terinfeksi virus atau tidak. Saat membersihkan hunian, gunakanlah sarung tangan sekali pakai. Kemudian saat membersihkan permukaan benda, gerakkanlah tangan dengan membentuk huruf S dan pastikan semua permukaan benda terjangkau. 

Untuk proses desinfeksi, kamu bisa membuat sendiri larutannya menggunakan pemutih rumah tangga dalam bentuk cair. Salah satunya dengan larutan alkohol (70%) atau membuat desinfektan mandiri yang sudah terdaftar dalam Environmental Protection Agency (EPA), caranya dengan mencampurkan 4 sendok teh pemutih dengan 1 liter air. 

Pacific Garden, Hunian Modern Bebas Virus untuk Pola Hidup yang Lebih Sehat dan Bersih

5 Tips Ampuh Agar Hunian Bebas Dari Virus Covid-19
5 Tips Ampuh Agar Hunian Bebas Dari Virus Covid-19

Selain melakukan kelima cara tersebut, kamu juga harus tinggal di hunian yang mendukung pola hidup sehat dan bersih. Hunian yang dapat menjamin pola hidup dan bebas dari virus seperti ini tak lain adalah Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen di Tangerang ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang gaya hidup sehat kamu. Mulai dari fasilitas olahraga ringan seperti jogging track, hingga fasilitas olahraga khusus seperti kolam renang, fitness center, dan yoga deck yang mana semua fasilitas ini dibangun khusus untuk kamu. 


Lingkungan dengan fasilitas yang mendukung bisa mendukung pola hidup sehat dan bersih yang diidam-idamkan jauh lebih mudah terlaksana. Memiliki hunian di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera membuat kamu selangkah lagi lebih dekat mewujudkan pola hidup sehat demi terhindar dari berbagai virus dan penyakit terlebih saat masa-masa pandemi Covid-19 seperti ini. Miliki unit apartemen murah Tangerang ini sekarang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik nanti!

Baca Juga :   5 Kelebihan Bisnis Properti yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply