5 Cara Belanja Aman di Supermarket Agar Bebas dari Virus

5 Cara Belanja Aman di Supermarket Agar Bebas dari Virus
5 Cara Belanja di Supermarket Agar Tetap Aman dari Virus Covid-19

Pandemi Covid-19 yang sudah menyebar di Indonesia sejak bulan Februari lalu mengharuskan masyarakat belanja aman untuk mematuhi prosedur PSBB, WFH, dan juga social distancing. Bahkan banyak fasilitas publik yang berhenti beroperasi sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini sendiri.

Namun meski harus berdiam diri di rumah, kamu pasti akan melakukan aktivitas di luar rumah juga seperti belanja misalnya. Belanja sendiri adalah salah satu aktivitas wajib yang harus kamu lakukan demi memenuhi kebutuhan harian selama masa PSBB. Supaya kamu tidak merasa was-was saat belanja untuk kebutuhan harian, berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan mulai sekarang. Simak, yuk!

1. Memakai masker 

Memakai masker adalah tindakan wajib yang harus kamu lakukan saat belanja di supermarket atau pasar. Hal ini sesuai dengan saran dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Hal ini bertujuan untuk menjaga jarak secara maksimal saat berada di tempat umum, mengingat pasar sendiri merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi. Memakai masker adalah salah satu cara sederhana untuk memperlambat penyebaran Covid-19. Bagi yang sehat, kamu bisa memakai masker kain yang bisa ditemukan di berbagai online shop. Jangan gunakan masker bedah atau masker N-95 karena kedua jenis masker ini diperuntukkan bagi tenaga medis.

2. Jaga jarak

Pasar atau supermarket adalah tempat yang selalu ramai, karenanya itu penting bagi kamu untuk selalu menjaga jarak fisik setidaknya 2 meter dari orang lain. Jarak ini berlaku bagi kamu ke calon pembeli lainnya atau antara kamu dan kasir atau penjual. Hindari berada di area pasar atau supermarket yang berdesak-desakan apalagi saat mengantri pembayaran di kasir. Kamu bisa beri jarak antrian setidaknya 2 meter dengan pengantri lainnya. 

Baca Juga :   7 Fakta Menakjubkan Bagi Kamu yang Rutin Berenang

3. Sentuh barang yang hanya akan dibeli

Jika biasanya saat belanja kamu ada kecenderungan untuk menyentuh barang-barang yang dilihat meski tidak dibeli. Saat ini cobalah untuk menahan hasrat penasaran lebih dulu dengan menyentuh barang-barang yang hanya akan dibeli saja. Ambillah barang tanpa harus memilih-milih dan menyentuh bagian yang tidak perlu. Untuk menghindari menyentuh barang yang tidak diperlukan, sebaiknya kamu membuat list barang belanjaan di rumah supaya benar-benar tahu barang apa saja yang kamu butuhkan dan sudah pasti akan dibeli. 

4. Belanja di jam yang sepi

Salah satu cara menghindari keramaian di lokasi belanja adalah dengan belanja di jam-jam yang sepi. Orang memiliki kecenderungan untuk belanja di supermarket atau pasar saat pagi hari hingga siang hari, sehingga kamu bisa mengubah jadwal belanja pada saat sore hingga menjelang malam hari. Belanja di jam sepi bukan hanya sebagai salah satu upaya untuk menghindari keramaian dan penularan Covid-19, tetapi juga membuat kamu jadi lebih leluasa saat memilih barang.

5. Bersihkan belanjaan sebelum dan sesudah belanja

Sebuah situs kesehatan luar bernama Healthline menjabarkan fakta sebuah penelitian tentang virus Covid-19. Dikatakan jika virus ini bisa tetap aktif pada permukaan plastik dan stainless dalam jangka waktu 3 hari. Selain dua bahan ini, virus ini juga bisa bertahan selama beberapa jam bahkan beberapa hari pada berbagai permukaan lain. Oleh karena itu, ketika kamu berbelanja di supermarket pastikan untuk membersihkan belanjaan sesudah aktivitas belanja dengan disinfektan. Beberapa supermarket pun biasanya sudah menyediakan tim khusus untuk membersihkan keranjang belanjaan dengan desinfektan setelah dipakai para pelanggan.

Selain pakai masker, penting juga untuk mengingat guna tidak mudah menyentuh wajah, hidung, atau mulut. Melalui anggota tubuh ini, virus Covid-19 jauh lebih cepat menular. Sebelum menyentuh mata, hidung, atau area wajah ada baiknya bersihkan tangan dan jari dengan hand sanitizer lebih dulu.

Baca Juga :   6 Trik Agar Apartemen Anda Ramai Penyewa

Pacific Garden, Apartemen Super Strategis yang Dekat dengan Berbagai Fasilitas Publik Agar Bisa Belanja Aman

5 Cara Belanja Aman di Supermarket Agar Bebas dari Virus
5 Cara Belanja Aman di Supermarket Agar Bebas dari Virus

Selain menerapkan keenam tips di atas, kamu bisa mencoba menerapkan strategi untuk belanja kebutuhan harian secara online atau memilih lokasi supermarket serta pasar yang dekat dari hunian pribadi. Apalagi saat ini banyak sekali hunian yang menawarkan lokasi strategis dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti misalnya pusat belanja. Salah satu hunian yang menawarkan keuntungan ini adalah Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. 

Hunian vertikal ini dekat dengan berbagai pusat belanja seperti Mall @Alam Sutera, All Fresh, Giant Ekstra, LOTTE MART Alam Sutera, dan Living World. Pusat-pusat perbelanjaan ini sangat mudah diakses dengan berbagai moda transportasi umum dari apartemen. Selain dekat dengan pusat belanja, Apartemen Alam Sutera ini juga dekat dengan fasilitas publik lain seperti rumah sakit, kampus (BINUS, Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong, Swiss German University), dan gedung perkantoran. 

Tak hanya itu, Apartemen Tangerang ini juga menyediakan fasilitas modern penunjang gaya hidup stylish masyarakat urban, sehingga kualitas hidup praktis dan efisien kamu pasti terjamin. Dengan cicilan ringan hanya Rp5 jutaan per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan unit di Apartemen Murah Tangerang ini!

Leave a Reply