Work From Home Lebih Produktif dan Anti Bosan Dengan 5 Tips Jitu Berikut!

Work From Home Lebih Produktif dan Anti Bosan Dengan 5 Tips Jitu Berikut!

Sejak bulan Maret lalu, pemerintah telah meminta masyarakat untuk bekerja dari rumah atau menerapkan sistem Work From Home (WFH). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. 

Work From Home sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagian orang merasa jika work from home biasanya membuat mereka tidak tahu kapan pastinya jam kerja mereka bisa selesai, karena antara jam kerja dan waktu personal jadi satu. Selain itu, kendala lain yang sering dihadapi ketika work from home adalah perasaan bosan dan kesepian yang sering menghantui. Supaya kamu tidak merasakan hal ini, kamu bisa kok menerapkan beberapa tips berikut!

1. Saatnya membereskan barang ala Marie Kondo

Jika selama ini hunian kamu dirasa kurang terawat atau membosankan. Saatnya momen Work From Home ini kamu gunakan untuk membereskan barang-barang yang ada di rumah dengan bantuan teknik beres-beres ala Marie Kondo. Serial Tidying Up di Netflix sangat populer sehingga banyak orang mencoba mengaplikasikannya untuk hunian mereka pribadi. Kegiatan ini dapat mengusir rasa bosan sekaligus memberikan ruang yang lebih luas di kamar atau hunian kamu. 

Kamu bisa memulai dengan menyeleksi barang-barang mana saja yang masih diperlukan dan tidak. Bila barang tersebut memang masih dibutuhkan ke depannya maka simpan, namun jika tidak maka bisa kamu berikan atau sumbangkan kepada yang lebih membutuhkan.

2. Jangan malas, ayo olahraga!

Merasa tidak bergairah dan malas memulai hari? Saatnya kamu bergerak dengan cara olahraga. Manfaatkan waktumu selama Work From Home dengan rutin berolahraga di pagi hari. Kamu bisa menyisihkan waktu setidaknya selama 15 hingga 20 menit setiap hari untuk berolahraga. 

Saat bangun tidur jangan bermalas-malasan, cobalah untuk langsung ke kamar mandi, gosok gigi, cuci muka, dan gunakan pakaian olahraga. Kamu bisa memutar playlist fitness influencer dari YouTube dan menerapkan cara olahraga mereka di rumah. Beberapa pilihan jenis olahraga yang bisa kamu coba seperti yoga, body workout, tabata, bodycombat hingga kardio.

3. Memasak

Kalau selama ini kamu tinggal sendiri dan lebih suka beli makanan di luar, sekarang saatnya kamu meningkatkan skill dalam bidang memasak. Manfaatkan peralatan memasak sederhana yang ada di dapur kamu untuk membuat menu makanan sederhana. Kamu bisa memulai dengan mencoba cara mengolah roti atau telur. Ada banyak sekali resep roti dan telur yang bisa kamu coba dari cooking guru di YouTube. Setelah cukup mahir mengolah berbagai roti dan telur, kamu bisa beralih ke skill memasak level medium seperti mencoba memasak meal prep untuk stok makanan selama beberapa hari ke depan. Skill memasak ini adalah salah satu skill yang masih akan terus berguna ketika masa Work From Home ini usai.

4. Mendekorasi ruang kerja 

Salah satu cara supaya betah kerja di rumah adalah dengan mendekorasi ruang kerja jadi lebih Instagenic. Jaka dulunya kamu terbiasa bekerja dengan laptop di atas tempat tidur atau sambil rebahan di sofa dan membiarkan meja kerja berantakan dengan tumpukan file. Sekarang saatnya kamu membersihkan meja kerja tersebut. 

Dekorasi bisa dilakukan dengan memasang grid wire di depan dinding meja kerja untuk meletakkan agenda, jadwal kegiatan, atau catatan di sana. Supaya pikiran lebih fresh tambahkan juga tanaman indoor ukuran kecil seperti kaktus, daun sirih, ataupun tanaman kering. Supaya mood selalu meningkat ketika bekerja, tempelkan quotes penyemangat atau poster visi misi di ruang kerja tersebut.

5. Ikut challenge di sosial media

Ikutan challenge yang sedang marak di sosial media juga bisa jadi salah satu cara untuk mengusir rasa bosan. Kamu bisa mengunduh aplikasi TikTok yang saat ini sedang populer kemudian melihat challenge apa yang sedang berlangsung. Dengan mengikuti challenge ini kamu secara tidak langsung sudah menggali ide kreatif yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Selain dance, challenge yang menarik adalah push up challenge atau squat challenge yang bisa dilakukan secara duet dengan teman di TikTok.

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Tempat Tinggal Nyaman Bagi Kamu yang Work From Home

Work From Home Lebih Produktif dan Anti Bosan Dengan 5 Tips Jitu Berikut!

Itu tadi kelima kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama fase Work From Home dan karantina di rumah akibat Covid-19. Di masa ini, kamu yang memutuskan untuk memiliki hunian apartemen memiliki lebih banyak keuntungan dibanding orang yang tinggal di rumah petak karena apartemen menawarkan fasilitas penunjang gaya hidup yang sangat lengkap, seperti Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera misalnya. Apartemen Tangerang ini menyediakan fasilitas olahraga, ruang baca, coworking space, sky garden, jogging track, hingga restoran.

Fasilitas ini dapat kamu manfaatkan selama Work From Home kapan pun kamu butuhkan, misalnya di pagi hari kamu dapat berlari di jogging track yang ada di kompleks apartemen. Saat bosan bekerja di unit apartemen pun, kamu bisa pergi ke coworking space. Soal menu makan juga tak perlu pusing karena sudah ada restoran yang menyediakan berbagai menu masakan rumahan. Memiliki hunian di Apartemen Alam Sutera ini membuat hidup kamu jauh lebih praktis. Miliki unit apartemen murah Tangerang ini sekarang juga! Dengan cicilan mulai Rp5 juta saja kamu sudah bisa mendapatkan unit apartemen furnished dengan interior modern.

Leave a Reply