6 Cara agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Menjalankan Puasa

6 Cara agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Menjalankan Puasa

Ketika bulan Ramadan tiba, seluruh umat muslim di dunia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selain sebagai kewajiban, puasa ternyata juga memiliki banyak manfaat agar kesehatan tubuh sehat dan bugar. Puasa menjadi salah satu sarana detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Sayangnya proses detoksifikasi ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat ketika puasa. 

Supaya puasa kamu berjalan lancar, kondisi tubuh tetap fit, dan tidak mudah sakit, cobalah untuk menerapkan beberapa cara sederhana agar tubuh kamu sehat dan bugar berikut ini!

1. Hindari makanan berminyak

Menu makanan berbuka yang diolah secara digoreng memang sangat nikmat. Hal ini karena seharian perut dalam kondisi kosong sehingga menambah kenikmatan. Namun sebaiknya kamu menghindari segala jenis makanan dalam bentuk gorengan saat berbuka puasa, karena hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

2. Penuhi kebutuhan akan cairan tubuh

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Selama puasa, kita tetap membutuhkan asupan cairan yang sama seperti saat kita tidak berpuasa. Karena itu, minumlah air putih dalam jumlah yang sama, yaitu setidaknya 8 hingga 12 gelas per hari agar tetap fit saat puasa. Kamu bisa membaginya dalam 2 waktu, yaitu 5 gelas saat berbuka dan 3 gelas sisanya saat sahur.

Selain mengonsumsi air putih, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein selama bulan Ramadan. Kafein bersifat diuretik yang dapat membuat kamu jadi lebih sering kencing sehingga menurunkan jumlah cairan dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan tubuh jadi dehidrasi, padahal selama puasa kamu butuh banyak cairan.

3. Kurangi makan makanan yang manis

Jangan percaya dengan slogan, berbukalah dengan yang manis! Justru saat bulan puasa kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis. Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka puasa untuk menormalkan gula dalam darah, akan tetapi kamu juga harus memperhatikan kadar minuman manis yang masuk ke dalam tubuh. Berbukalah dengan makanan yang mengandung manis alami seperti buah atau kurma, jangan mengonsumsi makanan manis yang terbuat dari gula. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan saat Ramadan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. 

4. Sahur dengan menu sehat dan bugar

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan adalah dengan tidak melewatkan sahur. Tapi perlu diingat, jika menu yang kamu makan saat sahur harus benar-benar bernutrisi dan kaya akan vitamin. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, oat, protein (telur, daging, ikan), sayur, dan buah yang akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sementara buah kurma, biji-bijian, pisang, dan segala jenis sayur dapat memberikan asupan serat yang tinggi.

5. Tidur Cukup 

Selain mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu juga harus memiliki waktu tidur yang cukup. Setidaknya kamu harus tidur selama 7-8 jam sehari supaya tidak mudah mengantuk saat menjalankan ibadah puasa. Jika harus bangun dini hari untuk menyiapkan sahur, kamu harus tidur lebih cepat agar tubuh kamu sehat dan bugar, setidaknya pukul 22:00 WIB adalah waktu paling lambat bagi kamu tidur di malam hari. 

6. Olahraga

Puasa bukan jadi halangan bagi kamu untuk melakukan aktivitas olahraga. Justru selama puasa kamu dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga rutin. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih fit, tidak mudah lemas, dan asupan energi terjaga. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan saat menjelang waktu berbuka puasa seperti olahraga yoga, jalan kaki, body workout, ataupun jogging selama 30 menit agar tubuh kamu sehat dan bugar.

Pacific Garden, Hunian Stylish yang Ditunjang Beragam Fasilitas Gaya Hidup Modern

6 Cara agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Menjalankan Puasa
6 Cara agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Menjalankan Puasa

Semua jenis olahraga tersebut bisa kamu lakukan jika tinggal di hunian yang menyediakan fasilitas penunjang gaya hidup modern, seperti Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Hunian vertikal ini mengusung konsep modern living untuk generasi muda. Ada banyak fasilitas olahraga modern seperti kolam renang, jogging track, fitness center, hingga yoga deck yang bebas kamu gunakan sewaktu-waktu. Adanya berbagai jenis fasilitas ini membuat kamu lebih leluasa memilih jenis olahraga mana yang ingin dilakukan setiap harinya. Malas pergi ke luar unit apartemen? Kamu bisa olahraga di dalam apartemen dengan panduan dari YouTube. 

Tinggal di Apartemen Tangerang dekat binus alam sutera ini kamu bisa menikmati streaming YouTube yang sangat lancar karena adanya jaringan internet super cepat. Selain dua keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki unit apartemen Alam Sutera ini. Pilih unit apartemen kamu sekarang, dengan mengunjungi laman pacificgarden.co.id!

Leave a Reply