6 Tanaman Indoor Terbaik Penangkal Polusi Rumah Anda

6 Tanaman Indoor Terbaik Penangkal Polusi Rumah Anda
6 Tanaman Indoor Terbaik Penangkal Polusi Rumah Anda

Polusi udara dapat membawa berbagai macam penyakit. Sirkulasi udara merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat membangun suatu hunian. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik maka peredaran udara di dalam rumah tidak berganti dengan baik. Sirkulasi udara di dalam ruangan bisa dibantu dengan meletakkan pohon atau tanaman hias tertentu. Tanaman indoor pembersih udara ini disediakan oleh alam untuk dijadikan “penyelamat”. Selain berfungsi sebagai dekorasi, fungsi tanaman indoor bisa menjadi alat peredaran udara yang akan terus diperbaharui dengan oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut. Bahkan beberapa tanaman indoor ada yang memiliki fungsi sebagai pembersih udara, dengan menyerap udara kotor dan menggantinya dengan oksigen baru yang sehat. Inilah tanaman untuk membersihkan udara ruangan Anda.

Boston Ferns (Pakis Boston)

boston ferns
boston ferns

Tanaman yang biasa disebut juga dengan tanaman pakis ini memiliki salah satu manfaat yaitu sebagai tanaman yang mampu membersihkan udara dalam ruangan dengan baik. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga mengatakan bahwa tanaman Boston Fern ini termasuk tanaman 10 besar sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan terbaik. Tanaman ini cukup mudah ditemui dan harganya pun terjangkau. Tanaman ini terbukti dapat melembabkan udara di ruangan sekitar. 

Palem Bambu

palm bambu
palm bambu

Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang banyak dipilih sebagai jenis tanaman hias, contohnya seperti dekorasi ruangan. Tanaman palem ini cocok tumbuh di Indonesia karena berasal dari negara Meksiko dan Amerika Tengah yang sama – sama memiliki iklim tropis. Palem Bambu dikenal sebagai tanaman yang mampu membersihkan udara dan juga menyerap zat – zat kimia yang mencemari udara. 

Baca Juga :   5 Cara Investasi Properti dengan Gaji Dibawah Rp10 Juta

Lidah Mertua

lidah mertua
lidah mertua
Sumber : patchplants.com

Di negara barat, tanaman ini lebih sering disebut dengan Sneak Plant dikarenakan bentuknya yang bercorak menyerupai ular. Jenis tanaman hias ini dikenal sebagai tanaman yang mampu membersihkan udara dari berbagai zat polutan, asap rokok, hingga radiasi nuklir. Tidak hanya di dalam ruangan, namun tanaman ini juga cocok untuk ditaruh di luar ruangan. Dengan 5 sampai 6 lembar daun Lidah Mertua ini mampu membersihkan udara di ruangan sampai dengan 100 m3.

Lidah Buaya 

lidah buaya
lidah buaya

Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genius Aloe. Tanaman ini sudah dikenal dimana fungsinya untuk kecantikan, namun Lidah Buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai tanaman pembersih udara. Lidah Buaya membantu menyerap zat bahaya seperti formalin dan benzene yang biasa terdapat pada cat dinding atau produk pembersih. 

Spider Plant

spider plant
spider plant

Spider Plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Spider Plant mampu menyerap benzene, formaldehida yang disebabkan asap knalpot dan tembakau, karbon monoksida, dan xilena serta mampu menyerap bahan kimia pada karet dan pencetakan yang akan membersihkan udara. Selain itu tanaman ini juga dapat membuat udara lebih lembab. Untuk merawat tanaman Spider Plant cukup mudah, Anda bisa memberinya cahaya matahari tidak langsung setiap harinya. 

Sirih Gading

sirih gading
sirih gading
Sumber : tribunnewswiki.com

Tanaman ini juga termasuk salah satu tanaman indoor yang memiliki keunggulan sebagai pembersih udara dalam ruangan dengan baik. Selain karena bentuknya yang cantik, tanaman ini juga bersahabat dengan penderita asma dan alergi. Sirih Gading dapat menyerap urea (uap zat sisa feses atau urin) yang membuat kamar mandi bahkan kamar tidur berbau tidak sedap. Namun tanaman yang satu ini merupakan tanaman beracun yang sebaiknya dijauhkan dari anak – anak dan hewan peliharaan. 

Baca Juga :   5 Bukti Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera Sangat Strategis

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Cocok bagi Kamu Penggemar Tanaman Indoor

Seperti Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera misalnya, apartemen di Tangerang ini menawarkan harga yang sangat rasional. Dengan cicilan Rp5 jutaan kamu sudah bisa memiliki unit Apartemen Murah Tangerang ini. Jumlah cicilan tersebut terbilang ekonomis mengingat lokasi Apartemen Pacific Garden berada di kawasan yang sangat strategis, yaitu di Alam Sutera yang dekat pusat belanja, gedung perkantoran, dan juga pusat pendidikan. Berminat memiliki unit apartemen Alam Sutera ini? Kunjungi halaman pacificgarden.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Leave a Reply