Bahaya Makan Diatas Jam 9 Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Makan Diatas Jam 9 Malam Bagi Kesehatan Tubuh
Bahaya Makan Diatas Jam 9 Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Makan malam seperti ini biasa dilakukan lantaran demi menonton sebuah pertandingan di televisi bahkan karena menumpuknya tugas yang harus diselesaikan. Ketika otak kita bekerja dan tubuh kita belum tertidur maka kesehatan tubuh sistem pencernaan terus berjalan dan mengakibatkan lapar. Rasa lapar pun datang dan tidak bisa dihindari yang akhirnya makan malam terjadi. Yang banyak orang ketahui dampak dari makan tengah malam adalah perut buncit, namun ternyata banyak sekali bahaya makan tengah malam yang bisa terjadi pada tubuh Anda. Makan malam memang bisa membuat tidur semakin nyenyak. Akan tetapi inilah beberapa bahaya bagi kesehatan tubuh jika makan tengah malam.

Perut Menjadi Buncit

perut buncit
perut buncit

Ahli Gizi dari RS Indriati Solo Baru menganjurkan makan malam sebaiknya dilakukan sebelum pukul 18.00 WIB atau maksimal tiga jam sebelum tidur. Pada malam hari, tubuh secara alami akan mengistirahatkan organ-organnya karena mempersiapkan diri untuk tidur. Kondisi tersebut membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi tidak terbakar, dan mengakibatkan perut buncit.

Asam Lambung Naik

asam lambung naik
asam lambung naik

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma mengatakan bahwa maag bisa kambuh di tengah malam. Hal ini terjadi karena penderita maaf makan sebelum tidur sehingga mempermudahkan makanan kembali dari lambung ke rongga mulut saat tidur. Jika tidak ada jeda antara makan malam dan waktu tidur, tubuh akan kesulitan dalam mencerna. Maka berikanlah setidaknya jeda 2 jam antara makan dan waktu tidur.

Berat Badan Naik

berat badan naik
berat badan naik

Salah satu bahaya dari makan tengah malam asalah menaikkan berat badan. Tidak hanya itu, makan tengah malam juga berisiko mengalami peningkatan glukosa dan insulin dalam tubuh. Tingginya kadar glukosa dan insulin menyebabkan penyakit seperti diabetes. Berat badan naik karena kalori tidak digunakan oleh tubuh dan akhirnya menumpuk. Kelebihan kalori dari makanan akhirnya akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan dalam bentuk lemak.

Baca Juga :   Syarat Jual Beli Apartemen yang Wajib Kamu Tahu

Mengubah Nafsu Makan

nafsu makan
nafsu makan

Tubuh memiliki hormon yang bernama ghrelin, yang “memberi tahu” kapan Anda harus makan atau memicu rasa lapar. Orang yang terbiasa makan siang hari, produksi hormon ghrelinnya akan terjadi siang hari. Hal ini membuat Anda akan merasa lebih kenyang saat malam hari. Jika Anda terbiasa makan di malam hari, maka fungsi hormon akan berbalik dan tidak dapat bekerja maksimal. 

Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

risiko serangan jantung
risiko serangan jantung

Peneliti dari Dokuz Eylul University, Turki, telah menemukan bahwa makan tengah malam dapat meningkatkan risiko menderita serangan jantung. Makan malam yang kemaleman akan memberi dampak paling nyata terhadap tekanan darah pada malam hari.

Utamakan Kesehatan Tubuh Kamu dengan Berolahraga di Pacific Garden Campus Town

Beda ceritanya jika kamu tinggal di sebuah apartemen dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Kamu bisa melakukan banyak pilihan olahraga seperti berenang, yoga, jogging, zumba, hingga jogging track di satu lokasi sekaligus. Ragam fasilitas penunjang pola hidup sehat ini bisa kamu nikmati di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera.

Apartemen di Alam Sutera Tangerang yang terletak persis di seberang Mall Alam Sutera ini menyediakan semua fasilitas olahraga yang kamu butuhkan, mulai dari jogging track, kolam renang, yoga deck, fitness center, dan juga jalur refleksologi. Kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut sepuasnya, tanpa harus khawatir dengan penghuni lain.

Dengan fasilitas olahraga lengkap untuk menunjang gaya hidup sehat kamu, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah hunian yang tepat untuk kamu. Tak perlu resah soal harga karena apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini menawarkan cicilan ringan mulai Rp5 jutaan per bulan. Dengan cicilan yang ringan ini jangan ragu untuk menjadikan apartemen murah Tangerang ini sebagai hunian impian atau sarana investasi kamu. 

Baca Juga :   5 Manfaat Luar Biasa Punya Hobi Jalan Kaki ke Kampus 

Leave a Reply