6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

You are currently viewing 6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Perkara mengatur keuangan memang tidaklah mudah, apalagi kadang kamu sering terjebak memilah antara keinginan dan kebutuhan. Kebiasaan sulit membedakan kebutuhan dan keinginan ini yang membuat millenials hingga saat ini sulit untuk menabung dan berhemat.

Sebetulnya ada banyak tips belanja yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Hemat di sini bukan dengan cara mengurut hingga menyiksa diri. Melainkan belajar mengurangi gaya hidup supaya pengeluaranmu lebih hemat. Ini dia beberapa tips belanja, semoga bisa membantu, ya!

1. Membuat Daftar Kebutuhan yang Harus Dipenuhi

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

tips belanja mudah menghemat uang belanja yaitu dengan rutin mengecek stok barang atau kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan tersebut bisa macam-macam, mulai dari bumbu dapur, minyak goreng, dan lain-lain. Jika sederet kebutuhan tadi habis dan sudah waktunya untuk membeli, kamu bisa membuat catatan dan memasukkannya ke dalam “daftar barang yang akan dibeli”. Ini akan membantu untuk mengontrol pengeluaran. Setelah mengetahui barang-barang apa yang harus dibeli, sisa uangnya dapat dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tak kalah penting. 

2. Hindari Melihat Barang Diskon

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Salah satu penyebab yang sering membuat kamu makin boros yaitu keseringan lihat diskon. Saat pergi ke mall atau buka aplikasi belanja online lalu melihat diskon, keinginan membeli pun muncul karena adanya pikiran, “lebih baik beli sekarang dan dipakai nanti”. Diskon memang tidak sepenuhnya buruk karena bisa mengurangi pengeluaran. Namun, kamu harus tetap bijak dalam membeli agar tidak konsumtif. Kalau barang yang kamu butuhkan sedang ada penawaran khusus, beli seperlunya saja. Namun, kalau ada barang lain yang diskon dan kamu tidak benar-benar membutuhkannya, sebaiknya tidak perlu dibeli. 

Baca Juga :   Ini Dia 4 Tips Dekorasi Kekinian Untuk Apartemenmu

3. Membandingkan Harga Barang 

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Kadang, barang yang sama bisa dijual dengan harga berbeda di tempat yang berbeda pula. Misalnya, harga sebuah gula di supermarket A ternyata lebih mahal daripada di supermarket B. Meski perbedaannya tidak terlalu signifikan, ini akan sangat membantu jika kamu belanja dalam jumlah banyak. Cara ini juga berlaku ketika kamu membeli barang secara online.

4. Belanja Sendirian

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Buat kamu yang sering ditemani orang lain ketika berbelanja, mulai dari sekarang cobalah untuk pergi sendiri. Kehadiran orang lain bisa mempengaruhi kamu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan jatuhnya berakhir boros. Belanja sendiri jauh lebih hemat dan cepat karena kamu hanya terfokus membeli kebutuhan sendiri saja. 

5. Manfaatkan Promo Sebaik-Baiknya

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Pusat perbelanjaan seperti supermarket atau fresh market biasanya sering menawarkan promo cuma-cuma kepada konsumen. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa potongan harga buy 1 get 1 atau tebus murah. Biasanya, penawaran tersebut sering diberlakukan di akhir pekan, bulan, atau hari-hari besar. Maka itu, rajin-rajinlah memantau katalog supermarket yang ingin kamu tuju biar lebih hemat. Pastikan pengeluaran kamu tetap terkendali dan belanja sesuai kebutuhan saja. 

6. Menanam Sayur-Mayur Sendiri

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Ada lagi tips belanja lain untuk menghemat pengeluaran, yaitu dengan membudidayakan makanan sendiri. Kamu bisa menanam sayur-mayur apa saja, mulai dari bayam, kangkung, bawang, atau cabai di halaman belakang rumah. Jika sudah waktunya untuk panen, kamu hanya perlu memetik dan memasaknya langsung. Jadi, nggak perlu beli lagi, deh. Kalau punya halaman yang cukup luas, kamu bisa menanam sayur mayur tadi dalam jumlah banyak. Ketika panen, hasilnya bisa dijual ke tetangga, warung, atau pedagang keliling untuk menambah penghasilan. Cara merawatnya mudah, tak menghabiskan banyak waktu juga tenaga. Ide yang menarik bukan?

Baca Juga :   7 Hobi Populer selama Pandemi. Kamu Suka yang Mana?

Hemat Pengeluaran Demi Investasi Properti Apartemen Pacific Garden untuk Masa Depan

6 Tips Belanja Bulanan supaya Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Dengan belajar menghemat pengeluaran bulanan, kamu bisa mulai bisa mencicil investasi sedini mungkin. Sisa budget belanja kebutuhan harian bisa kamu sisihkan sebagai budget investasi untuk membeli properti mengingat properti adalah instrumen investasi yang paling menjanjikan. 

Salah satu investasi properti yang menguntungkan masa kini dan masa depan adalah apartemen Apartemen Pacific Garden Campus Town @ Alam Sutera. Ini adalah hunian idaman bagi 12.000 mahasiswa yang letaknya ada di kawasan kota mandiri Alam Sutera, hanya 3 menit dari Tol Alam Sutera. 

Letaknya sangat strategis, selangkah dari 3 universitas ternama Indonesia: BINUS, SGU (Swiss German University), dan UBM (Universitas Bunda Mulia). Hanya 5 menit dari berbagai fasilitas publik Tangerang seperti IKEA, Mall Living World, Pasar 8, Food Center Flavor Bliss, Rumah Sakit Omni, Pet Kingdom, Decathlon, dan masih banyak lagi. 

Apartemen dekat BINUS ini sangat mengetahui kebutuhan modern kaum urban. Karenanya Pacific Garden Campus Town @ Alam Sutera dirancang dengan fasilitas-fasilitas modern yang akan memanjakan penghuninya. Kamu bisa olahraga di jogging track sepanjang 1,5 km mengelilingi downtown lake yang indah atau berenang di kolam renang sepanjang 100 meter. 

Selain fasilitas olahraga, semua kebutuhan kulinermu juga disediakan di sini. Nikmati lezatnya hidangan di berbagai pilihan restoran, food court, dan kios makan. Berkumpul bersama teman di berbagai cafe dan al fresco, serta berpesta barbeque di akhir pekan. 
Semua kenyamanan ini bisa kamu dapatkan hanya dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan. Harga yang sangat ekonomis mengingat letak Apartemen Pacific Garden sangat strategis dengan fasilitas stylish. Booking unit impianmu sekarang juga demi terwujudnya investasi properti yang semakin cepat!

Baca Juga :   Cara supaya Pengeluaran Lebih Hemat Selama Tinggal di Apartemen

Leave a Reply