7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Wearing covid-19 mask while riding bike. Sport cyclist woman biking putting on face mask for Covid-19 prevention during summer outdoor leisure exercise activity. Fitness outside.

 Tahukah kamu jika WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyarankan kita semua untuk melakukan olahraga sepeda? Ya, olahraga bersepeda disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk tetap aktif sejak masa new normal. 

Kebiasaan bersepeda ini ternyata malah menjadi tren hingga sekarang. Bukan hanya sebagai salah satu sarana untuk olahraga, sepeda juga jadi salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat urban untuk mobilitas. WHO bahkan menyebutkan jika bersepeda dianggap cara paling aman untuk bepergian di tengah pandemi. Berikut alasan mengapa sepeda merupakan alat transportasi paling sehat masa kini. 

1. Efisien

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Women are cycling with nature in the park.

Bersepeda bukan hanya bisa kamu jadikan sebagai salah satu aktivitas olahraga saja. Tetapi juga sebagai sarana transportasi. Sepeda membantu kamu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cara yang efisien dan ekonomis. Kamu tidak perlu bahan bakar untuk menjalankan sepeda, atau lahan parkir yang luas untuk meletakkan sepedamu di lokasi tujuan. Beberapa jenis sepeda bahkan bisa dilipat sehingga jika kamu harus berhenti di beberapa lokasi dalam waktu yang lama bisa kamu bawa ke dalam ruangan. 

2. Hemat Uang 

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Close-up of unrecognizable man sitting at table and putting coins into piggybank while saving money in crisis

Sebagai mahasiswa atau first jobber, budget transportasi biasanya bisa memakan uang jajan atau gaji bulananmu 20 hingga 30 persen. Terlepas kamu memakai transportasi umum atau transportasi pribadi. Dengan memakai sepeda, budget transportasi kamu jadi lebih hemat. Tak ada lagi anggaran bensin atau ojek online yang harus kamu keluarkan setiap hari. Yang kamu butuhkan hanya stamina prima untuk mengayuh sepeda. 

Baca Juga :   6 Kunci Penting Menjalankan Bisnis Properti

3. Pilihan Transportasi yang Cukup Aman

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Businessman using his cellphone while going to work on his bicycle

Bayangkan jika kamu harus bepergian menggunakan Transjakarta, KRL, atau MRT? Kamu akan berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang tidak dikenal, kemungkinan untuk terpapar virus juga makin besar. 

Sesuai ungkapan WHO, bersepeda disebut sebagai alat transportasi yang aman semenjak mewabahnya pandemi di seluruh dunia. Dengan bersepeda, kemungkinan untuk berinteraksi dengan orang lain sangat kecil karena satu buah sepeda hanya bisa digunakan satu orang. 

4. Baik untuk Kesehatan Otot

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Cyclist with sunglasses and helmet posing standing with a bicycle in the middle of a rural road

Mengayuh sepeda artinya kamu menggunakan hampir semua kelompok otot utama pada tubuh, mulai dari otot kaki, lengan, otot di sekitar glutes, paha belakang, paha depan, dan betis. Kamu bisa mendapatkan persentase otot yang lebih tinggi dibanding dengan lemak. Seseorang dengan persentase otot yang lebih tinggi akan membakar lebih banyak kalori meski sedang tidak bergerak. 

5. Memperbaiki Suasana Hati

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Young girl rides a Bicycle in a red jacket

Pergi keluar rumah dengan bersepeda bisa berdampak positif untuk mental dan hati kamu. Bersepeda secara ajaib bisa membantu menghilangkan kecemasan, stress, dan depresi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika alam memiliki efek positif untuk kesehatan mental kamu. Apa yang kamu lihat, dengar, dan alami selama bersepeda di alam bisa meningkatkan mood dan suasana hati dengan cepat. Sejauh ini, tak ada cara yang lebih baik dan lebih ekonomis untuk bersantai atau healing selain bersepeda sembari mengelili dirimu dengan alam.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
Woman wearing sports gloves, preparing for the bicycle riding while standing near the car trunk on the forest road during the summer time

Sembari bersepeda mobilitas ke lokasi tujuan, kalori dalam tubuh otomatis bisa terbakar, Dengan bersepeda, kamu bisa membakar setidaknya 400 hingga 1000 kalori per jam, tergantung dari intensitas dan berat badan kamu pribadi. Semakin sering kamu bersepeda, makin banyak pula kalori yang akan kamu bakar. Berkurangnya jumlah kalori dalam tubuh bisa membantu kamu mempercepat proses menurunkan berat badan. 

Baca Juga :   5 Cara Investasi Properti dengan Gaji Dibawah Rp10 Juta

7. Tidur Lebih Nyenyak 

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat
beautiful smiling young woman sleeping in bed

Sering susah tidur? Oke, sepertinya kamu harus mulai ikut olahraga bersepeda. Aktivitas ini bisa membantu tidur malam kamu jadi lebih nyenyak. Secara garis besar, dengan bersepeda tubuh kamu jadi sehat, metabolisme optimal, dan kondisi emosional juga baik dampak dari penyegaran diri selama bersepeda. Sehingga permasalahan tidur akibat emosi yang tidak stabil disertai tekanan dan rasa cemas bisa diatasi. Olahraga sepeda ini juga mencegah penambahan berat badan seiring bertambahnya usia yang sering kali jadi penyebab gangguan tidur. 

Tinggal di Apartemen Pacific Garden, Mobilitas ke Kampus atau Kantor makin Mudah dengan Sepeda

7 Alasan Sepeda Merupakan Alat Transportasi Paling Sehat

Semua manfaat bersepeda di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah saat menjadi penghuni Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Mengapa?

Apartemen Alam Sutera ini merupakan hunian idaman bagi 12.000 mahasiswa di sekitar Alam Sutera. Letaknya hanya 3 menit dari Pintu Tol Alam Sutera yang mudah diakses dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi publik. Selangkah dari tiga universitas ternama: BINUS, SGU (Swiss German University), dan UBM (Universitas Bunda Mulia). 

Dalam radius 5 menit dari Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas publik penunjang gaya hidup, pusat belanja seperti IKEA, Mall Living World, Pasar 8, Decathlon, pusat kuliner Food Center Flavor Bliss, layanan kesehatan Omni Hospital, dan masih banyak lagi. 

Fasilitas publik, kampus, hingga area perkantoran yang berjarak sangat dekat ini bisa membuat mobilitasmu dengan sepeda jadi lebih mudah. Kamu tak lagi perlu menggunakan transportasi umum untuk ke kampus, atau pusat belanja. Semua bisa diakses menggunakan sepeda sembari berolahraga. Selain olahraga bersepeda, kamu juga bisa olahraga jogging di jogging track sepanjang 1,5 km mengelilingi downtown lake yang indah. Berenang jadi lebih nyaman di kolam renang sepanjang 100 meter. 

Baca Juga :   5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen

Perihal kuliner, kamu tak perlu khawatir karena apartemen dekat BINUS ini menawarkan berbagai pilihan restoran, food court, kios makan hingga al fresco dining dengan berbagai menu yang menggugah selera. 
Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah hunian idaman 12.000 mahasiswa. Bagaimana, tertarik memiliki hunian di Apartemen Pacific Garden? Booking unit impianmu sekarang juga, cicilannya hanya Rp5 jutaan per bulan!

Leave a Reply