7 Tips Jitu agar Dapat Nilai A di Setiap Mata Kuliahmu

7 Tips Jitu agar Dapat Nilai A di Setiap Mata Kuliahmu

Dapat nilai A? Semua mahasiswa tentu mau mendapatkan nilai A dalam semua mata kuliahnya. Nilai membuat IPK jadi lebih baik, tandanya kalau nilai IPK kamu bagus atau malah bisa cumlaude, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin besar. 

Tapi, bagaimana cara mendapatkan nilai A di mayoritas mata kuliah yang sudah kamu ambil? Intip yuk, trik jitunya!

1. Dengarkan Materi di Kelas dengan Seksama

Dengarkan Materi di Kelas dengan Seksama

Memang sudah jadi kewajiban para mahasiswa untuk menyimak materi di kelas dengan baik. Umumnya materi yang dijabarkan oleh dosen saat di kelas ini akan keluar di UTS maupun UAS.  Selama proses menerangkan ini, jika dosen bertanya atau meminta pendapat terkait materi, sebaiknya kamu ikut menjawab. Ini bisa jadi nilai plus sendiri untuk kamu di mata dosen. 

2. Menulis Ulang Materi yang Telah Dipelajari

Menulis Ulang Materi yang Telah Dipelajari

Setelah mendengar materi dari dosen, kamu bisa me-review kembali materi-materi yang sudah diajarkan tadi oleh dosen dengan cara menulis ulang apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Tulis dengan kata-katamu sendiri, dan tandai hal-hal yang penting.

3. Buat Mind Map

Buat Mind Map

Mind map adalah salah satu cara merangkum materi kuliah yang bisa mempermudah kamu untuk lebih fokus memahami materi yang diajarkan. Sambil mendengar dosen mengajar kamu bisa membuat mind map dengan mencatat pointpoint pentingnya di dalam mind map kamu. 

Baca Juga :   Ingin Punya Apartemen Sendiri? Siasati dengan 4 Cara Ini!

4. Cari Tahu Cara Penilaian Dosen

Cari Tahu Cara Penilaian Dosen

Setelah kamu berusaha dengan giat untuk memperhatikan setiap materi yang diajarkan dosen. Kamu bisa mencari tahu tipe penilaian dari masing-masing dosen mata kuliahmu. Cari tahu banyaknya porsi penilaian yang biasanya dilakukan oleh dosenmu. Apakah porsi terbesar penilaian diambil dari UTS, UAS, atau malah kuis/tugas harian.

5. Kerjakan dan Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Kerjakan dan Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Jangan suka menganggap enteng sebuah tugas. Semua tugas harus diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Tahukah kamu jika tugasmu itu cerminan dari perilakumu? Dosen tentunya akan menilai perilaku bukan hanya dari nilai ujian semata tetapi juga bagaimana keseharian kamu di kelas dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas. Kerahkan usaha terbaikmu supaya bisa mendapat hasil yang memuaskan. Manfaatkan perpustakaan di kampus untuk membantumu menyelesaikan tugas. 

6. Mendengarkan Audio Book

Mendengarkan Audio Book

Jika kamu bukan tipikal orang yang bisa menghafal dari textbook, cobalah untuk mendengarkan audio book. Kamu bisa membaca teks dalam buku tersebut kemudian rekam dengan smartphone. Sehingga kamu bisa mendengarkan materi ini di mana saja dan kapan saja. Materi pelajaran yang kamu dengarkan pun akan selalu terngiang di kepala. 

7. Belajar Jauh-jauh Hari, Jangan SKS!

Belajar Jauh-jauh Hari, Jangan SKS!

Ini adalah tips dasar yang harus kamu lakukan untuk bisa dapatkan nilai terbaik. Usahakan untuk mencicil belajar beberapa hari sebelum ujian, supaya saat mendekati ujian kamu hanya perlu me-review materi yang belum dikuasai. Jangan membiasakan SKS (sistem kebut semalam) yang malah bisa membuat kamu makin panik dan tidak fokus. 

Belajar untuk Dapat Nilai A di Coworking Space Pacific Garden aja!

7 Tips Jitu biar Dapat Nilai A di Setiap Mata Kuliah Kamu

Melakukan aktivitas belajar di dalam kamar terus-menerus pasti membuat kamu bosan bukan? Sesekali kamu pasti ingin mendapatkan suasana baru untuk belajar agar pikiran fresh. 

Baca Juga :   Ingin Hidup Bahagia Tanpa Stres? Lakukan 5 Cara Berikut Ini!

Kamu bisa dapatkan suasana baru saat belajar dengan tinggal di Apartemen Pacific Garden Campus Town @ Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini menawarkan fasilitas coworking space yang cozy, bisa kamu manfaatkan sebagai tempat belajar maupun berdiskusi bersama teman kampus. Fasilitas ini dilengkapi dengan jaringan internet cepat sehingga akan memudahkan kamu untuk mengakses berbagai jurnal atau sumber yang dibutuhkan saat mengerjakan tugas kuliah. 

Apartemen Alam Sutera ini memang dirancang sebagai apartemen tangerang yang memiliki potensi sewa dari 12.000 mahasiswa. Hunian vertikal ini berlokasi di seberang Mall Alam Sutera, dan berjarak hanya 3 menit dari Tol Alam Sutera. Selangkah dari tiga universitas ternama, BINUS, Swiss German University, dan UBM (Universitas Bunda Mulia). 

Hanya dengan waktu tempuh selama 5 menit, kamu bisa menemukan berbagai macam fasilitas publik seperti IKEA, Mall Living World, Pasar 8, Food Center Flavor Bliss, Rumah Sakit Omni, Decathlon, dan masih banyak lagi. Hadirnya fasilitas publik yang mudah diakses ini mempermudah kamu dalam mobilitas. 

Selain fasilitas belajar yang nyaman, kamu bisa menikmati fasilitas olahraga yang menyehatkan. Kamu bisa berolahraga di jogging track sepanjang 1,5 km mengelilingi downtown lake atau berenang di kolam renang sepanjang 100 meter. Bukan hanya itu, menjadi penghuni Apartemen Pacific Garden Campus Town membuatmu bisa menikmati hidangan di berbagai pilihan restoran, food court, dan kios makan, kumpul bersama teman di berbagai cafe dan al fresco, serta berpesta barbeque di akhir pekan. 
Semua kemudahan ini bisa kamu miliki hanya dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan. Kunjungi website www.pacificgarden.co.id untuk booking unit apartemen impianmu!

Leave a Reply