6 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain murah, olahraga sederhana ini juga bisa dilakukan kapan saja. Lari pagi atau jogging secara rutin dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Manfaat untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan risiko dari segala macam penyakit, hingga membuat suasana hati jadi lebih bahagia. Olahraga ini memiliki banyak macam jenis, seperti lari jarak jauh, lari jarak dekat, maupun jogging. Olahraga ini cukup banyak diminati karena tidak perlu mengeluarkan uang. Selain itu, perlengkapan untuk lari hanya membutuhkan sepatu olahraga. Berikut 6 manfaat olahraga lari bagi tubuh.

Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
menurunkan berat badan

Seseorang yang malas olahraga akan membuat kalori menumpuk dan mengakibatkan kenaikan berat badan. Olahraga lari memiliki peran untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Sehingga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin maka penumpukan lemak akan terhindar dan berat badan akan terjaga.

Mengurangi Risiko Jantung Koroner

mengurangi risiko jantung kroner
mengurangi risiko jantung kroner

Menurut penelitian, orang yang melakukan olahraga lari secara teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jika berlari lebih dari 16 km per minggu, setidaknya dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. 

Memperbaiki Suasana Hati

memperbaiki susana hati
memperbaiki susana hati

Jika Anda rutin melakukan olahraga lari, hari – hari yang dijalani akan merasa lebih baik dan bahagia. Lari juga mampu meningkatkan suasana hati yang akan berdampak pada kualitas hidup. Olahraga lari juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya depresi ringan hingga sedang. Ketika lari, tubuh melepaskan hormon endorphin yang akan memicu perasaan positif dalam tubuh. 

Meningkatkan Kualitas Otak

meningkatkan kualitas otak
meningkatkan kualitas otak

Saat berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah yang sedang dihadapi. Hal ini terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf lebih berfungsi aktif. Dengan berlari, Anda akan belajar fokus untuk menyelesaikan sebuah rintangan Sebuah studi di University of British Columbia 2014 mengungkap bahwa melakukan olahraga lari secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus yaitu kemampuan untuk mengingat.

Baca Juga :   Tinggal di Apartemen, Pahami Hak dan Kewajiban Berikut Ini

Meningkatkan Kualitas Tidur

meningkatkan kualitas tidur
meningkatkan kualitas tidur

Menurut Journal of Adolescent Health pada 2012 mengatakan bahwa seseorang yang melakukan olahraga lari secara teratur di pagi hari dapat memberikan peningkatan tidur yang lebih nyenyak. Olahraga memicu peningkatan suhu tubuh dan penurunan suhu setelah olahraga dapat menyebabkan tertidur. Rutin melakukan olahraga lari akan membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Meningkatkan Stamina

meningkatkan stamina
meningkatkan stamina

Stamina tubuh sangat dibutuhkan untuk melakukan sebuah aktivitas mulai dari yang ringan hingga berat. Olahraga lari menjadi salah satu olahraga yang ideal untuk melatih stamina tubuh agar tetap optimal dan membuat badan selalu siap menjalani segala aktivitas dan kesibukan.\

Penuhi Olahraga Lari Pagi di Jogging Track Pacific Garden Campus Town

Beda ceritanya jika kamu tinggal di sebuah apartemen dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Kamu bisa melakukan banyak pilihan olahraga seperti berenang, yoga, jogging, zumba, hingga jogging track di satu lokasi sekaligus. Ragam fasilitas penunjang pola hidup sehat ini bisa kamu nikmati di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera.

Apartemen di Alam Sutera Tangerang yang terletak persis di seberang Mall Alam Sutera ini menyediakan semua fasilitas olahraga yang kamu butuhkan, mulai dari jogging track, kolam renang, yoga deck, fitness center, dan juga jalur refleksologi. Kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut sepuasnya, tanpa harus khawatir dengan penghuni lain.

Dengan fasilitas olahraga lengkap untuk menunjang gaya hidup sehat kamu, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah hunian yang tepat untuk kamu. Tak perlu resah soal harga karena apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini menawarkan cicilan ringan mulai Rp5 jutaan per bulan. Dengan cicilan yang ringan ini jangan ragu untuk menjadikan apartemen murah Tangerang ini sebagai hunian impian atau sarana investasi kamu. 

Baca Juga :   5 Cara Asyik Staycation di Apartemen saat Akhir Pekan

Leave a Reply