5 Keuntungan Investasi Apartemen yang Harus Diketahui

You are currently viewing 5 Keuntungan Investasi Apartemen yang Harus Diketahui

Ingin mencoba investasi namun ragu-ragu memilih mana yang menguntungkan? Investasi di bidang properti patut kamu jadikan pertimbangan. Sejak dulu, properti selalu dianggap sebagai instrumen investasi yang menjanjikan jika dibandingkan dengan investasi lain seperti saham. Skema investasi apartemen juga lebih mudah dibandingkan skema investasi saham atau reksadana. 

Terutama jika kamu tinggal di wilayah perkotaan, properti seperti apartemen kini menjadi salah satu investasi yang sedang naik daun. Apartemen dinilai lebih praktis dan bergengsi dibandingkan rumah, terutama bagi kaum urban dan milenial yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Dan lagi saat ini minat untuk membeli apartemen terus meningkat seiring dengan menggilanya harga rumah tapak. Berikut 5 keuntungan yang akan didapat jika kamu berinvestasi pada apartemen.

1. Harga Jual Terus Naik

Perkembangan harga jual apartemen sangat baik. Rata-rata setiap tahunnya mengalami kenaikan 5 hingga 10 persen. Contohnya jika kamu membeli apartemen dengan harga Rp500, juta maka kenaikan harga setiap tahunnya bisa mencapai Rp50 juta. Kenaikan harga ini akan terakumulasi dalam jangka panjang yang akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Dan lagi kenaikan harga apartemen melebihi laju inflasi, sehingga tidak perlu khawatir investasi ini akan tergerus oleh inflasi. 

2. Tinggal di Apartemen Mulai Jadi Tren yang Terus Berkembang

Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman dimana kaum urban dituntut untuk memiliki mobilisasi cepat, maka diperlukan sebuah hunian yang yang nyaman meski tidak terlalu luas. Kebutuhan ini terjawab oleh apartemen yang menyediakan hunian vertikal dengan konsep minimalis, fungsional, modern, dan nyaman. 

Terutama bagi para generasi muda dan milenial yang baru memutuskan untuk hidup mandiri. Apartemen juga cocok untuk pasangan muda dengan gaya hidup stylish karena menawarkan ragam fasilitas yang mampu menunjang gaya hidup mereka. Belum lagi umumnya apartemen terletak di lokasi yang strategis sehingga memudahkan akses mobilisasi kaum urban. Perkembangan ini akan menguntungkan investasi kamu karena semakin meningkatnya permintaan, semakin tinggi pula kenaikan harga apartemen yang dimiliki. 

3. Harga Sewa Lebih Tinggi 

Karena memiliki fasilitas yang lengkap dan terletak di lokasi yang strategis, harga sewa apartemen jauh lebih tinggi dibanding harga sewa rumah. Berbeda dengan sewa rumah, waktu sewa apartemen juga jauh lebih fleksibel. Bagi kamu yang memiliki unit apartemen, kamu dapat menyewakannya secara bulanan atau harian. Penawaran harga sewa juga beragam, tergantung dari fasilitas unit yang tersedia. 

Harga sewa apartemen bisa lebih tinggi, bahkan bisa setara dengan cicilan yang dibebankan  jika fasilitas di dalam unit sangat lengkap atau unit lebih luas dengan dekorasi interior yang menarik. Manfaatkan platform e commerce seperti Airbnb.com atau Traveloka.com untuk memasarkan unit apartemen kamu dengan sistem yang terpercaya. 

Baca Juga :   Wajib Tahu! 4 Tips Cerdas Menjual Properti dengan Harga Tinggi

4. Menjadi Investasi Jangka Panjang Sekaligus Simpanan

Investasi apartemen dapat dilihat sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang berbasis simpanan. Ini karena kamu tidak akan mudah tergoda untuk menjadikan investasi tersebut dalam bentuk uang tunai lalu kemudian menghabiskannya. 

Investasi apartemen dapat membantu mengontrol sifat impulsif, terutama di kalangan milenial dan generasi muda yang mudah tergoda iklan. Apartemen juga memiliki sifat yang tidak terlalu likuid sehingga dapat dinilai sebagai salah satu pendorong positif dalam perencanaan keuangan pribadi. 

5. Bisa Dibeli dengan Modal yang Lebih Terjangkau

Jika kamu bertujuan membeli apartemen sebagai investasi, ada banyak pilihan apartemen dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan investasi properti lainnya, kamu sudah dapat memiliki investasi pribadi berupa apartemen. Pilihan apartemen yang beragam sangat menguntungkan bagi kamu dalam memilih investasi sesuai dengan kemampuan.

Investasi Rumah dan Apartemen

Banyak orang bingung tentang berinvestasi rumah atau apartemen. Sebelum mengukur lebih jauh tentang investasi mana yang lebih menguntungkan, kita harus mengerti dulu kebutuhan investasi seperti apa yang diinginkan.

Jika Anda mencari investasi menengah sampai panjang, maka investasi ini cocok untuk Anda. Saat ini permintaan apartemen kian meningkat, terlebih di kalangan milenial atau pasangan yang belum menikah

Apartemen merupakan salah satu jenis tempat tinggal yang praktis, sangat cocok untuk masyarakat di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Medan dan Bandung yang umumnya jumlah lahan sangat terbatas. Mempunyai hunian di apartemen tampaknya sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas yang ditawarkan seperti Swimming pool, gym , mini market, ATM center dan banyak lainnya yang tidak dimiliki ketika tinggal dirumah tapak. Apalagi saat ini developer menggecarkan pembangunan di pusat kota atau pusat bisnis guna menghadirkan kemudahan aksesbilitas para professional untuk beraktivitas.

Investasi apartemen dapat dikatakan cukup baik dengan rata-rata kenaikan harga jual dapat mencapai 5% hingga 10% per tahun. Angka ini dapat melambung lebih tinggi jika apartemen berada di lokasi strategis dengan mendekati pusat perkantoran, pendidikan ataupun pusat perbelanjaan.

Harga sewa apartemen juga cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin berinvestasi property. Didukung dengan fasilitas dan lokasi yang strategis menjadikan harga sewa apartemen lebih tinggi dibandingkan dengan sewa rumah. Menariknya lagi, minat membeli apartemen setiap tahunnya, seperti pada tahun 2021 yang meningkat 14,69%  Jadi hal ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk para investor yang ingin berinvestasi dengan menyewakan apartemennya.

Nah selanjutnya bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang, pilihan investasi rumah akan sangat cocok. Capital Gain jika Anda menjual kembali apartemen akan jauh lebih besar. Sebagian orang mungkin masih lebih tertarik menjadikan rumah tapak sebagai hunian. Luas bangunan yang lebih besar daripada apartemen menjadi salah satu alasan utama. Harga sewa rumah cenderung bervariasi dari banyak aspek seperti luas bangunan, luas tanah, lokasi hingga spesifikasi furnish rumah.

Baca Juga :   Mudah Lelah Usai Bekerja? Lakukan 4 Aktivitas Olahraga Sederhana Ini!

Investasi rumah dan apartemen sama-sama mempunyai keunggulan tersendiri. Sebelum memutuskan untuk memilih, kiranya kita harus memerhatikan beberapa hal berikut :

  • Apakah Anda menginginkan investasi jangka panjang atau pendek?

Jika Anda berniat untuk investasi property jangka pendek hingga menengah, apartemen menjadi pilihan yang tepat. Harga sewa apartemen lebih fleksibel dibandingkan harga sewa rumah. Pada umumnya, jangka waktu sewa apartemen dapat ditawarkan dari harian, bulanan, hingga tahunan dengan biaya perbaikan atau renovasi yang relative kecil.

Jika Anda lebih tertarik untuk investasi property jangka panjang, rumah menjadi pilihn yang tepat. Pemilik dapat menyewakan rumah per-tahun, jarang pemilik mempertimbangkan untuk menyewakan per 6 bulan atau bahkan per-bulan karena mempertimbangkan biaya renovasi atau perbaikan yang harus dikeluarkan cukup besar. Sebaliknya, pendapatan yang diterima lebih besar daripada menyewakan unit apartemen.

  • Bagaimana ketersediaan budget yang dimiliki?

Salah satu hal yang harus diingat sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen ialah budget yang Anda miliki. Sebagian besar orang memlilih untuk membeli apartemen karena harga belinya yang relative lebih murah dibandingkan rumah. Misalnya ketika kita mempunya budget pas-pasan untuk membeli 1 unit rumah, kiranya kita mempertimbangkan untuk lebih membeli 1-2 unit apartemen tipe studio. Semakin banyak asset, maka pendapatan akan semakin besar.

  • Ketahui minat masyarakat sekitar untuk tinggal di apartemen atau rumah

Anda harus mengetahui minat huni masyarakat di sekitar lingkungan property. Apartemen saat ini masih memegang posisi tertinggi dengan yield mencapai 7-10%. Tetapi kembali lagi pada lingkungan Anda, jika masyarakat lebih memilih untuk tinggal di perumahan, maka investasikan budget pada jenis property tersebut.

Investasi Apartemen Studio

ingin investasi apartemen ketahui dulu beberapa hal berikut

Berbicara tentang investasi apartemen yang menguntungkan, apartemen tipe studio menjadi pilihan yang menarik. Pada umumnya, apartemen studio mengusung konsep open plan dimana semua fungsi ruangan seperti ruang tengah, kamar tidur, ruang TV dan dapur dalam suatu ruangan tanpa sekat hanya kamar mandi saja yang mempunyi dinding pemisah. Tipe studio mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, mulai dari 18 meter persegi, 21 meter persegi, 35 meter persegi hingga 40 meter persegi.

Apartemen tipe studio mengutamakan efisiensi ruangan dan biasanya dijual dengan harga paling murah. Oleh karena itu, tipe studio sangat cocok bagi seseorang yang hanya tinggal sendiri dan belum berkeluarga seperti pekerja atau mahasiswa.

Berikut adalah alasan prospek investasi apartemen tipe studio lebih baik dibandingkan tipe apartemen yang lainnya :

  • Biaya rendah

Investasi apartemen studio mudah terjangkau dengan budget yang tidak terlalu besar dibandingkan unit apartemen lainnya. Sehingga, investasi apartemen studio sangat tepat untuk investor dengan budget terbatas

  • Permintaan First Buyer tinggi

Jika Anda ingin menghasilkan penghasilan pasif dari apartemen studio, maka pilihlah apartemen di lokasi strategis. Area perkantoran atau pusat bisnis menjadi kekuatan permintaan sewa apartemen.

First Buyer biasanya mencari apartemen untuk disewa selagi bekerja dan menabung untuk membeli rumah

  • Hemat energi dan perawatan mudah

Dengan luas apartemen studio yang tidak terlalu besar tentunya mempengaruhi penggunaan energi dan perawatan unit. Apartemen tipe studio hanya membutuhkan satu pendingin ruangan saja, sehingga penggunaan listrik lebih mudah dikontrol. Selain itu, perawatannya lebih rendah dan mudah karena tidak banyak skat atau komponen dalam ruangan.

Baca Juga :   5 Tips Memilih Apartemen yang Cocok untuk Mahasiswa

Cara Investasi Apartemen

  • Lokasi apartemen

Anda sebaiknya memilih lokasi apartemen yang strategis dan mudah dijangkau. Calon pembeli atau penyewa sebagian besar menjadikan lokasi sebagai factor utama mereka tertarik untuk menghuni apartemen.

  • Reputasi pengembang

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, Anda harus memperhatikan reputasi pengembang. Track record yang baik dan terpercaya dapat menjadi acuan untuk membeli apartemen karena akan mempengaruhi tingginya capital gain di masa mendatang

  • Fasilitas apartemen

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengenmbang akan mempengaruhi nilai jual dan ketertarikan konsumen. Sejumlah fasilitas yang umumnya ditawarkan ialah pusat kebugaran, supermarket, kolam renang, room service, security dsb.

  • Target pasar untuk investasi

Agar investas apartemen yang Anda miliki menghadirkan keuntungan, Anda perlu menentukan target pasar yang kelak membeli atau menyewanya. Anda dapat memperhatikan karakteristik demografi dan kemajuan ekonomi di lingkungan setempat.

  • Nilai capital gain tinggi

Capital gain merupakan hal terpenting ketika Anda memutuskan untuk investasi property. Kemudahan akses, lingkungan sekitar menuju apartemen ialah factor yang mempengaruhi capital gain. Reputasi pengembang turut menentukan tingginya capital gain.

Setelah membaca keterangan di atas, apakah Anda tertarik berinvestasi apartemen? Kalau tertarik, apartemen Pacific Garden Campus Town merupakan pilihan terbaik untuk Anda.

Pacific Garden merupakan apartemen Alam Sutera Tangerang yang cocok dijadikan aset investasi jangka panjang. The Best Apartment in South Tangerang ini terletak di lokasi yang sangat strategis, hanya berjarak beberapa menit saja dari Tol Jakarta – Merak, Tol JORR 2, dan Tol Bandara sehingga memudahkan mobilitas penghuninya untuk melakukan perjalanan di kawasan Jabodetabek

Selain dekat tol, Apartemen baru di Tangerang ini juga dekat dengan berbagai fasilitas publik, sebut saja gedung perkantoran Synergy Building, Alfamart Headquarters, dan The Prominence. Tidak ketinggalan, pusat belanja dan hiburan seperti IKEA, Giant, Pasar 8, The Flavor Bliss, dan Living World. Tersedia pula rumah sakit terdekat, Omni Hospital.

Tak perlu bingung soal “lantas siapa yang akan sewa?” karena apartemen Tangerang ini dikelilingi oleh 3 kampus bergengsi, BINUSSwiss German University, dan Universitas Bunda Mulia. Hal ini menjadikannya memiliki potensi penyewa lebih besar dibanding apartemen lain, yaitu mencapai 12.000 mahasiswa. Dengan potensi sewa yang besar dan akses mudah yang ditawarkan, kamu bisa memiliki apartemen murah Tangerang ini hanya dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan. Sangat ekonomis bukan? Tunggu apalagi, jadikan Pacific Garden sebagai properti pertamamu sekarang juga!

Isi formulir di bawah ini untuk dapat informasi seputar apartemen Pacific Garden Campus Town lebih lanjut ya!

Pacific Garden Campus Town, Investasi Apartemen Terbaik di Alam Sutera

5 Keuntungan Investasi Apartemen.

Leave a Reply