Musim Hujan Datang, Jaga Kesehatan Kamu dengan 5 Cara Ini!

Musim Hujan Datang, Jaga Kesehatan Kamu dengan 5 Cara Ini!
Kesehatan kamu tentu adalah suatu hal yang sangat penting. Menjelang akhir tahun dan awal tahun, iklim Indonesia berubah dari musim panas ke musim dingin. Tahun baru kali ini negara kita bahkan diguyur hujan terus-menerus sampai mengakibatkan beberapa daerah terendam banjir.Pergantian dari musim kemarau ke musim hujan ini biasanya membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini lantaran tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang jauh berbeda dari sebelumnya. Jika tidak menjaga tubuh dengan benar, kemungkinan tubuh terkena penyakit akan jauh lebih besar. Penyakit di musim penghujan ini bukan hanya rentan terjadi pada anak-anak tetapi juga orang dewasa. Lantas, bagaimana cara menjaga kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan?

1. Mengonsumsi vitamin

Saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan biasanya tubuh tidak langsung beradaptasi, melainkan melewati sebuah proses. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih rentan. Saat sistem kekebalan tubuh turun maka penyakit akan lebih mudah menyerang. Sehingga kamu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin demi menjaga kestabilan sistem imun. Salah satu vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem imun adalah vitamin C. Vitamin ini dapat diperoleh secara alami melalui buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, dan banyak lagi. Selain dari buah, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin C tinggi.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Banyak orang mengabaikan konsumsi air putih saat musim hujan. Udara dingin jadi alasan mereka malas untuk minum air putih. Padahal faktanya, air putih harus rutin dikonsumsi setiap hari sebanyak 8 gelas. Jangan cuma konsumsi air putih saat haus saja, cobalah berpikir jika semua makanan yang masuk dalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Asupan air yang cukup juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi air putih terus menerus atau sesekali menggantinya dengan teh tawar hangat, air jahe, atau air jeruk nipis untuk memperlancar metabolisme.

3. Membersihkan lingkungan

Hujan terus-menerus biasanya membuat lingkungan menjadi lebih kotor dari biasanya. Hal ini dipicu dengan kelembapan udara yang makin tinggi sehingga membuat sampah serta limbah lebih cepat membusuk yang pada akhirnya bisa menjadi sumber kuman. Karenanya, kamu harus membersihkan lingkungan yang berpotensi menyebarkan bakteri dan kuman. Cara untuk membersihkan lingkungan ini bisa dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi menyebabkan genangan air hujan, serta memotong rumput dan ranting yang terlalu rindang. 

4. Perhatikan asupan makanan

Selain menjaga asupan cairan tubuh, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk mengisi asupan vitamin dan mineral yang lebih baik. Sebaiknya hindari juga kebiasaan makan di luar, karena tingkat higienisnya belum tentu terjamin. Cobalah untuk memasak makanan sendiri karena kebersihannya jauh lebih terjamin. Kamu bisa memasak berbagai jenis sayuran seperti sayur sop, sayur bayam, ataupun masakan berkuah hangat lainnya seperti soto atau rawon. 

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang dapat menunjang kesehatan kamu. Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu jadi tidak mudah sakit. Semakin tinggi aktivitas kamu maka seharusnya kamu lebih banyak meluangkan waktu untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan apalagi jika kamu tinggal di apartemen seperti Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen di Tangerang ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang gaya hidup sehat kamu. Ingin olahraga ringan sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja? Kamu bisa gunakan jogging track yang ada di apartemen untuk walking atau jogging sembari menikmati udara segar. 

Pacific Garden Campus Town @Alam  Sutera, Fasilitas Lengkap untuk Menjaga Kesehatan Kamu

Musim Hujan Datang, Jaga Kesehatan Kamu dengan 5 Cara Ini!
Musim Hujan Datang, Jaga Kesehatan Kamu dengan 5 Cara Ini!
Jika kamu ingin olahraga yang memiliki effort lebih bisa memilih body workout atau weightlifting di fitness center. Bisa juga dengan berenang satu minggu sekali atau dua kali di swimming pool yang ada di komplek apartemen. Lingkungan dengan fasilitas yang mendukung bisa membuat pola hidup sehat yang sudah direncanakan jauh lebih mudah terlaksana. Tinggal di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera membuat kamu selangkah lagi lebih dekat mewujudkan pola hidup sehat demi terhindar dari penyakit saat musim hujan. Mengusung tema Stylish Living for Young Generation, Apartemen Alam Sutera ini menawarkan berbagai fasilitas modern penunjang gaya hidup kaum millennial. Ragam fasilitas tersebut seperti kolam renang, fitness center, koneksi internet cepat (yang sangat dibutuhkan mahasiswa), coworking space, reading room, hingga area parkir yang luas.
Baca Juga :   5 Paduan Warna & Furniture yang Menarik untuk Hunian Minimalis
Letaknya juga strategis, dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti Mall @Alam Sutera, Synergy Building, IKEA, hingga Omni Hospital. Tidak hanya itu, Pacific Garden juga dikelilingi oleh 3 kampus bergengsi yakni Binus, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia yang membuatnya memiliki lebih dari 12.000 potensi penyewa.Hanya dengan cicilan Rp5 jutaan per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan hunian di apartemen murah Tangerang ini lho! Berminat? Kunjungi halaman ini, untuk konsultasi!

Leave a Reply