5 Alasan Mengapa Investasi Properti Selalu Menguntungkan

5 Alasan Mengapa Investasi Properti Selalu Menguntungkan

Jika melihat perkembangan tren investasi, semakin ke sini banyak sekali pebisnis yang mengalokasikan sebagian dana mereka untuk membeli properti dengan tujuan yang berbeda. Baik itu untuk bisnis utama mereka, efisiensi biaya, atau mengamankan aset. Mengapa sih investasi properti itu penting dan apa yang membuat harga properti terus meningkat?

Kamu harus ingat bahwa jumlah daratan di bumi sangat terbatas. Akan tetapi jumlah populasi manusia selalu bertambah. Selain itu tidak akan ada properti yang benar-benar sama persis karena setiap lokasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Faktor kelangkaan dan keunikan ini yang jadi pertimbangan dasar bagi para investor properti. Dari penjelasan di bawah ini, kamu akan lebih paham tentang faktor apa saja sih yang membuat investasi properti penting dan selalu menguntungkan.

Harga properti selalu meningkat setiap tahunnya

Investasi properti di Indonesia adalah jenis investasi properti yang paling menguntungkan, karena harga properti selalu naik. Apapun jenis propertinya, baik itu rumah, apartemen, ruko, atau perkantoran pasti akan mengalami peningkatan harga. Semuanya tergantung dari lokasi dan permintaan akan properti itu sendiri. Mayoritas pemilik properti bisa mendapatkan keuntungan sekitar 5% hingga 20% setiap tahunnya. 

Perlu kamu tahu, bahwa hingga akhir 2013 ada 14 juta dari 16 juta keluarga yang belum memiliki rumah. Jumlah ini akan bertambah seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk Indonesia. Karena luas lahan semakin berkurang sementara permintaan terhadap hunian meningkat maka tidak heran jika harga properti akan mengalami peningkatan. 

Potensi pasar properti di Indonesia terbuka luas 

Potensi pasar properti di Indonesia sangat terbuka lebar, baik itu untuk investor kelas menengah atas atau kelas menengah bawah. Mengapa? Karena pemerintah tidak memiliki tanggung jawab untuk mengurus masyarakat sektor menengah ke bawah. 

Berbeda dengan di luar negeri di mana masyarakat sektor menengah ke bawah diurus oleh pemerintah. Potensi pasar menengah ke bawah kini juga tinggi karena adanya peningkatan pendapatan per kapita penduduk Indonesia yang mencapai 3.000 USD lebih.

Investasi properti bisa dikontrol secara personal

Jika melihat jenis investasi lain, seperti saham misalnya. Sebagai investor kamu pasti kamu tidak bisa mengontrol harga saham, reksa dana, atau paper aset lainnya, sehingga kontrol terhadap aset yang dimiliki sangat terbatas. Berbeda dengan investasi properti, kamu punya kontrol penuh terhadap investasi yang dimiliki. Terutama soal harga jual dan harga sewa. Kamu bisa menurunkan atau meningkatkan sendiri nominal sewa serta jual properti yang dimiliki, tergantung kondisi yang ada. 

Perbedaan jelas investasi properti dengan investasi lain adalah properti mampu menghasilkan penghasilan secara terus-menerus. Baik itu penghasilan bulanan atau tahunan tanpa kamu harus menjualnya. Cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pendapatan ini adalah dengan menyewakan atau refinancing (pembiayaan kembali via bank atau lembaga keuangan). 

Tidak harus membayar sepenuhnya

Dalam berinvestasi properti, kamu tidak harus membayar secara penuh atau keseluruhan untuk mendapatkan properti yang diinginkan. Hanya dengan membayar sebuah DP (Down Payment) minimal 30% dari nominal harga properti yang diinginkan, hunian yang kamu idam-idamkan sudah bisa dihuni dengan nyaman. 

Sebagai contoh, harga properti yang kamu inginkan senilai Rp500 juta. Apakah kamu harus memiliki dana sebesar properti tersebut? Tentu saja tidak, kamu hanya perlu perlu menyediakan dana sebesar 20% (ketentuan DP minimal properti saat ini) dari total harga tersebut yaitu Rp100 juta untuk bisa memiliki properti impian tersebut. Sisa kekurangan pembayarannya bisa dicicil setiap bulan selama beberapa tahun, tergantung dari kesepakatan yang dibuat dengan bank  

Modal minim dan bisa meraup keuntungan tanpa menjual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk memiliki sebuah properti kamu tidak harus membayar secara kontan. Tapi bisa menggunakan sistem KPR dan hanya membayar uang muka. Ini artinya kamu bisa mendapatkan properti dengan harga minim dengan nilai keuntungan yang tinggi.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan properti yang bisa benar-benar memaksimalkan keuntungannya, sebaiknya pilih properti jenis apartemen. Mengapa? Harga apartemen kini jauh lebih murah dibanding rumah petak dan lokasi apartemen cenderung strategis. Apalagi saat ini tinggal di apartemen adalah sebuah tren di kalangan masyarakat kota besar seperti Tangerang atau Jakarta.

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Potensi Investasi Properti Beruntung Besar

Investasi Properti
Investasi Properti

Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera misalnya, adalah salah satu apartemen murah Tangerang yang menawarkan harga beli ekonomis. Meski harganya ekonomis, apartemen Alam Sutera ini menawarkan fasilitas yang fantastis. Sekelas hotel bintang yang mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup young generation. Sebut saja fasilitas sky garden yang tidak dimiliki banyak apartemen lain, hingga fasilitas coworking space yang disediakan khusus untuk kebutuhan pekerja atau mahasiswa. 

Lokasi apartemen di Alam Sutera Tangerang ini juga sangat strategis, dekat dengan pusat belanja, komplek perkantoran, kampus, dan rumah sakit. Sehingga memudahkan calon penghuninya untuk melakukan mobilitas dalam waktu singkat. Hal paling penting, apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini punya harga yang sangat terjangkau, cicilan mulai Rp5 jutaan! Dengan modal minim, investasi Apartemen Pacific Garden banyak untungnya!

Baca Juga :   Kost vs Apartemen, 7 Alasan Terbaik untuk Mahasiswa

Leave a Reply