Catat! 5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan saat Memilih Properti untuk Investasi

Catat! 5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan saat Memilih Properti untuk Investasi

memilih properti adalah idaman setiap orang. Properti dianggap sebagai salah satu instrumen investasi paling menjanjikan, karena harganya yang cenderung terus mengalami kenaikan. Bahkan kebanyakan orang saat ini menjadikan properti sebagai investasi utama. Berinvestasi di bidang properti bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan pasif dengan mudah tanpa harus bekerja siang dan malam. 

Meski properti dianggap sebagai investasi yang menjanjikan, harga properti tidaklah murah. Itulah mengapa membeli properti sebagai instrumen investasi harus sangat hati-hati, supaya kamu tidak salah dalam memilih properti sebagai sarana investasi. Berikut 5 hal penting yang harus kamu perhatikan!

Di mana lokasi properti tersebut, apakah cukup strategis?

Lokasi adalah hal utama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih properti yang diinginkan. Lokasi bisa menjadi penentu harga sebuah properti, baik saat akan dibeli, disewakan, atau dijual nantinya. 

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar properti incaran kamu, bagaimana akses menuju properti tersebut, serta fasilitas publik apa saja yang tersedia di sekitar. Hal ini patut dijadikan sebagai pertimbangan utama. Jika semua hal tersebut dapat terpenuhi, maka kamu sudah menemukan properti dengan lokasi strategis dan layak dijadikan sebagai pertimbangan. Nantinya, kamu bisa memasang harga sewa atau jual lebih tinggi mengingat letak properti tersebut mudah dijangkau dari beberapa titik sekaligus. 

Cek seperti apa reputasi pengembang properti 

Meskipun merupakan instrumen investasi yang menjanjikan, ada banyak risiko yang mungkin saja terjadi dalam pembelian properti. Salah satu risiko yang paling umum terjadi adalah masalah dari pengembang, seperti izin bangunan, sengketa tanah, keterlambatan pembangunan, izin bangunan, dan lain-lain. Kamu bisa menghindari potensi terjadinya masalah ini dengan memilih pengembang yang tepat. Pilihlah pengembang yang memiliki reputasi baik di industri properti. 

Fasilitas yang ditawarkan dan rencana pengembangan di masa depan

Orang yang tinggal dalam sebuah daerah bukan hanya membutuhkan tempat tinggal, tetapi juga membutuhkan fasilitas publik yang ada di sekitarnya. Mulai dari fasilitas belanja, mal, sarana transportasi umum, bioskop, sarana kesehatan, dan lain sebagainya.

Selain melihat fasilitas yang ditawarkan, kamu juga bisa melihat bagaimana proyeksi pengembangan terhadap fasilitas publik di area tersebut. Sebuah properti dinilai bukan hanya dari fasilitas yang ada saat ini saja tetapi juga dari pengembangan di masa depan, misalnya saja adanya rencana untuk menghilangkan ruang terbuka hijau atau adanya pusat belanja yang membuat nilai properti ini lebih tinggi.

Seperti apa potensi pasar yang tersedia

Pertimbangkan juga seperti apa potensi pasar yang tersedia. Bukan hanya saat membeli atau melihat peluang kenaikan harga dari properti kedepannya, kamu juga harus jeli melihat potensi pasar properti tersebut di masa depan. Jangan sampai kamu membeli properti yang nantinya akan sulit dipasarkan untuk disewakan atau dijual lagi. Perhatikan dengan baik potensi pasar dari setiap properti. Hal Ini sangat penting terutama jika kamu membeli properti dengan tujuan dijual kembali atau di sewakan.  

Dekat pusat pendidikan dan pusat industri

Kriteria ini sangat penting diperhatikan, karena properti yang letaknya dekat dengan sekolah atau area gedung perkantoran memiliki daya minat yang jauh lebih tinggi. Properti yang letaknya dekat pusat pendidikan memiliki potensi pasar yang beragam, misalnya saja mahasiswa, dosen, hingga pasangan muda yang sudah memiliki anak. 

Bagi mahasiswa dan dosen tinggal di hunian dekat kampus akan memudahkan mobilitas mereka karena tak lagi perlu transportasi khusus menuju ke kampus dan hanya perlu jalan kaki. Sedangkan pasangan muda yang punya anak juga merasa lebih aman ketika anaknya bersekolah dekat dengan rumah. Jika properti kamu berada di kawasan industri atau perusahaan, maka para karyawan yang bekerja di sana sangat berpotensi jadi penyewa tetap dalam jangka waktu panjang.

Pacific Garden, Apartemen Modern Solusi Memilih Properti di Alam SuteraMemilih Properti

Memilih PropertiSalah satu properti yang memiliki semua kriteria di atas adalah Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen di Tangerang ini berada di kawasan yang sangat strategis, dekat dengan pusat pendidikan (BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia) dan pusat industri (Synergy Building, Alfamart Headquarters, dan The Prominence). Hal ini membuat Apartemen Alam Sutera Pacific Garden memiliki potensi sewa yang jauh lebih besar, hingga 12.000 mahasiswa. Jumlah ini akan terus meningkat mengingat banyaknya pekerja yang berkantor di pusat industri Tangerang. 

Dengan keunggulan ini, Apartemen dekat Binus ini ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif, cicilannya cuma Rp5 jutaan per bulan. Dengan modal minim, kamu sudah bisa memiliki investasi properti di lokasi yang strategis. Jadi tunggu apa lagi, miliki unit apartemen impianmu di Pacific Garden sekarang juga!

Baca Juga :   5 Alasan Kamu Harus Memiliki Unit Apartemen Pacific Garden

Leave a Reply