blog-image

Syarat Jual Beli Apartemen yang Wajib Kamu Tahu

Proses jual beli apartemen tidak jauh berbeda dengan jual beli rumah. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi antara pihak penjual dan juga pembeli. Apapun cara dan metode pembayarannya, syarat-syarat ini harus terpenuhi untuk melindungi hak penjual maupun pembeli.

Apabila kamu berencana untuk membeli apartemen dalam waktu dekat, mengetahui lebih dalam mengenai syarat jual beli properti akan sangat menguntungkan dan memudahkan supaya nantinya kamu terhindar dari adanya kemungkinan penipuan. Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan ketika kamu ingin membeli sebuah apartemen? Berikut detailnya:

 

1. Perjanjian Jual Beli

Hal pertama yang merupakan syarat proses jual beli apartemen adalah adanya perjanjian antara kedua pihak antara penjual dan pembeli yang biasa dikenal dengan PPJB. Surat perjanjian ini harus disertai bukti hitam di atas putih serta diperkuat dengan bukti materai dari kedua belah pihak dan kemudian disahkan oleh notaris. Tujuannya agar perjanjian jual beli ini memiliki kekuatan hukum untuk proses pembuatan AJB (Akta Jual Beli) resmi. Isi dari PPJB ini berupa kesepakatan antara penjual dan pembeli disertai dengan tanda jadi.

 

2. Pembayaran Booking dan DP (Down Payment)

Sama halnya dengan membeli rumah, ketika membeli unit apartemen kamu diharuskan untuk melakukan proses booking terlebih dahulu. Proses booking ini bertujuan untuk menetapkan unit yang kamu inginkan agar tidak diambil oleh orang lain. Setelah proses booking selesai, kamu akan diminta untuk membayar DP (Down Payment) atau uang muka sebagai tanda jadi ketika kamu sudah pasti akan membeli apartemen tersebut. Setelah menjalani dua prosedur ini, maka penjual akan menyerahkan Nomor Urut Beli (NUB) yang berisi dokumen dengan rincian pemesanan unit.

Dalam proses ini penjual juga akan meminta dokumen PPJB, serta beberapa dokumen pendukung lainnya seperti seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), bukti pelunasan BPHTB, dan kwitansi pelunasan pemesanan dengan bukti materai. 

 

3. Kelengkapan Dokumen

Untuk kamu sebagai pihak pembeli, kelengkapan dokumen ini merupakan hal yang harus diperhatikan baik-baik guna melihat bukti bahwa apartemen yang kamu beli tersebut legal dan tidak bermasalah.

Beberapa dokumen dari penjual yang harus kamu perhatikan adalah dokumen izin prinsip, lokasi, mendirikan bangunan, dan juga izin kelayakan unit apartemen. Jika semua dokumen tersebut lengkap maka kamu dapat merasa tenang karena apartemen yang kamu beli tidak berlokasi di tanah sengketa maupun lahan bermasalah.

 

4. Sertifikat Hak Milik

Penjual harus memiliki SHM atau Sertifikat Hak Milik sebagai salah satu syarat jual beli apartemen. SHM merupakan bukti legal bahwa unit apartemen tersebut sudah terbagi secara terpisah kepemilikannya sesuai dengan kesepakatan bagian kamu sebagai pembeli. Sertifikat SHM ini meliputi salinan buku tanah, surat ukur tanah, dan gambar denah setiap satuan apartemen.

 

5. Akta Jual Beli (AJB)

Setelah kamu sebagai pihak pembeli dan penjual menyepakati PPJB, maka pihak notaris sebagai saksi akan mengurus pembuatan Akta Jual Beli (AJB). Nantinya proses pembuatan AJB akan disertai dengan proses balik nama sertifikat hak milik sesuai dengan nama pribadi kamu. 

AJB akan menjadi bukti autentik pengalihan hak tanah dan bangunan apartemen dari pihak penjual kepada pembeli. Ketika sertifikat sudah dialihkan menjadi atas nama pembeli maka penjual tidak lagi memiliki hak atas bangunan tersebut.

 

MIliki apartemen Alam Sutera Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera sebagai Sarana Hunian Maupun Sarana Investasi

Membeli apartemen memang membutuhkan ketelitian dan juga kecermatan. Sehingga kamu tentu harus mampu memastikan semua syarat dan dokumen sudah lengkap. Tidak ada salahnya juga kamu meminta bantuan seorang notaris untuk mendampingimu selama proses pembelian apartemen. Apalagi jika kamu berencana untuk membeli unit apartemen mewah di Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Syarat dan dokumen lengkap akan memudahkan kamu untuk mengurus perpindahan tangan apartemen di Alam Sutera Tangerang yang bergengsi ini.

Dengan memiliki dokumen yang lengkap pula nantinya kamu bisa menjadikan unit apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera sebagai sarana bisnis dan investasi. Terletak di antara 3 kampus bergengsi yakni BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia. Apartemen di Tangerang ini memiliki potensi penyewa hingga 12.000 mahasiswa. Selain kampus, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera juga dekat dengan block office dengan potensi yang mana para karyawannya membutuhkan tempat tinggal tidak jauh dari kantor mereka.

Dengan cicilan hanya Rp5 jutaan per bulan, kamu sudah bisa memiliki apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini sebagai hunian pribadi atau menjadikannya sebagai hunian sewaan harian, bulanan, atau bahkan tahunan yang bisa kamu pasarkan melalui platform e-commerce seperti airbnb.com, airyroom.com, reddorz.com, traveloka.com, tiket.com, hingga oyoroom.com. E-commerce ini akan membantu bisnis penyewaan apartemen kamu menjadi lebih praktis dan mudah.

Call Now ButtonCall Now
WhatsApp WhatsApp us