X

Penting! 5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Selama Karantina Covid-19

    Categories: Blog

Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini semakin parah di Indonesia membuat pemerintah harus mengeluarkan peraturan PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar yang berarti menjaga kesehatan #dirumahaja semakin lama dan membuat ruang gerak kamu juga semakin terbatas. Hal ini rupanya juga berdampak pada kondisi mental banyak orang.

Dengan ketidakpastian keadaan, perubahan rutinitas sehari-hari, serta adanya tekanan kondisi ekonomi di masa isolasi akibat kehilangan pekerjaan atau gaji yang dipotong, tentu saja ini mungkin membuat kamu jadi stres, cemas, takut, sedih, bahkan tak jarang muncul rasa depresi. Kecemasan dan gangguan mental ini nantinya dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada otak dan bila berlanjut bisa menyebabkan gangguan psikis atau disebut juga psikosomatik. Supaya kamu terhindar dari depresi selama masa karantina ini, silakan mencoba beberapa tips berikut ini ya!

1. Batasi diri dari paparan informasi di media sosial dan juga berita

Salah satu cara agar kamu tetap tenang adalah dengan mencoba membatasi diri dari informasi tentang Covid-19 baik itu melalui media berita online maupun media sosial. Hal ini karena membaca atau melihat banyak berita menyedihkan dan menakutkan seputar Covid-19 akan membuat kamu semakin putus asa, stres, bahkan depresi. Kamu juga harus paham jika semua berita yang ada di media berita online atau media sosial tersebut belum sepenuhnya benar. Beberapa berita bahkan dikonfirmasi sebagai hoax. Jika kamu memang ingin selalu mengetahui situasi tentang pandemi ini, ada baiknya untuk membacanya di www.covid19.go.id yang merupakan website resmi pemerintah atau dari situs resmi WHO.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup punya peranan penting bagi kesehatan tubuh ataupun kesehatan mental seseorang. Sebagai orang dewasa kamu wajib memenuhi kebutuhan tidur setidaknya 7-8 jam per hari. Sedangkan bagi anak-anak dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tidur sekitar 9-12 jam per hari. Tidur cukup memang harus dibiasakan sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, maka tubuh kamu akan mengeluarkan senyawa sitokin. Senyawa ini mampu memberikan efek perlindungan pada sistem imunitas tubuh dengan melawan peradangan serta infeksi dan mencegah tubuh jatuh sakit.

3. Olahraga

Olahraga bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran, olahraga rutin juga akan membuat imunitas tubuh meningkat sehingga kamu secara tidak langsung membentengi diri dari paparan virus Covid-19. Menurut Hayley Jarvis, penggagas Pekan Olahraga dan Kesehatan nasional, olahraga dapat membantu melepaskan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang bisa membantu mengurangi perasaan negatif dan memperbaiki mood. Beberapa jenis olahraga yang dipercaya ampuh untuk menangkal atau mengobati depresi adalah jalan, lari, atau olahraga berkelompok di pusat kebugaran. Kalau sebelumnya kamu selalu sibuk sehingga tidak bisa berolahraga, sekarang saatnya memanfaatkan waktu #dirumahaja untuk mulai berolahraga secara rutin.

4. Hangout online

Siapa bilang karantina di rumah membuat kamu nggak bisa hangout bersama teman? Kamu bisa kok hangout online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi video call yang saat ini banyak digunakan oleh para pekerja kantoran untuk stay connected. Untuk melakukannya kamu dapat merencanakan hari dan jam khusus bersama teman-teman untuk hangout online. Beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk hangout seperti Google Duo, Facetime, Zoom, Skype, dan masih banyak lagi. Sebelum hangout online kamu juga bisa menyiapkan camilan dan kopi lebih dulu supaya suasana hangout nantinya nggak kalah asyik dengan hangout di kafe.

5. Memiliki hobi baru

Daripada diam nggak jelas dan cuma tiduran aja di kamar, nggak ada salahnya nih kamu punya hobi baru yang saat ini digemari banyak orang yaitu memasak. Kalau selama ini kamu cuma bisa nonton channel YouTube cooking guru sambil ngiler bayangin lezatnya makanan yang sudah mereka masak. Sekarang saatnya kamu mulai mencoba mengaplikasikan ilmu memasak tersebut di kehidupan sehari-hari. Mulai saja dari masakan yang sederhana seperti membuat jenis-jenis sandwich, pasta, dan ramen. Kemudian secara perlahan kamu bisa mencoba untuk menaikkan level memasak kamu ke yang lebih sulit, seperti mencoba resep dessert tiramisu.

Pacific Garden, Hunian Cozy dan Homey Untuk Menjaga Kesehatan dengan Gaya Hidup Stylish

Penting! 5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Selama Karantina Covid-19

Semua kegiatan di atas bisa kamu lakukan di hunian yang cozy dan homey seperti Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini menyediakan semua fasilitas penunjang gaya hidup stylish kamu. Mulai dari sarana olahraga berupa kolam renang yang dapat digunakan untuk olahraga sambil refresh pikiran. Kemudian ada jogging track tempat di mana kamu nantinya bisa rutin lari pagi. Bahkan hadirnya fitness center yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga berkelompok (zumba atau yoga). Tersedianya fasilitas olahraga di Apartemen Tangerang ini mampu menghindarkan kamu dari perasaan stre atau depresi.

Ingin mendapatkan ketenangan selama #workfromhome? Bisa banget, karena ada Sky Garden yang dapat dijadikan sebagai lokasi hangout sambil menikmati pemandangan langit dan gemerlap Kota Tangerang yang indah. Kamu juga bisa memanfaatkan coworking space dengan jaringan internet high speed saat harus remote pekerjaan dari hunian.

Semua fasilitas tersebut hadir bagi kamu kaum urban yang menginginkan kenyamanan tinggal hanya dalam satu lokasi. Tertarik untuk memiliki hunian di Apartemen Murah Tangerang ini? Kamu bisa memiliki unit Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera hanya dengan cicilan Rp5 jutaan! Cek Selengkapnya disini

This website uses cookies.