Jangan Takut Capek, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Punya Hobi Jalan Kaki ke Kampus 

Jangan Takut Capek, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Punya Hobi Jalan Kaki ke Kampus 

Jika kamu nonton berbagai TV series atau drama tentang pelajar di luar negeri, pasti kamu akan melihat adegan jalan kaki ke kampus atau sekolah. Kebiasaan mereka untuk jalan kaki ini selain untuk menghemat budget transportasi juga sekaligus memiliki manfaat kesehatan. 

Memilih jalan kaki ke kampus dapat menghindarkan kamu dari gaya hidup sedentari atau minim aktivitas. Faktanya, hingga saat ini gaya hidup sedentari merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Melihat fakta di atas, ada beberapa manfaat jalan kaki yang tak banyak orang tahu. 

1. Menjaga kesehatan jantung 

Dengan melakukan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam satu hari secara rutin selama satu minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Berjalan kaki secara rutin berkaitan dengan kebugaran kardiorespirasi yang memiliki hubungan signifikan terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung. Semakin rutin kamu jalan kaki maka tingkat kebugaran kardiorespirasinya semakin tinggi. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk memiliki tubuh yang sehat, maka sistem kekebalan tubuh harus berfungsi dengan baik. Sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat menyebabkan kamu jadi mudah sakit. Salah satu cara termudah untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan rutin berjalan kaki. Kamu bisa memanfaatkan jarak hunian-kampus  sejauh 1 km untuk menggalakkan aktivitas rutin berjalan kaki. Aktivitas ini dapat meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh, yakni sel-B, sel-T dan sel-sel pembunuh alami lainnya.

3. Mengurangi risiko diabetes dan osteoporosis

Gaya hidup mager alias malas gerak dapat menyebabkan pertumbuhan eksponensial dari salah satu penyakit kronis, yakni diabetes tipe 2. Jalan kaki secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes. Tak hanya itu, dengan rutin berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko osteoporosis, radang sendi, dan masalah sejenis terkait kesehatan tulang.

4. Meningkatkan daya ingat dan risiko demensia

Demensia merupakan salah satu kondisi neurologis yang ditandai oleh berkurangnya daya ingat dan berbagai fungsi kognitif lainnya secara bertahap. Kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi tubuh sehingga membuat penderita ketergantungan pada orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berjalan kaki secara rutin pulang-pergi kampus setiap hari dapat membantu kamu menambah daya ingat dan mengurangi risiko demensia. 

5. Mengurangi perasaan mudah stres dan memperbaiki mood

Di zaman modern ini tidak dipungkiri jika hidup di perkotaan memiliki tekanan yang besar. Mulai dari tugas kampus yang banyak, kondisi kota yang macet, dan juga udara yang tidak sehat. Semua ini dapat memicu timbulnya stres, karenanya kamu bisa mengurangi stres dengan cara melakukan aktivitas jalan kaki setiap hari. Selama berjalan kaki, tubuh kamu melepaskan hormon endorfin yang membuat kamu merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas dan juga depresi. Aktivitas jalan kaki juga dapat membantu memperbaiki mood kamu. 

Nah untuk kamu yang tinggal di hunian dekat dengan kampus seperti Pacific Garden Alam Sutera misalnya, patut bersyukur karena bisa memperoleh lima manfaat kesehatan di atas secara cuma-cuma di usia muda. 

Jarak Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera yang sangat dekat dengan tiga kampus bergengsi (BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia) membuat kamu patut mempertimbangkan apartemen murah Tangerang ini sebagai hunian pribadi. Memiliki unit apartemen di Alam Sutera ini bukan hanya mempermudah mobilitas kamu selama ke kampus, tetapi juga bisa sebagai sarana investasi di usia muda. 

Leave a Reply