blog-image

Ingin Punya Apartemen Sendiri? Siasati dengan 4 Cara Ini!

Apartemen menjadi salah satu hunian pilihan yang populer bagi masyarakat urban. Hunian vertikal ini dinilai lebih praktis dan bergengsi dibandingkan rumah petak. Apalagi saat ini lokasi rumah petak rata-rata berada di pinggiran kota sementara apartemen berlokasi di pusat kota yang lebih mudah dijangkau sarana transportasi.

Mengingat perkembangan apartemen kini semakin pesat, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan memiliki hunian ini. Selain untuk hunian pribadi, apartemen juga bisa disewakan melalui berbagai situs hospitality yang akan memudahkanmu dalam hal pemasaran. Dengan memiliki apartemen sendiri kamu juga bisa mulai untuk berinvestasi. Investasi apartemen kini dianggap lebih menguntungkan dibanding jenis investasi properti lainnya. 

Masalahnya milenial saat ini dinilai sulit memiliki hunian impian karena kendala finansial, yaitu besarnya pengeluaran bulanan. Cobalah saat ini hitung ulang pendapatan dan pengeluaran bulanan, kemudian terapkan tips-tips di bawah ini supaya keinginanmu memiliki apartemen impian segera terwujud.

 

1. Tabung 20% pemasukan bulanan

Mungkin hingga saat ini kamu masih berpikir keras bagaimana kedua orang tua dulu bisa membeli hunian impian dengan gaji yang terbilang standar. Bagaimana bisa menghidupi keluarga sembari membayar cicilan rumah? 

Jawabannya sangat sederhana, yaitu menabung dengan disiplin! Para orang tua kamu tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan tepat serta mengalokasikan dana untuk mencukupi kebutuhan bulanan, tabungan, dan investasi. Karenanya kamu harus belajar dari mereka. Jangan sampai besar pengeluaran daripada pendapatan. Mulai sekarang simpan 20% bagian gaji untuk menabung. 

Tak ada alasan jika kamu merasa gaji masih minim sehingga malas menabung. Bukan biaya hidup yang mahal tetapi gaya hidup! Menabung adalah prioritas yang harus kamu lakukan setiap bulannya. Sisihkan 20% dari uang gaji lebih dulu sebelum kamu gunakan untuk keperluan lainnya. 

 

2. Gunakan tabungan untuk DP apartemen 

Setelah uang tabungan terkumpul, gunakan uang tersebut untuk membayar DP (down payment) dari apartemen yang diinginkan agar harapan kamu memiliki hunian impian terwujud. Jangan menunda-nunda untuk mencari apartemen jika uang DP sudah terkumpul, supaya tabungan yang sudah kamu kumpulkan dengan susah payah tidak digunakan untuk hal lainnya.

Menurut peraturan Bank Indonesia tentang regulasi pinjaman terhadap aset atau loan to value, kamu harus menyiapkan setidaknya 30% uang muka dari harga apartemen yang diinginkan. Dengan adanya kredit ini kamu bisa mendapatkan uang muka dengan harga yang lebih mudah. Bahkan terkadang developer apartemen memberi kemudahan kamu untuk mencicil uang muka. 

 

3. Manfaatkan fasilitas kredit 

Jika kamu ingin memiliki apartemen dengan waktu yang relatif singkat, manfaatkan fasilitas kredit dari bank. Kredit tersebut bisa berupa Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), kredit in house atau kredit jenis lain yang ditawarkan oleh pihak bank dan developer

Tidak ada salahnya kok membeli apartemen secara kredit, kamu bisa menjadi lebih disiplin dalam mengalokasikan gaji karena tiap bulan rekening kamu akan di-autodebet untuk pembayaran cicilan apartemen. Pilihan jangka waktu kredit ini juga sangat beragam, kamu bisa memilih sendiri jangka waktu kredit tergantung dari kemampuan finansial yang dimiliki. 

 

Mulai berinvestasi 

Selain menyisihkan sebagian gaji, kamu juga harus mulai memikirkan investasi agar keinginanmu memiliki apartemen pribadi segera terwujud. Kamu bisa mencoba investasi yang paling mudah yaitu investasi emas. JIka memiliki uang lebih ada baiknya kamu membeli emas batangan meski hanya 1 atau 5 gram saja dari pada uang tersebut digunakan untuk membeli baju atau sepatu. Kegiatan belanja itu memang menyenangkan, tapi percayalah barang-barang yang beli tersebut belum tentu kamu butuhkan. Terkadang keinginan membeli itu hanya impulsif semata. 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera Apartemen Impian dengan Cicilan Ringan

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera adalah apartemen yang tepat untuk hunian impian kamu. Letaknya sangat strategis, dikelilingi oleh fasilitas publik yang lengkap seperti Mall @Alam Sutera, Synergy Building, IKEA, hingga Omni Hospital. Tak hanya itu, apartemen Alam Sutera ini juga dikelilingi oleh tiga kampus ternama seperti, BINUS, Swiss German University, dan Universitas Bunda Mulia yang memungkinkan kamu untuk menjadikan apartemen sebagai sarana investasi. 

Interior yang ditawarkan apartemen Tangerang ini pun sesuai dengan tren masa kini, sangat sesuai dengan selera masyarakat urban. Mengusung tema modern minimalis, kamu pasti akan merasa homey saat tinggal di sini. 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera juga menyediakan fasilitas modern yang akan menunjang gaya hidup kamu. Dengan kelebihan yang ditawarkan, apartemen ini masuk dalam kategori apartemen murah Tangerang, karena cicilannya yang relatif ringan. Kamu hanya perlu menyisihkan uang Rp5 jutaan per bulan. Dengan cicilan yang ringan, jangan sampai kamu kehabisan unit apartemennya ya!

Call Now ButtonCall Now
error:
WhatsApp WhatsApp us