6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19!

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19!

Infeksi akibat virus corona di Indonesia sudah memakan banyak korban jiwa. Namun tidak sedikit juga pasien yang telah dinyatakan sembuh. Gejala klinis virus ini sangat remeh, layaknya sakit flu mulai dari batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, hingga demam. Virus ini dikatakan sangat mematikan di sepanjang tahun ini. Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Berdasarkan data dari www.covid19.go.id per tanggal 27 Maret 2020, dilaporkan bahwa 1.046 orang di Indonesia dinyatakan terinfeksi, 46 orang sembuh, dan 87 orang meninggal. Untuk mencegah penularan infeksi virus corona, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh sendiri, dan melakukan beberapa tindakan berikut yang sesuai dengan standar WHO. 

1. Rajin cuci tangan dan bersihkan diri

Penting untuk menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setiap saat. Terutama saat kamu akan makan, setelah keluar dari rumah, atau sebelum memegang area wajah. Kalau kamu tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan air dan sabun maka siapkan hand sanitizer di dalam tas. 

Cuci tangan dengan rutin setelah memegang benda, bersentuhan dengan fasilitas umum, saat akan makan, mempersiapkan atau mengolah makanan, usai memegang hewan peliharaan, dan melakukan aktivitas outdoor lainnya. Jika kamu usai bepergian dari tempat umum, maka setibanya di rumah langsung bersihkan badan atau mandi, jangan lupa untuk segera mencuci baju yang baru saja kamu pakai. 

2. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor

Salah satu cara lain untuk menjaga kesehatan selama pandemi Corona adalah dengan tidak menyentuh area wajah saat belum mencuci tangan. Tangan yang kotor akan menyebabkan penyebaran virus dan bakteri. Jika kamu menyentuh mata, hidung, ataupun mulut dengan tangan kotor, apalagi setelah kamu beraktivitas di luar maka virus tersebut bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. 

3. Rajin membersihkan area sekitar

Cara ketiga adalah dengan rajin-rajin membersihkan area di sekitarmu. Baik itu area pribadi di hunian atau kantor. Pastikan tempat-tempat ini selalu bersih. Kamu bisa membersihkan dengan disinfektan untuk mengelap meja kantor, meja di rumah, jendela, serta permukaan benda lain yang sering disentuh. 

4. Olahraga 

Olahraga menjadi salah satu cara cepat untuk meningkatkan imun tubuh. Sehingga di masa pandemik ini, olahraga adalah salah satu kegiatan wajib yang harus kamu lakukan. Ada banyak cara untuk melakukan olahraga. Mulai dari jogging, bersepeda, yoga, hingga body workout sendiri di apartemen melalui tutorial di Youtube. 

5. Banyak konsumsi air putih

Tubuh kita membutuhkan asupan air yang banyak, selain mencegah dehidrasi mengkonsumsi air putih juga dapat membantu melumasi sendi, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, mengatur suhu tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan membersihkan zat-zat negatif yang terdapat dalam tubuh. Pastikan dalam satu hari, kamu minum air putih sebanyak delapan gelas, atau dua liter. Lebih baik lagi setiap satu jam sekali minumlah segelas air putih. 

6. Tidur cukup

Tidur cukup juga penting! Percuma rajin olahraga, konsumsi makanan sehat, tapi kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Kesehatan tubuh itu juga bergantung pada waktu istirahat loh! Jadi jangan menyepelekan waktu tidur malam. Hindari kebiasaan begadang atau tidur malam. 

Pastikan pekerjaan selesai tepat waktu dan hindari main game atau streaming di malam hari. Maksimalkan waktu malam hari hanya untuk istirahat. Idealnya usia 14-17 tahun diwajibkan untuk tidur 8-10 jam, usia 18–25 tahun disarankan tidur selama 7–9 jam, ini juga berlaku untuk usia 26-64 tahun. Sedangkan lansia usia 65 tahun diwajibkan untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari. 

Pastikan pola hidup sehat ini kamu lakukan bukan hanya di momen pandemi Covid-19 ini saja ya, tapi juga diaplikasikan seterusnya demi mendapatkan tubuh yang fit dan terhindar dari segala penyakit jenis penyakit, 

Pola hidup sehatmu akan lebih maksimal dengan memiliki unit Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini menyediakan berbagai sarana olahraga yang sangat memadai, mulai dari fitness center, kolam renang, jogging track, hingga yoga deck. Sehingga seluruh aktivitas kebugaran kamu dapat terakomodir dengan baik. Hunian vertikal ini bisa kamu miliki hanya dengan cicilan mulai Rp 5 jutaan. Harga yang terbilang ekonomis untuk sebuah apartemen yang berada di kawasan strategis Alam Sutera dengan segudang fasilitas memadai, bukan? 

Leave a Reply