blog-image

5 Tips Membuat Apartemen Studio Terlihat Luas

Apartemen studio banyak disenangi oleh orang-orang yang berstatus pelajar atau baru memulai karir karena memiliki ukuran yang pas ditempati seorang diri. Karena cocok ditempati seorang diri, wajar apabila apartemen tipe studio mungkin terlihat sempit. Tapi, membuat apartemen studio terlihat luas merupakan hal yang sangat mungkin dilakukan. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips membuat apartemen terlihat luas berikut!

Cat dengan warna putih

Tips membuat apartemen studio terlihat luas yang pertama adalah cat dengan warna putih. Asal tahu saja, pemilihan warga yang tepat dan kreatif dapat membuat suasana apartemen lebih hidup serta memberikan ilusi ruangan yang tampak lebih luas. Warna putih cocok dipilih untuk diaplikasikan pada dinding apartemen studio karena termasuk warna terang yang memberikan kesan ‘menjauh’, sehingga membuat apartemen studio akan memiliki kesan yang lebih luas.

Minimalisir penggunaan sekat

Gunakanlah sekat portable yang mudah dilipat dan dipindahkan bila ingin memisahkan ruang di apartemen studio. Pilih sekat portable dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak menghalangani pandangan ke seluruh ruangan agar apartemen tipe studio terlihat lebih luas. Hadir dalam banyak jenis material, seperti kayu rotan, plastik, dan kain, sekat dengan warna dan motif yang bisa dipilih sesuai keinginan ini bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir penggunaan sekat.

Pilih furnitur multifungsi dan mudah disimpan

Sebaiknya pilih juga furnitur yang multifungsi dan mudah disimpan untuk membuat apartemen tipe studio terlihat luas. Furnitur multifungsi merupakan tipe furnitur terbaik bagi apartemen studio karena dapat menghemat tempat bagi furnitur. Semakin banyak furnitur yang digunakan, akan semakin sempit pula apartemen studio terlihat.

Jadi, gunakanlah furnitur multifungsi seperti stool yang bisa digunakan sebagai meja dan tempat menyimpan beragam benda pribadi agar apartemen studio terlihat lebih luas. Kabinet yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan pakaian bersih, tas, hingga dokumen pribadi juga bisa dipertimbangkan. Pastikan furnitur multifungsi juga mudah disimpan agar tidak merepotkan.

Letakkan furnitur pada bagian sudut apartemen

Langkah-langkah sederhana ternyata dapat juga membuat apartemen studio Anda terlihat luas. Salah satu langkah sederhana tersebut misalnya dengan memposisikan furnitur pada bagian sudut apartemen. Furnitur yang letaknya menempel pada sudut ruangan akan memberikan ruang gerak yang lebih besar di tengah kecilnya ukuran apartemen tipe studio.

Selain memperhatikan letak furnitur yang sebaiknya berada pada sudut ruangan, sebaiknya pastikan juga untuk hanya menggunakan furnitur yang sangat dibutuhkan. Misalnya seperti ranjang dan meja. Tidak perlu memenuhi apartemen studio dengan beragam furnitur yang tidak terlalu dibutuhkan. Bila ada sisa ruang kosong, gunakanlah untuk tempat melakukan aktivitas lain.

Memanfaatkan dinding apartemen sebagai tempat penyimpanan

Satu lagi tips membuat apartemen studio Anda terlihat lebih luas, memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Alih-alih membuat apartemen tampak lebih sempit dengan menaruh beragam jenis furnitur yang mengambil banyak spot, lebih baik pertimbangkan untuk memasang rak atau ambalan yang dipaku secara permanen ke dinding apartemen.

Pasanglah rak atau ambalan tersebut dengan susunan vertikal atau zig zag untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan koleksi buku favorit, hingga hiasan kamar. Manfaatkanlah satu bagian dinding apartemen saja sebagai tempat penyimpanan. Jika dilakukan pada semua bagian dinding, apartemen studio justru akan terlihat sesak dan kurang rapi.

Apartemen studio biasanya memiliki luas yang terbatas, namun Anda bisa membuatnya terlihat lebih luas dan lega dengan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!

Call Now ButtonCall Now
WhatsApp WhatsApp us