blog-image

5 Tips Jitu Agar Kamu Dapat Mewujudkan Hunian Impian

Memang harga properti tidak murah dan tidak semua orang mampu membelinya sebagai hunian impian secara tunai tanpa menyicilnya. Maka dari itu, apabila kamu berencana untuk membeli properti suatu hari nanti, sebaiknya dari sekarang kamu mulai menyiapkan uang muka untuk membeli properti pertamamu. Jangan sampai ketika kamu sudah menemukan properti yang diinginkan, uang untuk membelinya belum tersedia.

Berapa pun usia kamu saat ini, semakin cepat kamu mulai menabung untuk membeli properti yang kamu idamkan maka semakin banyak pula uang yang bisa kamu kumpulkan. Nah, agar kamu dapat mewujudkan impianmu memiliki hunian pribadi di usia muda, ada 5 tips jitu yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

 

1. Menghitung uang muka

Pertama-tama, carilah informasi mengenai harga properti yang kamu ingin beli, misalnya berapa nominal yang perlu kamu siapkan untuk uang muka. Seperti sistem cicilan pada umumnya, besaran uang muka yang kamu bayarkan akan menentukan nominal angsuran bulanan yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Sebaiknya kamu menyiapkan uang muka minimal 30% dari harga properti agar angsuran bulanan yang harus kamu bayar nanti tidak terlalu tinggi. 

Jangan mudah tergoda dengan tawaran pembelian unit properti dengan uang muka yang relatif kecil, karena hal tersebut nantinya akan mengikat kamu untuk melakukan angsuran dalam waktu lebih panjang. Ada baiknya kamu tidak terburu-buru dan menyiapkan uang muka yang cukup terlebih dahulu agar beban angsuran kedepannya tidak berat dan sesuai dengan pemasukan yang kamu dapat.

 

2. Menabung 20% dari uang gaji

Baik besar maupun kecil nominal gaji yang kamu terima setiap bulannya, menyisihkan minimal 20% dari penghasilan adalah kewajiban yang harus kamu lakukan mulai sekarang apabila ingin mengumpulkan uang untuk membeli properti. Pisahkan tabungan tersebut dalam rekening khusus agar tidak tercampur dengan dana untuk biaya hidup harian.

Selain tabungan, kamu juga bisa mencoba metode penyimpanan lain seperti deposito atau tabungan berjangka dengan sistem autodebit setiap bulannya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara disiplin menabung agar kamu terhindar dari ketidaksengajaan menghabiskan gaji di tengah bulan.

 

3. Menabung dalam bentuk emas

Menabung logam mulia atau emas bisa sangat efektif sebagai investasi jangka panjang. Emas sendiri merupakan suatu bentuk investasi yang tidak akan terpengaruh oleh kenaikan inflasi sehingga memiliki nilai yang cenderung stabil.

Menabung dalam bentuk emas bisa menjadi bahan pertimbangan, terutama apabila kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli properti yang kamu inginkan. Selain itu, nilai emas juga cenderung naik lebih cepat dibandingkan nilai properti. Harga emas tumbuh sekitar 15-20% per tahun, sedangkan harga properti rata-rata tumbuh 10-15% per tahun.

 

4. Mengumpulkan uang dengan nominal tertentu

Ada banyak cara mudah untuk mulai menabung. Salah satu trik menabung sederhana yang bisa kamu terapkan agar uang untuk membeli properti cepat terkumpul adalah dengan mengumpulkan uang berdasarkan nominal tertentu. 

Misalnya saja dengan mengumpulkan pecahan uang sepuluh ribu atau dua puluh ribu. Setiap kali kamu memiliki uang dalam pecahan tersebut, maka kamu wajib untuk menyisihkan dan mengumpulkannya dalam tempat penyimpanan tertentu. Pada akhir bulan atau ketika tempat penyimpanan sudah penuh maka kamu bisa menabungkan uang tersebut ke rekening khusus tabungan properti dengan aman. 

 

5. Belanja cerdas dan hidup hemat

Kegiatan belanja merupakan salah satu pos pengeluaran terbesar setiap bulannya. Oleh karena itu, sangat penting membuat daftar pengeluaran untuk belanja berbagai kebutuhan yang biasa kamu beli setiap bulan. Kamu dapat menggunakan sistem amplop untuk mengatur dana belanja agar tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.

Menjalani hidup hemat memang tidak mudah, tetapi sangat efektif bagi kamu yang memiliki target menabung untuk membeli unit properti. Harga properti yang tidak murah menuntut kamu untuk mengorbankan kesenangan-kesenangan yang tidak perlu demi mendapat hunian impian kamu.

 

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera, Hunian Impian dengan Harga Terjangkau

Jika kelima tips menabung di atas sudah kamu terapkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan properti yang ingin kamu beli. Apartemen merupakan jenis properti yang sangat dianjurkan apabila ini merupakan kali pertama kamu ingin memiliki sebuah unit hunian. Tren memiliki hunian berupa apartemen akan terus meningkat karena jenis properti ini merupakan tempat tinggal yang paling diminati oleh kaum urban khususnya generasi milenial. Selain sebagai hunian, apartemen juga dapat difungsikan sebagai sarana investasi jangka panjang.

Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera merupakan sebuah apartemen di Alam Sutera Tangerang yang tepat untuk kamu. Terletak di lokasi yang sangat strategis, hanya beberapa menit dari Tol Jakarta-Merak, Tol JORR 2, dan Tol Bandara Soekarno Hatta, serta dikelilingi oleh beragam fasilitas publik seperti Mall @Alam Sutera, Synergy Building, IKEA, hingga Omni Hospital, tentu akan memudahkan mobilitasmu tanpa perlu merasa khawatir berhadapan dengan kemacetan kota.

Sebagai apartemen yang menawarkan konsep campus town yang dikelilingi oleh 3 kampus bergengsi, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera memiliki banyak fasilitas modern yang dapat menunjang gaya hidup stylish kaum urban. Tidak hanya itu, interior yang ditawarkan pun sesuai dengan tren dan selera generasi milenial masa kini. Mengusung tema modern minimalis kamu pasti akan merasa homey saat tinggal di apartemen dekat BINUS Alam Sutera ini.

Dengan kelebihan yang ditawarkan, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera masuk dalam kategori apartemen murah Tangerang yang sangat diminati. Hal ini karena kisaran harga per unitnya cukup murah, yakni bisa dicicil dengan nominal sebesar Rp5 jutaan per bulan. Dengan biaya angsuran cicilan yang ringan ini maka kamu tidak perlu ragu untuk menjadikan apartemen ini sebagai hunian impian kamu.

Call Now ButtonCall Now
error:
WhatsApp WhatsApp us