X

Waspada! 4 Penyakit Ini Bisa Muncul Kalau Kamu Terlalu Lelah Bekerja

    Categories: Blog

Kerja keras itu baik, tapi jangan sampai karena kerja kerasmu malah membuat tubuh lelah bekerja dan membahayakan kondisi kesehatan sendiri. Selain mencari uang untuk melunasi berbagai tagihan, kamu juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Tahukah kamu, hobi lembur, dan kerja berlebihan atas nama kerja keras untuk perusahaan itu tak selamanya baik. Di balik rasa lelah akibat overwork, ada banyak penyakit yang mengancam kesehatan fisik kamu. Beberapa daftar penyakit yang bisa muncul akibat terlalu lelah bekerja antara lain.

1. Migrain

Penyakit pertama yang akan menyerang kesehatan kamu karena lelah bekerja berlebihan adalah migrain. Migrain adalah sakit kepala terus-menerus pada salah satu sisi kepala kamu. Memang ini bukan penyakit yang mematikan tapi bisa membuat kamu sangat tidak nyaman jika dibiarkan tanpa solusi yang tepat.

Munculnya migrain dapat mengganggu konsentrasi kamu selama lelah bekerja, selain itu migrain ini juga bisa menimbulkan stres dan perasaan mudah emosi karena penderita merasakan sensasi tidak nyaman di area kepala secara berkelanjutan. Salah satu pemicu migrain yang sering terjadi saat ini adalah kebiasaan lelah bekerja terlalu lama di depan komputer. Kegiatan ini bisa membuat saraf mata kamu tegang sehingga memicu munculnya sakit kepala.

2. Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh dimana kamu kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Hemoglobin ini memiliki peranan penting bagi tubuh karena ia bertugas mengedarkan oksigen ke darah dan seluruh organ tubuh. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan seseorang merasa lemas, letih, wajah pucat, pusing, dan jantung berdetak kencang sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek atau panjang tergantung dari separah apa penyakit tersebut sudah diobati. Pengobatan untuk anemia juga cukup beragam, bisa dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin khusus secara rutin, atau prosedur pengobatan khusus dari dokter.

3. Hipotiroid

Penyakit hipotiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal mengeluarkan hormon dalam jumlah tertentu ke dalam aliran darah. Karenanya orang yang mengalami penyakit hipotiroid biasanya akan mengalami gangguan metabolisme (pencernaan lambat).

Menurut dr Anne Cappola, MD dari University of Pennsylvania’s Division of Endocrinology, gejala utama munculnya penyakit hipotiroid adalah tubuh dilanda rasa lelah yang menjadi. Diiringi dengan bertambahnya berat badan, konstipasi, kulit kering, dan merasa dingin. Hipotiroid adalah gangguan tiroid yang paling umum terjadi dan sering terjadi pada wanita.

4. Chronic fatigue syndrome

Chronic fatigue syndrome merupakan sindrom kelelahan kronis yang membuat kondisi tubuh kamu merasa lelah sepanjang waktu. Selain munculnya rasa lelah sepanjang waktu, sindrom ini disertai dengan gejala nyeri otot, dan sulit untuk berkonsentrasi selama setidaknya 6 bulan.

Gejala chronic fatigue syndrome bisa datang dan pergi sepanjang waktu. Bahkan beberapa orang yang mengalami sindrom ini memiliki masalah serius seperti tidak dapat lelah bekerja. Tapi kamu tak perlu khawatir karena chronic fatigue syndrome ini bisa disembuhkan secara total dengan menjalani pola hidup sehat. Salah seorang pasien dengan chronic fatigue syndrome berhasil sembuh total setelah menjalani gaya hidup sehat selama 2-3 tahun.

Karenanya menyisakan 30 menit saja dari 24 jam waktu kamu untuk berolahraga itu sangat penting dan bermanfaat. Apalagi jika kamu tipikal orang yang pekerja keras dan suka kerja lembur. Secara logika, semakin banyak jam kerja maka waktu yang harus kamu sediakan untuk olahraga juga semakin banyak supaya kondisi tubuh selalu fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tinggalkan Lelah Bekerja Anda dengan Apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera

Tak ada alasan bagi kamu untuk malas olahraga apalagi jika kamu memilih tinggal di apartemen Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera. Apartemen Alam Sutera ini memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, mulai dari olahraga sederhana hingga olahraga yang kompleks; jogging track untuk kamu yang malas fitness, yoga deck untuk kamu yang suka olahraga dengan suasana tenang, kolam renang untuk kamu yang ingin olahraga tapi malah berkeringat, dan pencinta olahraga berat bisa menghabiskan banyak waktu usai bekerja di fitness center.

Semua fasilitas olahraga ini bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa harus berpindah tempat dari lokasi apartemen. Dan lagi fasilitas tersebut bisa kamu gunakan dengan waktu yang tak terbatas, tanpa harus khawatir dengan penghuni lain.

Dengan fasilitas olahraga penunjang gaya hidup sehat agar kamu tidak terjangkit keempat penyakit di atas, Pacific Garden Campus Town @Alam Sutera menjadi pilihan hunian paling tepat untuk kamu. Tak perlu bimbang soal harga, karena hanya dengan cicilan Rp5 jutaan kamu sudah bisa memiliki unit di apartemen murah Tangerang ini.

This website uses cookies.