blog-image

Zero-Waste Lifestyle, Selangkah Mundur dari Global Warming

Pernahkah Anda menghitung berapa banyak barang sekali pakai yang sudah Anda gunakan dalam sehari? Baik plastik berupa botol minum, pembungkus jajanan ringan, hingga barang-barang kecil seperti sedotan atau sendok plastik? Tanpa kita sadari, setiap harinya tempat sampah kita terpenuhi sampah barang sekali pakai. Bisa kita bayangkan apabila semua individu di Indonesia tidak mengontrol pengeluaran sampah mereka, bumi yang sedang dalam kritis akibat pemanasan global bisa semakin memburuk. Dalam keadaan seperti ini, Zero-Waste Lifestyle perlu menjadi pertimbangan bagi kita semua.

Apakah yang dimaksud dengan Zero –Waste Lifestyle? Seperti namanya, Zero-Waste Lifestyle adalah gaya hidup mengurangi penggunaan barang sekali pakai, yang berujung pada sampah yang sangat minim hingga nihil. Memang susah untuk mengurangi sampah ketika kita hidup di era yang serba praktis dan terbiasa dimanja dengan barang-barang sekali pakai, tapi bukan berarti Zero-Waste Lifestyle mustahil untuk kita terapkan.

Langkah Anda dapat dimulai dengan hal sekecil mengganti pembelian air minum dalam botol dengan membawa tumbler, mengganti penggunaan plastik dengan eco bag, atau bahkan membawa alat makan seperti garpu dan sendok pribadi. Inovasi-inovasi untuk usaha pengurangan sampah sekali pakai tak kalah unik. Kini, mulai banyak dijual barang-barang alternatif layaknya eco bag segala ukuran untuk segala jenis barang belanjaan, kain katun pengganti kapas penghapus makeup, hingga sedotan aluminium yang bisa dipakai berkali-kali lengkap dengan alat pembersihnya! Tentunya seiring berkembangnya zaman, semakin banyak inovasi yang dapat kita gunakan untuk mengurangi sampah kita. Bagaimana? Tertarik untuk memulai Zero-Waste Lifestyle?

WordPress Video Lightbox
error: