blog-image

Personal Branding

Anda pastinya sudah sering mendengar kata personal branding. Singkatnya, personal branding adalah strategi mengiklankan siapa Anda, dan bagaimana Anda ingin dikenal oleh orang lain.

Dikutip dari Forbes, tahap pertama yang perlu dilakukan dalam menciptakan personal branding Anda adalah membuat brand mantra. Kevin Keller, seorang ahli di bidang branding menyatakan bahwa hal ini merupakan “hati dan jiwa” sebuah brand. Beberapa contohnya adalah Disney dengan “fun family entertainment”, atau Tolak Angin dengan “orang pintar minum Tolak Angin” milik mereka. Berikut adalah empat tips yang dapat Anda gunakan ketika menentukan mantra Anda:

1. Menentukan Daya Tarik Anda Secara Emosional

Pertama-tama, pikirkan satu kata kunci yang dapat mendeskripsikan personalitas Anda dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pandangan seseorang ketika bekerja sama dengan Anda. Apakah Anda seorang perfeksionis? Atau mungkin Anda memiliki selera humor yang disukai banyak orang?

2. Menentukan Deskripsi Mendetail

Langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci deskriptif yang dapat menjelaskan lebih lanjut kata kunci pertama. Kata kunci ini merujuk pada siapa atau apa target Anda. Misalkan ketika Disney memilih kata “fun” sebagai daya tarik emosional mereka dan “family” ke dalam deskripsi branding mereka, maka target adalah memberikan konten yang menarik untuk keluarga.

3. Menentukan Fokus Jasa Anda

Kemudian, Anda perlu menambahkan satu lagi kata kunci yang menunjukkan pekerjaan Anda. Apakah Anda seseorang yang bergerak di bidang penulisan? Desain grafis? Anda juga bisa menggunakan kata kunci yang lebih luas seperti Disney dengan kata kunci “entertainment”.

4. Menggabungkan Semua Kata Kunci

Terakhir, gabungkanlah ketiga kata kunci yang telah Anda pilih menjadi satu frasa atau satu kalimat pendek. Sebuah brand mantra baiknya terdiri tidak lebih dari lima kata. Brand mantra Anda perlu menjelaskan secara jelas siapa Anda dengan singkat, efektif, dan mudah diingat.

WordPress Video Lightbox
error: