blog-image

Mid-Autumn Festival di Asia

Mid-Autumn Festival atau Festival Pertengahan Musim Gugur adalah festival panen yang dirayakan pada bulan September atau Oktober, pada bulan 8 hari ke 15 di kalender lunar China. Mid-Autumn Festival adalah festival terpenting kedua di China setelah Chinese New Year (Tahun Baru China). Biasanya perayaan ini diadakan di Tiongkok dan negara-negara Asia lainnya, seperti Vietnam dan Singapura.

Festival ini juga sering disebut Festival Bulan atau Festival Mooncake, yang dirayakan saat bulan diyakini dalam kondisi yang terbesar dan paling penuh/purnama. Orang-orang China percaya bulan purnama adalah simbol reuni, harmoni, dan kebahagiaan. Maka, sudah pasti kue bulan adalah makanan yang paling khas dan wajib di festival ini.

Pada malam Mid-Autumn Festival, orang-orang akan berkumpul bersama keluarga mereka untuk makan malam bersama. Makanan yang biasa disediakan berupa bebek, keladi, dan makanan festival regional lainnya, yang membutuhkan waktu persiapan banyak pada saat sore hari.

Setelah makan malam, keluarga secara tradisional menawarkan persembahan ke bulan, dengan keyakinan bahwa bulan akan membawa keberuntungan bagi mereka. Persembahan yang diberikan mungkin termasuk kue bulan dan buah secara simbolis. Jika cuaca mendukung, mereka kemudian menghargai bulan yang terang saat makan kue bulan. Selama malam bulan yang cerah, banyak keluarga memilih pergi ke luar ke taman untuk menatap bulan.

WordPress Video Lightbox
error: