blog-image

Mau Brosur Anda Dibaca Oleh Konsumen? 7 Tips ini Solusinya!

Dalam dunia bisnis tentunya iklan menjadi satu hal yang paling utama dalam menjangkau konsumen untuk mendapatkan profit dan awareness dari produk yang ditawarkan. Brosur merupakan salah satu media iklan yang relatif murah dan mudah untuk diproduksi. Akan tetapi apakah Anda tahu brosur akan dibuang setelah 3 detik berada di tangan konsumen? Jangan sampai biaya cetak dan desain brosur Anda terbuang sia-sia karena isi Brosur yang tidak menarik. Menurut Jordy Sidharta, CT, C.PS, C.MP, the Youngest Affiliate Guru, dalam seminar “Belajar Bisnis Bersama Yossa Setiadi & Cs” pada Hari Sabtu, 29 September 2018 di Marketing Gallery Pacific Garden Style, ada 7 tips untuk membuat brosur yang baik.
Berikut 7 tips yang dapat Anda lakukan agar pesan Brosur Anda tersampaikan dengan jitu kepada calon konsumen:

1. Kekuatan Utama Brosur Terletak Pada Judul

Memberikan pertanyaan pada judul dapat memberikan kesan yang lebih dekat dengan pembaca. Dalam alam bawah sadar, ketika seseorang membaca suatu pertanyaan, maka dalam hati akan dijawab secara tidak langsung. Karena hal itulah pertanyaan memberikan interaksi yang lebih baik dibandingkan pernyataan yang hanya sekedar lewat di benak konsumen. Kalimat pertanyaan cukup 5-10 kata saja, jangan terlalu panjang. Contohnya: “Ingin Memiliki Berat Badan yang Ideal Hanya dalam 3 Bulan?” atau “Ingin Omzet Ratusan Juta hanya bermodalkan 100 ribu?”.

Namun jika Anda tetap ingin menggunakan pernyataan, maka kalimat yang digunakan cukup 4-7 kata saja. Seperti contoh “Buktikan Sendiri Kelezatan Baksonya!” atau “Gila! Buy 1 Get 1 Hanya Untuk Hari ini!”

Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa kata-kata rahasia yang berdampak besar seperti: Gratis, Mudah, Cepat, Gila, Rahasia, Strategi.

2. Jelaskan Analisa Masalah yang Anda Tawarkan

Setelah judul sudah mendapatkan perhatian dari pembaca, sekarang saatnya melanjutkan informasi berikutnya. Jika Anda menjual suatu produk pastinya Anda memberikan solusi atas permasalahan konsumen bukan? Disinilah saatnya Anda perdalam masalah konsumen dalam kalimat brosur Anda, dan berikan solusi atas apa yang Anda tawarkan. Jangan membahas produk Anda di bagian ini, karena bagian ini masih memegang peranan penting untuk mendapatkan perhatian kedua dari calon konsumen setelah mereka membaca Judul.

3. Jangan Lupa Gunakan Gambar

Kesalahan terbesar dalam sebuah brosur adalah terlalu banyak menggunakan kata-kata. Buatlah gambar yang menarik dan berkaitan dengan produk Anda. Gambar yang menarik dapat menstimulasi pembaca untuk membaca lebih lanjut informasi yang Anda sediakan. Brosur yang baik memiliki proporsi gambar sebesar 30%-40%, dan cukup 1 gambar saja yang ditampilkan.

4. Berikan Fitur dan Benefit Secara Menarik

Inilah saatnya Anda memberikan informasi terhadap produk yang Anda jual kepada calon konsumen. Hingga tahap ini calon konsumen yang memiliki permasalahan, pastinya sudah mulai menyukai produk Anda. Oleh karena itu jangan biarkan calon konsumen kecewa apabila ternyata produk Anda tidak dapat mengatasi permasalahannya. Berikan Fitur dan Benefit secara jelas dan rinci.

5. Desain Brosur yang Menarik

Brosur yang baik tentunya bukan hanya dilihat dari informasinya saja, tetapi juga dari sisi desain agar menarik untuk dilihat konsumen. Gunakan warna yang kontras dan mudah dibaca, dan sesuaikan warna dengan pertimbangan dari produk Anda dan target konsumen Anda. Sebagai contoh apabila target konsumen Anda wanita gunakan desain warna pastel yang soft dan lucu.

6. Berikan Testimoni Di Brosur Anda

Apabila Anda sudah memiliki testimoni, maka ini adalah satu nilai tambah bagi brosur Anda. Gunakanlah result testimony dalam brosur Anda agar mendapatkan kepercayaan konsumen dan tidak ada keraguan dalam membeli produk Anda. 1-2 testimoni sudah sangat cukup untuk melengkapi brosur Anda.

7. Gunakan Call to Action

Dan langkah terakhir adalah ajak konsumen Anda untuk beraksi melalui brosur yang sudah Anda berikan. Berikan mereka benefittambahan apabila mereka membeli sekarang juga seperti “Diskon 50% Hanya untuk 20 Orang Pertama” atau “Dapatkan Harga Spesial Hanya dalam Waktu 3 Hari”.

Brosur memang tergolong mudah dan efisien dari segi waktu dan biaya. Akan tetapi dengan berkembangnya era digital saat ini, jangan lupa untuk menyebarkan brosur online juga. Hal yang sama juga bisa diterapkan dalam pembuatan brosur online. Dengan judul yang menarik dan memberikan manfaat yang dibahas secara menarik, alhasil konsumen pasti tertarik dan akan membeli produk Anda.

Artikel ini dipersembahkan oleh Pacific Garden. Pacific Garden Style, Community for the Young Generation.
www.pacificgarden.co.id
WA : 0811 – 881 – 808
Call : 021 – 2977 9555

WordPress Video Lightbox
error: